Patut Dicoba! 5 Aplikasi Membaca Anti Gabut Saat Pandemi

8 min read
0
17

Pandemi covid-19 banyak berdampak pada kegiatan kita sehari-hari. Aktivitas travelling tentu menjadi tertunda. Namun, jangan sedih dulu. Kalian tetap bisa melakukan banyak hal untuk mengisi waktu luangmu selama dirumah. Salah satunya dengan membaca.

Kalian bisa membaca apa saja, mulai dari buku yang sifatnya serius banget, agak serius sampe isinya dagelan. Nah, tentunya jaman sekarang kamu pasti gak mau repot bawa bku tebal itu dari dapur ke atas Kasur kann??


Tenang saja, kali ini Genpi Jogja memberikan kamu 5 aplikasi baca buku anti gabut yang bisa kamu unduh dan coba di gadget kalian. Dan tentunya kamu bisa banget mencari buku atau bacaan yang sesuai dengan keinginanmu. Apa aja itu ? Ayo dicek cek!


1. Google Play Books

Aplikasi pertama yang jadi top buat gadget adalah Google Play Books. Aplikasi keluaran google ini biasanya termasuk dalam aplikasi default atau bawaan dari Android yang tidak perlu repot-repot untuk di unduh. Namun jangan khawatir, buat gadget kalian yang belum ada aplikasi Google Play Book, kalian tinggal unduh di iStore atau Google Play secara gratiiisss, tis.

GOOGLE PLAY BOOK



Aplikasi ini memudahkan kalian untuk membaca beragam jenis buku mulai dari koleksi buku gratis yang super banyak hingga buku-buku premium berbayar. Untuk buku premium, sebelum membayar buku premium kalian juga akan mendapatkan preview buku yang ingin dibaca, ya kepo kepo dulu sebelum beli kan? Jadi pas beli tidak rugi dong? Hehe.


Aplikasi yang telah diunduh sebanyak lebih dari satu milyar kali ini, memiliki kemampuan untuk mengganti font, ukuran teks bahkan warna halaman buku sesuai keinginan kita sehingga nyaman bagi para pembaca, apalagi saat dibaca disela-sela waktu dirumah aja.

2. iPusnas

Aplikasi kedua ini merupakan aplikasi yang diluncurkan dan dikelola oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pengalaman pinjam buku di perpus, bisa banget kamu rasakan disini. Di dalamnya terdapat berbagai macam kategori buku yang dapat dipinjam dan dibaca secara elektronik dalam waktu tiga hari. Tentu kamu juga bisa memperpanjang masa pinjamanmu secara online.

IPUSNAS


iPusnas juga menyediakan beragam fitur yang terhubung dangan media sosial sehingga dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita. Dan pastinya aplikasi ini gratis sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek dalam untuk mengakses semua koleksinya. Untuk menggunakan iPusnas kamu harus mendaftar sebagai anggota menggunakan email atau akun Facebook. Nah, setelah itu kamu bisa meminjam buku yang ingin dibaca dengan cara memilih buku digitial di e-Katalog lalu menekan tombol “Pinjam”.


Apabila buku digital yang ingin dipinjam tidak dalam antrean, bisa langsung diunduh, kamu juga bisa membacanya secara online maupun offline. Jika stok buku habis maka pemustaka masuk daftar antrean.


3. Wattpad

Tentu banyak dari kita sudah tidak asing dengan platform satu ini. Wattpad memungkinkan semua orang bisa membaca sekaligus berkarya sebagai penulis di website ataupun di aplikasi ini. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100 juta cerita berbagai genre mulai dari romance, mystery, thriller, dan lainnya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui google play atau istore. Sampai hari ini, warttpad telah diunduh sebanyak seratus juta lebih pengguna.

WATTPAD


Kelebihannya terletak pada Interface atau tampilannya yang memudahkan pembaca untuk fokus dengan tulisan, termasuk tidak ada iklan. Jalannya aplikasi juga terbilang cepat dan ringan. Dan tentunya aplikasi ini menyediakan beragam novel, cepren, cerbung dan sebagainya dalam bentuk offline. Jadi tidak perlu takut kehabisan kuota, hehe.


4. Storial

Bosan dengan membaca, ayo coba audiostory. Aplikasi keempat yang masuk dalam list genpijogja ini juga wajib kamu coba. AudioStory adalah salah satu fitur yang terdapat pada Storial.co. Fitur AudioStory pada Storial ini membantu kita menikmati novel dan cerita melalui audio. Berasa di dongengin loh,!.

STORIAL.CO


Didalam aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam buku, novel, cerpen dan karya lainnya. Tentu kamu tak hanya dapat membaca namun kamu juga dapat berkontribusi dalam storial dengan cara menggunggah karya ceritamu dalam format buku. Kamu bisa unduh dan coba aplikasi ini hanya di Android, karena aplikasi ini belum tersedia di ponser pintar yang berbasis iOS.

5. Line Webtoons

Bosan dengan tulisan, kamu juga bisa mencoba membaca komik, cerita bergambar dan berwarna. Salah satu media yang bisa kamu gunakan yaitu Line Webtoons. Banyak sekali manga atau komik yang ditampilkan oleh Naver line dalam aplikasi ini. Aplikasi ini banyak menjadi sarana promosi bagi para komikus untuk mengawali debut karir mereka.

WEBTOON


Pilihan genre dan bahasanya pun beragam, dan tentunya tidak kalah seru dengan aplikasi lainnya. Kamu bisa mengakses komiknya melalui aplikasi Line Webtoon atau juga bisa diakses melalui aplikasi Line. Aplikasi ini tentu memberikan kamu pengalaman melihat komik yang keren banget baik karya anak bangsa hingga mancanegara.

Kalau kalian sudah coba mengisi waktu kalian dengan membaca belum ? udah coba aplikasi apa saja nih ?

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In Tips