Mulai 13 Desember 2023, Dwipangga, Gajah Sakti dari Solo Gunakan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation

7 min read
0
54

IMG-20231213-WA0046

Kereta Api Dwipangga pada awal diluncurkannya memiliki kasta sebagai Kereta Api Spesial, bukan Kereta Api Argo. Dwipangga diluncurkan pada tanggal 21 April 1998 di Solo Balapan dan Yogyakarta. Peluncuran di Solo Balapan dihadiri oleh Menteri Perhubungan Giri Suseno Hadihardjono, Dirut Perumka Soemino Eko S. dan Walikota Solo Imam Soetopo. Sedangkan peluncuran di Yogyakarta dihadiri oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Peluncuran di Yogyakarta merupakan bentuk penghormatan kepada Sri Sultan Hamengkubuwono X yang memberikan nama Dwipangga. Saat keberangkatan di Yogyakarta, Dwipangga diberangkatkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang bertindak sebagai PPKA (Pengatur Perjalanan Kereta Api) dan diiringi dengan gending Gangsaran.

Sebagai Kereta Api Spesial, Dwipangga memiliki susunan kursi 2-1. Kereta-kereta spesial milik Dwipangga dibuat dengan merehab kereta api lama, seperti kereta api buatan 1950-an dan kereta api buatan Rumania tahun 1984.

Dwipangga memiliki pola operasional kebalikan dengan Kereta Api Argo Lawu. Dwipangga berangkat malam dari Solo Balapan dan siang dari Gambir. Sebagai Kereta Api Spesial, Dwipangga hanya bertahan hingga Oktober 1998.

Hal ini disebabkan karena masalah okupansi yang dirasa kurang, Dwipangga akhirnya dijadikan Kereta Api Argo dengan nama Argo Dwipangga. Pada awal beroperasi, rangkaian Kereta Api Argo Dwipangga masih belang, sebagian sudah menggunakan livery abu-abu Argo, sebagian lainnya masih mengenakan livery putih-kuning gading.

Kereta Api Dwipangga mendapat rangkaian baru pada tahun 2011 silam. Rangkaian ini merupakan hasil retrofit/penyehatan yang dilakukan di Balai Yasa Manggarai. Rangkaian ini memiliki jendela kecil layaknya pesawat. ​Namun rangkaian ini hanya digunakan kurang lebih lima tahun.

Pada tahun 2016 silam, Kereta Api Dwipangga mendapat rangkaian kereta baru buatan INKA, bersama dengan Kereta Api Argo Lawu. Sekarang Kereta Api Argo Dwipangga reguler membawa 9 kereta kelas eksekutif, ditambah kereta makan kelas 1 dan gerbong pembangkit listrik. Pada tanggal 26 Mei 2019 kelas pelayanan Kereta Api Argo Dwipangga bertambah dengan hadirnya kelas Luxury.

Kemudian yang terbaru pada 13 Desember 2023 PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan KA Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo Balapan pp dengan menggunakan jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation.  Kereta New Generation tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 s.d 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

IMG-20231213-WA0048

Pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada seluruh pelanggan menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, khususnya pelanggan KA Argo Dwipangga. Selanjutnya, Kereta New Generation ini akan dioperasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap.

Keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation ini di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. Hal ini akan semakin memudahkan pelanggan dalam membuka ataupun menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi. Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.

IMG-20231213-WA0043

Di samping itu, Passenger Information Display System (PIDS) yang tersedia pada masing-masing kereta dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, serta suhu ruangan. PIDS tersebut membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi pelanggan selama perjalanan.

Jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass. Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

Untuk kebutuhan pengisian daya gadget pelanggan, KAI menambah USB charger port pada masing-masing kursi selain stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta. Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch mereka tanpa khawatir kehabisan daya, sesuai dengan kebutuhan modern.

Keunggulan lain pada Kereta Luxury New Generation ada penambahan toilet dari Kereta Luxury sebelumnya dari 1 toilet menjadi 2 toilet dan dipisahkan menjadi toilet pria dan wanita. Pada toilet pria dan wanita sekarang telah dilengkapi dengan fasilitas baru berupa keran bawah wastafel untuk membasuh kaki yang berguna juga untuk wudhu. Kemudian terdapat meja lipat di toilet wanita yang berguna untuk meletakkan pernak-pernik dan ramah ibu dengan bayi.

Kereta Makan di rangkaian New Generation ini juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior dan furnitur premium. Kereta Makan tersebut didominasi sentuhan kayu serta kursi makan yang lebih empuk dan lembut. PIDS yang sama juga tersedia di Kereta Makan.

Upgrade kenyamanan kereta yang sedang KAI lakukan ini diharapkan dapat membuat transportasi perkeretaapian semakin maju. Sehingga dapat lebih menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa kereta api.

Load More Related Articles
Load More By Dewangga Liem
Load More In Info KAI