Cherrypop Festival 2023; Swasembada Musik Band Lokal Jogja

7 min read
0
30

genpijogja.com – Gelaran Cherrypop Festival 2023 ‘Swasembada Musik’ berlangsung sukses selama 2 (dua) hari (19-20/8/2023) di Asram Edupark, Sleman.

Selama 2 (dua) hari panggung Cherrypop Festival 2023 silih berganti diisi oleh 42 band pilihan tim kurator. Beberapa nama yang bakal tampil di panggung Cherrypop Festival 2023 antara lain Jenny, Rumahsakit, Majelis Lidah Berduri, The Adams, Seek Six Sick, DOM 65, dan masih banyak lagi.

“Kita coba tampilkan band yang jarang sekali main di festival lain, bahkan sudah lama sekali nggak manggung,” ujar Director of Cherrypop Festival 2023, Ahmad Sobirin, di Downtown Diner, Jumat (18/8/2023).

Cherrypop Festival 2023 Swasembada Musik
Cherrypop Festival 2023 Swasembada Musik

Aksi penampil Cherrypop Festival 2023 selama 2 (dua) hari terbagi dalam 3 (tiga) panggung; yaitu Cherry, Nababa dan Yayapa.

Dari semua penampil itu, ada beberapa penampil yang sangat ditunggu oleh pembeli karcis Cherrypop Festival  2023; misalnya Band Shouthern Beach Terror yang hanya mau tampil 1 kali dalam 5 tahun.

Band Rumahsakit yang tampil kembali di Yogyakarta setelah sekian lama tak bertandang. Efek Rumah Kaca yang baru saja menyelesaikan album terbarunya. Majelis Lidah Berduri yang diisukan akan merilis album baru, dengan single dibawakan di panggung Cherrypop Festival 2023, dan yang tidak ketinggalan Band Jenny. Festival Cherrypop Festival 2023 menjadi istimewa karena gelaran kali ini merupakan ajang reuni dari Band Jenny.

Cherrypop Festival 2023 disponsori oleh Gudang Garam Signature dan Gudang Garam Merah berkolaborasi penuh dengan Mojok.co telah sukses dilaksanakan selama dua hari, pada 19 dan 20 Agustus 2023 di Asram Edupark, Yogykarta. Antusiasme dari penonton dan penampil membuat panggung Cherrypop Festival 2023 yang bertemakan “Swasembada Musik” sangat terasa.

Cherrypop Festival 2023 yang disponsori oleh Gudang Garam Signature dan Gudang Garam Merah menjadi ajang berkumpulnya pelaku ekosistem kreatif, musik maupun komunitas lintas disiplin di Yogyakarta dari berbagai generasi.

Tahun ini, Cherrypop Festival melibatkan banyak kolaborator. Mulai dari rangkaian agenda “Road To Cherrypop 2023”, hingga debut program “lokakarya jurnalisme musik” yang Cherrypop Festival selenggarakan bekerjasama dengan Mojok.co

Sebagai sebuah peristiwa kebudayaan yang dihelat setiap tahun di Yogyakarta. Cherrypop Festival melibatkan pelaku sub-budaya anak muda dari berbagai disiplin; musisi, perupa, arsiparis, pembuat film, pegiat kuliner, dan sebagainya.

Selain arena berkreasi, lewat Cherrypop Festival, ekosistem sub-budaya anak muda ini bisa saling berkorespondensi, membangun wacana, dan berselebrasi.

Swasembada Musik Band Lokal Jogja

Cherrypop Festival 2023 membawa tema besar ‘Swasembada Musik’, festival yang diselenggarakan oleh iKonser Channel ini mengajak seluruh pengunjung untuk lebih survive menghadapi kehidupan.

“Kata Swasembada erat kaitannya dengan kemandirian terhadap kebutuhan pangan, dan dirasa cocok untuk menggambarkan gaya hidup anak muda masa kini yang cenderung santai, leha-leha untuk lebih giat lagi mandiri menjalani hidup,” jelas Creative Director Cherrypop 2023, Arsita Pinandita.

Program Rekam Skena dan Penaskena

Salah satu program andalan Cherrypop Festival 2023 yang baru tahun ini dilaksanakan, yaitu Rekam Skena. Program ini melibatkan penyuka musik dan film untuk melakukan riset, menata arsip, dan produksi film tentang skena musik di daerah mereka masing-masing. Hasil dari proyek ini bakal ditayangkan di Bioskop Cherrypop selama festival digelar.

Selain itu, ada program baru Penaskena, yaitu sebuah aktivasi lokakarya bagi para penulis muda untuk terjun langsung di dunia jurnalisme, khususnya musik. “Selama beberapa bulan, para peserta terpilih difasilitatori langsung oleh para mentor yang sudah lama berkecimpung di industri musik,” ujar Program Director ‘Rekam Skena’ dan ‘Penaskena’, Kiki Pea.

Cherrypop Festival 2023 juga menggelar Pasar Populer, yakni sebuah pop up market yang dikurasi oleh Flea Market. Pengunjung bisa berburu pernak pernik adibusana anak muda. Ada juga Toko Rilisan Fisik, yang berkolaborasi dengan Jogja Record Store Club.

Pengunjung bisa mengetahui seberapa penting rilisan fisik, guna mendukung kemandirian sebuah band. Tak sampai disitu, pengunjung juga bisa menikmati Pameran Seni Rupa, karya Ahmad Oka selama festival berlangsung.

Tiga panggung Cherrypop Festival 2023

Cherrypop Festival 2023 akan menghadirkan 3 (tiga) panggung musik. Ketiganya menawarkan beragam musik. Dari band yang berumur cukup matang di tahun 90-an, hingga yang baru ‘nyebur’ di beberapa tahun terakhir. Ini menjadi penanda bahwa ada sisi lain dari musik Indonesia yang perlu dipelajari sebagai sebuah pengetahuan.

Antusiasme tidak hanya datang dari penonton, artis yang akan tampil di Cherrypop Festival 2023 juga tidak sabar untuk tampil di panggung Cherrypop Festival 2023.

“Suatu kebanggaan bisa berpartisipasi di event Cherrypop Festival yang merupakan salah satu event besar di Yogyakarta,” ungkap Bassis dan Vokal Nood Kink, Katarina yang merupakan performer Cherrypop Festival 2023 di hari kedua.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In News