Ketidakutuhan Sempurna Dalam Buku Seekor Anjing Ditabrak Honda Astrea Dini Hari Tadi

6 min read
0
75

Genpijogja.com – Setiap buku mempunyai ciri khasnya masing-masing untuk menarik pembaca agar membaca buku itu sekali lagi. Para penulis menggunakan berbagai cara demi menghadirkan sesuatu yang dapat memorable bagi pembaca.

Ada yang memilih membuat buku dengan genre romantisme kisah kasih khas remaja, menggunakan setting waktu dan tempat yang tidak biasa, atau menggunakan gaya penulisan yang nyentrik dan menarik perhatian. Dony Iswara, tidak seperti penulis kebanyakan, memilih menggunakan plot penuh kejutan untuk menghibur pembaca dalam buku Seekor Anjing Ditabrak Honda Astrea Dini Hari Tadi.

Buku Seekor Anjing Ditabrak Honda Astrea Dini Hari Tadi berisi 16 cerita pendek yang sesuai dengan deskripsi buku, memiliki kisah layaknya potongan fragmen film pendek yang muram, senyap dan menggantung. Buku ini menghantarkan narasi tentang misteri kejiwaan manusia tanpa berusaha menjelaskan pesan kepada pembaca sehingga mereka harus mencari pesan itu sendiri. Setelah mengkhatamkan buku ini berkali-kali, saya dengan seratus persen mengamini hal tersebut.

Antologi cerpen ini dibuka dengan sebuah kisah berjudul Perspektif. Seorang pekerja kantoran bernama bari merasa langkahnya diikuti oleh seorang perempuan. Kemanapun pria itu pergi, pasti dia menemukan wanita tersebut. Tempat futsal, warung rames, bahkan di bus kota. Perempuan itu selalu ada di tempat-tempat yang laki-laki tersebut sering datangi. Karna itulah, bari menduga bahwa sang wanita suka padanya.

Dari awal hingga pertengahan cerita, pembaca dibawa untuk percaya bahwa perempuan itu memang suka kepada Bari. Namun menjelang akhir, ada beberapa paragraf yang ditulis dengan italic. Paragraf ini merupakan cerita yang sama namun dari sudut pandang perempuan yang dianggap bari suka kepadanya. Beberapa paragraf tersebut menjelaskan bahwa dia sangat ketakutan karna ada laki-laki yang menguntit kehidupannya. Karna dimanapun dia berada, laki-laki itu hadir di sana. Pada akhir cerita, sudut pandang kembali kepada bari yang masih tetap menganggap bahwa perempuan itu suka kepadanya walaupun dia sudah menampar bari dengan keras.

Selain Perspektif, ada sebuah cerita yang menjadi favorit saya. Berjudul Sebelum Hari H, mengisahkan seseorang laki-laki yang sedang mengobrol dengan perempuan di atas motor mengenai persiapan utntuk pesta pernikahan. Mereka membicarakan tentang katering, tentang izin kantor, bahkan membahas bagaimana setelah bertahun-tahun pacaran, mereka bisa sampai dalam tahap ini. Di akhir cerita, melalui percakapan dari kedua tokoh, ternyata baru diketahui sang laki-laki hanyalah mantan dari perempuan tersebut dan perempuan itu akan menikah dengan laki-laki lain bernama banu.

Saya pertama kali mengetahui cerita tersebut dari sebuah film pendek yang ada di kanal youtube Mojokdotco dengan judul yang sama yaitu Sebelum Hari H. Video garapan Dony Iswara tersebut berhasil membuat saya ikut patah hati seperti sang laki-laki untuk beberapa hari. Namun setelah saya membaca versi ceritanya, saya bahkan patah hati lebih parah lagi.

Jika ditelisik lebih jauh, buku ini mempunyai beberapa ciri khas salah satunya adalah ceritanya entah kenapa terasa tidak utuh. Bukan dalam konotasi negatif, namun ketidakutuhan tersebutlah yang membuat cerita ini terasa sangat menyenangkan untuk dibaca. Para pembaca dibawa seakan menaiki kapal berlajar tanpa tujuan. Begitu terombang-ambing dan tidak ada yang tau bagaimana akhirnya. Akhir dari ke-16 cerita merupakan open ending sehingga pembaca disuruh menduga apa yang akan menjadi akhirnya, dibiarkan begitu saja dengan ketidak utuhan tersebut.

Buku ‘Seekor Anjing Ditabrak Honda Astrea di Dini Hari Tadi’ merupakan salah satu buku best seller dari penerbit bukumojok. Dengan hanya 149 halaman, antalogi cerpen ini dirasa sangat pas untuk pembaca yang ingin mencari hiburan bahkan meratapi dan merenungi kehidupan yang kadang tidak sebaik yang kita duga.

Seekor-Anjing-Ditabrak-Honda-Astrea-Dini-Hari-Tadi
Foto diambil di sini.

Judul : Seekor Anjing Ditabrak Honda Astrea di Dini Hari Tadi
Penulis : Dony Iswara
Penerbit : Buku Mojok
Bulan Terbit : Maret 2019
Jumlah halaman : 149

Load More Related Articles
Load More By sekardewig
Load More In Buku