Warung Tanah Kopi, Jual Tanah Sengketa di Jogja

6 min read
0
74

genpijogja.com – Ada kabar gembira untuk pecinta kopi area Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Sekarang ada warung kopi baru di daerah Baciro.

Kalau kalian tinggal di area Gondokusuman coba mampir ke warung kopi “Tanah Kopi” yang beralamat di jalan Melati Wetan, Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

IMG20200310183228

Bangunan Tanah Kopi ada di sebelah utara jalan Melati, sebelum gereja Kristus Raja. Kalian akan melihat signage atau neon box Tanah Kopi di depan bangunan warung. Intinya lokasi warung ini mudah untuk ditemukan. Warung ini mulai beroperasi sejak Oktober 2019 dan buka mulai dari pukul 11.00 sampai pukul 00.00 WIB.

Berbeda dengan warung kopi kebanyakan yang berlomba-lomba membuat tempatnya menjadi spot foto yang instagramable, warung kopi “Tanah Kopi” justru mengusung konsep warung kopi yang simple.

Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini didominasi warna putih dengan hiasan dan ornamen yang tidak berlebihan di dindingnya. Hanya ada beberapa foto hitam putih yang ditempel di dindingnya, beberapa mural dan rak buku gantung.

Kalian juga tidak akan menemukan mesin kopi besar seperti yang biasa ada di warung-warung kopi kekinian. Di meja barista Tanah Kopi hanya ada satu mesin kopi kecil, grinder manual dan beberapa alat sederhana lainnya. Jangan harap menemukan kemewahan di sini.

IMG20200310201440

Ketika pertama kali masuk warung kopi ini, tidak ada semilir pendingin udara yang menyapa kulit. Meskipun begitu warung ini tetap nyaman. Itu karena langit-langit ruangan yang tinggi membuat sirkulasi udara di warung kopi “Tanah Kopi” cukup baik.

Sayangnya, karena tidak ada pendingin ruangan, pengunjung warung kopi “Tanah Kopi” jadi bebas merokok di mana saja, sehingga kurang nyaman bagi pengunjung yang tidak betah dengan asap rokok.

Warung kopi “Tanah Kopi” memiliki cukup banyak meja dan kursi sehingga cocok sebagai tempat janji temu dengan teman atau rekan kerja. Ada banyak colokan yang tersedia hampir di setiap meja, jadi buat kamu yang ingin mengerjakan tugas kuliah atau kantor bisa banget datang ke sini.

Warung kopi “Tanah Kopi” juga menyediakan free wifi untuk para pengunjungnya. Jadi pengunjung akan semakin betah pastinya.

Selain itu harga kopi di sini sepertinya memang disesuaikan dengan pengunjung yang rata-rata adalah mahasiswa. Harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan warung kopi kekinian lainnya, dengan rasa yang tidak murahan. Percaya apa nggak, harga termahal di Warung kopi “Tanah Kopi” adalah untuk menu Affogato dengan harga Rp20.000.

IMG20200310192434

Saat datang, saya hanya memesan minuman karena kebetulan menu makanannya sedang habis. Cukup disayangkan karena saya berniat akan menghabiskan waktu cukup lama di tempat ini untuk mengerjakan tugas yang hampir dateline. Rasanya aneh kalau nongkrong lama tanpa ngemil.

Saya memesan Es Kopi Tanah Sengketa, yaitu es cappucino yang diberi toping tiga buah cookies coklat dan harganya hanya Rp18.000. Menu lain yang ada di warung kopi “Tanah Kopi” adalah Es Kobis alias Kopi Biskuit, yaitu es cappucino dengan toping biskuit regal yang saat ini sedang menjamur di mana-mana. Harganya juga Rp18.000.

IMG20200310183328

Selain harga yang murah, barista Warung kopi “Tanah Kopi” juga ramah, karena mukanya selalu tersenyum. Membuat saya tidak ragu untuk mengajak ngobrol dan bertanya tentang warung ini.

Musik yang di putar di warung ini kebanyakan adalah musik-musik dari band indie dan top fourty. Musik-musik yang easy listening, lumayan membantu untuk kalian yang ingin fokus mengerjakan tugas. Suasana Warung kopi “Tanah Kopi” juga cukup tenang, meskipun berada di pinggir jalan raya.

Jadi, untuk kalian yang butuh tempat nongkrong yang murah dan lumayan nyaman, Warung kopi “Tanah Kopi” bisa dijadikan pilihan. Ayo ngopi!

Load More Related Articles
Load More By Nurya Auris
Load More In Tempat Nongkrong