ARTJOG Hadir Lagi, Catat Tanggal dan Programnya

6 min read
0
109

Ada yang berbeda dengan ArtJog tahun ini. Dari segi nama, ArtJog tidak lagi menggunakan angka arab, melainkan angka romawi. Mulai tahun ini penulisan tidak lagi Artjog 2019, melainkan menggunakan ArtJog MMXIX.

ArtJog MMXIX | Foto milik Jalu Tajam
ArtJog MMXIX | Foto milik Jalu Tajam

Dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis (11/07/2019) di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Heri Pemad selaku Director ARTJOG 2019, menyampaikan bahwa ARTJOG sudah menjadi city branding bagi Yogyakarta. Belum lagi, ARTJOG dilaksanakan bersamaan dengan Jogja Art Weeks, yaitu event-event seni yang tersebar di seluruh kota Yogyakarta selama periode Juli hingga Agustus.

Tahun ini, ArtJog mengusung tema ‘Arts in Common’. Menurut kurator ArtJog MMXIX, Agung ‘Jennong’ Hujatnika “The Commons” secara harfiah bisa diartikan sebagai ‘yang biasa’ atau ‘yang umum’.

“Perhelatan ARTJOG untuk tiga tahun ke depan akan digelar dalam rangka menegaskan identitas ARTJOG sebagai festival seni alih-alih pameran. Hal ini didasarkan pada sejarah ARTJOG, yang pada tahun 2008 silam masih disebut dengan nama Jogja Art Fair”, jelas Agung selaku salah satu kurator ARTJOG 2019 dalam konferensi pers.

“Ketika Jogja Art Fair dulu, ada asumsi ini art fair yang diikuti galeri. Padahal, walau namanya Jogja Art Fair, bentuknya pameran seni rupa secara besar-besaran atau festive. Tidak ada keterlibatan galeri”, lanjut Agung.

Baca juga:

Seperti diketahui, ArtJog adalah festival, pameran, dan pasar seni rupa kontemporer yang digelar tahunan. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2008 dengan nama Jogja Art Fair yang merupakan rangkaian acara Festival Kesenian Yogyakarta XX. Pada tahun 2009 Jogja Art Fair pisah dari Festival Kesenian Yogyakarta dan pada tahun 2010 mengubah namanya menjadi ArtJog.

Karena alasan itulah, ARTJOG pada tahun 2019 ini akan digunakan untuk menegaskan identitas ARTJOG sebagai festival seni. Meski seni rupa kontemporer adalah yang utama, namun ada juga berbagai program seni lainnya.

Agung juga menyampaikan bahwa ARTJOG selama 3 tahun ke depan pun akan mengangkat tema besar “Arts in Common” atau yang berarti seni untuk bersama. Lebih lanjut lagi, Agung menjelaskan bahwa “commons” merupakan istilah dalam ekologi dan lingkungan yang mengacu pada pemanfaatan sumber daya secara besar-besaran namun tetap tidak lupa menjaga kelestariannya.

Tema ARTJOG MMXIX “Arts in Common” akan dibagi menjadi 3 sub-tema. Sub-tema di tahun 2019 ini adalah Common | Space.

Tema Common | Space sendiri mengacu pada lingkungan sebagai ruang, sehingga fokus pameran pada tahun ini adalah pada aspek lingkungan dan sumber daya alam di sekitar kita.

Layaknya ARTJOG pada tahun-tahun sebelumnya, tiga program besar pun akan tetap hadir di ARTJOG MMXIX. Ketiga program tersebut adalah pameran utama, daily performance (pertunjukan harian), serta merchandise project. Lalu, sebagai tambahan, ARTJOG 2019 juga akan mengadakan proyek bernama LeksiKon.

ArtJog MMXIX
ArtJog MMXIX

Berikut jadwal programnya:

1. Pameran utama, yang mencakup ARTJOG Educational Program

Pameran utama akan diadakan setiap hari. Sementara itu, program curatorial tour akan diadakan sebanyak 16 kali setiap Selasa dan Jumat sore pukul 15.00 WIB. Sedangkan meet the artist akan diadakan sebanyak 4 sesi tiap Rabu sore.

2. Daily Performance

Pertunjukan harian di panggung belakang ARTJOG. Selain menonton, penonton juga akan diajak berpartisipasi di stage pertunjukan yang sudah dibuat oleh para seniman. Bakal ada 88 seniman yang akan tampil di ARTJOG MMXIX selama sebulan penuh.

3. Merchandise Project

Merchandise project adalah program untuk seniman yang tidak hanya membuat karya seni dengan daily use tetapi juga memasarkannya. Dalam program ini, pengunjung dapat mengikuti sharing session yang diadakan. Total diikuti 54 seniman.

4. LeksiKon

Program baru ARTJOG 2019 yang akan hadir pada hari Jumat-Sabtu, 9 dan 10 Agustus 2019 pukul 19.30 WIB. Dalam LeksiKon, publik akan mendapat edukasi dari seniman dalam bentuk perdormatif. Bukan hanya cerita soal berkarya, seniman juga akan mempertontonkannya lewat tata dramatik.

ArtJog MMXIX akan dilaksanakan mulai 25 Juli sampai 25 Agustus 2019 di area Jogja National Museum yang beralamat di jalan Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan-Yogyakarta, DIY. Pastikan Anda hadir di ARTJOG MMXIX (ARTJOG 2019), salah satu festival art terbaik di negeri ini.

Baca juga artikel menarik lainnya pacarkecilku.

Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In News