Buka ArtJog 2019: Sri Mulyani Ajak Pengunjung Sayangi Alam Lewat Seni

6 min read
0
55

Pukulan Bonang dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka secara resmi perhelatan seni ARTJOG MMXIX kemarin malam, Kamis (25/7) di Jogja Nasional Museum (JNM) DIY. ARTJOG ke-12 ini akan berlangsung selama sebulan yakni mulai 25 Juli hingga 25 Agustus 2019.

Sri Mulyani Meresmikan Pembukaan ARTJOG 2019
Sri Mulyani Meresmikan Pembukaan ARTJOG 2019 | Fotografer Naufal Ilham

Dalam sambutannya, Sri Mulyani mengapresiasi pemilihan tema common space. Menurut Sri Mulyani, tema ARTJOG MMXIX menggambarkan kontribusi para seniman untuk meningkatkan kesadaran bersama menjaga kondisi alam.

“Kita bisa menjaga bumi ini secara baik berkelanjutan. Kita bisa menunjukkan berbagai ekspresi, kepedulian, rasa sayang kita terhadap alam, bisa diwujudkan dalam bentuk karya-karya seni dan makin menginspirasi kita semua, mendidik kita untuk semakin menghargai,” ujar Sri Mulyani di panggung pembukaan ARTJOG MMXIX.

Sri Mulyani menerangkan, saat ini bumi diisi oleh 7 miliar orang. 15 tahun lagi, sambung Sri Mulyani, jumlah manusia di Bumi bertambah menjadi 9 miliar orang. Kondisi ini membuat Bumi makin sesak, sebab ukuran Bumi tidak bertambah namun isinya semakin banyak.

“Jumlah penduduk dunia yang makin besar mengharuskan kita makin memiliki kesadaran bahwa common space dan this little earth. Bumi yang kecil ini adalah common space dan sekaligus aset kita bersama. Dan oleh karena itu kepedulian kita untuk menjaganya menjadi luar biasa penting,” ungkap Sri Mulyani.

Baca juga:

“Saya sebagai pengagum dan penonton, saya selalu mengagumi berbagai karya dari dalam dengan berbagai bentuk. ArtJog menggunakan tema ini (Common Space) menggambarkan pegiat seni bisa meningkatkan kesadaran kita menjaga bumi yang kecil ini untuk umat manusia yang mencapai sembilan miliar,” Sri Mulyani menambahkan.

Sri Mulyani berharap adanya gerakan seirama dan kerja sama antara pelaku seni dan pemerintah sebagai pemangku kepentingan. Kerjasama bukan semata untuk menjaga alam di negara Indonesia namun juga berkontribusi untuk dunia.

Selain berbicara tema ARTJOG MMXIX, Sri Mulyani juga menyinggung rencana Presiden Jokowi mengalokasikan dana abadi untuk kebudayaan dan seni. Sebagai Menteri Keuangan, Sri berjanji bakal mewujudkannya.

Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina di ARTJOG 2019 | Fotografer Naufal Ilham
Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina di ARTJOG 2019 | Fotografer Naufal Ilham

ARTJOG MMXIX dibuka dengan berbagai penampilan kolaboratif dari para seniman dengan berbagai disiplin ilmu. Ada Lulu Lutfi Labibi, desainer yang karyanya menjadi magnet bagi fashion dunia, membuka perhelatan festival seni akbar ini dengan peragaan karya busananya.

Kehadiran Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina membawakan tarian kontemporer bersama Nimas Puspaningrat dan Muslimin memukau penonton dan tamu undangan yang hadir. Kolaborasi musik yang ditampilkan oleh Dewa Budjana pun menghipnotis penonton saat opening ceremony ARTJOG MMXIX berlangsung di Jogja National Museum.

ARTJOG MMXIX juga memberikan Young Artist Award kepada tiga seniman muda di bawah 30 tahun. Director of ARTJOG, Heri Pemad sekali lagii menegaskan perubahan statement ARTJOG dari sebuah art fair menjadi festival seni kontemporer Indonesia. Kolaborasi seni dari berbagai disiplin ilmu mencoba dikemas dan disajikan secara apik di ARTJOG 2019 ini.

Baca juga:

“ARTJOG tidak lagi bicara tentang pasar maupun target nilai penjualan karya. Namun, kami ingin lebih mengutamakan ARTJOG sebagai suatu festival yang bisa dinikmati dan diikuti semua kalangan,” jelas Heri Pemad.

ARTJOG 2019 | Fotografer Naufal Ilham
ARTJOG 2019 | Fotografer Naufal Ilham

“Kita berharap, dengan gerakan sama antara pemerintah dan artis, akan dapat memperkuat tak hanya kepedulian, tapi juga posisi Indonesia di peta dunia dalam meningkatkan martabat bangsa,” tutur Sri Mulyani. “Ini merupakan langkah yang konsisten bagi dunia seni dalam membangun seni menjadi lebih kuat”.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa seni merupakan refreshment baginya.”Seni itu tidak ada yang baik atau yang buruk, ini jadi hiburan untuk saya jadi tidak hanya melihat angka maupun APBN,” tambah Sri Mulyani.

“Kita bisa tunjukan rasa sayang dan kepedulian kepada alam melewati seni”, ajak Sri Mulyani kepada pengunjung ARTJOG MMXIX.

Baca juga artikel menarik lainnya pacarkecilku.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In News