Nataru 2023-2024, KAI Commuter Operasikan 30 Perjalanan dalam Sehari

5 min read
0
82

20231223_084955

Masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 ditetapkan mulai hari Rabu tanggal 20 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024. KAI Commuter sebagai operator Commuter Line siap menyukseskan agenda angkutan Nataru tahun ini. Sejumlah persiapan-persiapan telah dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan meningkatnya pengguna jasa di sejumlah stasiun, baik dari segi operasional, sarana hingga fasilitas layanan pengguna.

Anne Purba, VP Corporate Secretary KAI Commuter di Stasiun Yogyakarta, Sabtu (23/12) mengatakan, menghadapi Nataru berbagai persiapan telah dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan meningkatnya pengguna jasa di sejumlah stasiun, baik dari segi operasional, sarana hingga fasilitas layanan pengguna.

Khusus di wilayah VI Yogyakarta pada masa angkutan Nataru ini, KAI Commuter akan mengoperasikan 30 perjalanan setiap hari terhitung mulai 21 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Dengan penambahan 10 perjalanan pada hari kerja dan 6 perjalanan pada akhir pekan.

Dari rangkuman data volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Solo hingga Desember ini diangka 6.081.734 pengguna dengan rata-rata di hari weekday sebesar 15.115 orang dan di hari weekend sebesar 21.849 orang. Diprediksi jumlah pengguna Commuter Line Yogya-Solo pada musim Nataru tahun ini adalah 365 ribu  atau 11% lebih tinggi dari tahun sebelumnya di angka 330 ribu orang.

Sebagai antisipasi adanya trouble pada kereta, KAI Commuter, menurut Anne, sudah menyiagakan teknisi berkolaborasi dengan Daop 6 Yogyakarta juga menyiapkan kereta cadangan.

“Kami juga siapkan armada cadangan, untuk mengantisipasi ketika ada trouble. Namun harapannya, karena semua sudah disiapkan maka tidak ada trouble,” ujarnya.

Sementara untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo PP, lanjut dia, tetap mengoperasikan 8 perjalanan setiap harinya. Jumlah volume Pengguna Prameks sampai minggu ketiga Desember ini sudah diangka 43.763 dengan rata-rata pada weekday  2.121 orang dan weekend 2.699 orang.

“Kami memprediksi mobilisasi pengguna pada Nataru tahun ini sebesar 50 ribu orang, atau naik 17 persen jika dibandingkan tahun lalu sebanyak 42 ribu orang,” katanya.

”Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang, kami mengimbau pada penumpang yang sedang batuk sebaiknya mengenakan masker selama dalam perjalanan,” tambah Anne.

Dari segi pengamanan dan pelayanan Posko Nataru 2023-2024, KAI Commuter menyiagakan 205 orang petugas diantaranya 162 sebagai Security Stasiun dan Aset, 39 sebagai Security diatas KA, 2 POLRI dan 2 sebagai operator Rescue, petugas Passenger Service (PS) dan Announcer akan membantu dan mengarahkan para pengguna.

20231223_085750

“Kami juga sudah melakukan antisipasi dengan memisahkan pintu keluar masuk penumpang KRL di Yogyakarta, di sisi selatan sebelah timur Jalan Pasar Kembang,” ujarnya.

Diinformasikan kembali mulai 1 Desember akses keluar dan masuk Commuter line di Stasiun Yogyakarta sudah melalui hall baru di sisi timur yang terletak di Jl. Pasar Kembang. Dengan 15 unit gate elektonik dan faslitas layanan lainnya seperti kursi tunggu, charging booth, toilet dan musholla serta videotron sebagai informasi layanan.

”Harapannya arus keluar masuk lebih lancar, karena sudah berbeda dari penumpang KA jarak jauh dan KA Bandara,” tambah Anne menjelaskan.

KAI Commuter juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Commuter Line dan Commuter Line Lokal Prameks agar selalu mengutamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas. Pengguna yang membawa anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama perjalanan.

Selalu rencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info tarif dan jadwal perjalanan commuter line dan Access by KAI untuk transaksi tiket Prameks. Untuk bantuan informasi perjalanan dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline.

Load More Related Articles
Load More By Dewangga Liem
Load More In Info KAI