Wajib Coba! Nasi Gandul Satu- Satunya di Kulon Progo

7 min read
1
55

genpijogja.com – Setelah beberapa waktu menjadi “penghuni goa” karena pandemi, akhirnya aku memutuskan untuk kembali berburu kuliner, terutama di Kulon Progo.

Masih dalam suasana pandemi, kali ini aku akan membahas tentang salah satu menu favoritku, yaitu nasi gandul.

Hanya ada satu tempat makan yang menyediakan menu ini di Kulon Progo, yaitu Angkringan Nasi Gandul Depan Pasar Wates.

Wajib Coba! Nasi Gandul Satu-satunya di Kulon Progo.

Sesuai namanya, lokasi Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates tepat berada di samping perempatan Pasar Wates, sebelah timur Tom Cell.

Untuk lokasi tepatnya kalian bisa klik link ini ya, Gaes: Lokasi Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates.

FYI ajah nih, Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates buka mulai pukul 17.00 WIB. Jadi, pastikan kalian datang ke Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates di jam-jam tersebut jika ingin menu yang masih lengkap.

Akan tetapi jika kalian berencana datang larut malam, kalian bisa kontak/pesan dahulu ke Mas Tikno, owner Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates ini melalui link berikut:  Pesan Nasi Gandul

Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates ini sudah cukup malang melintang bergelut dengan dunia perkulineran Kulon Progo.

Berdiri sejak tahun 2007, terhitung sudah lebih dari 14 tahun, Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates hadir menemani malam-malam warga Kulon Progo.

Wajib Coba! Nasi Gandul Satu-satunya di Kulon Progo.

Bagaimana Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates ini bermula?

Mas Tikno, owner Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates, berkisah panjang lebar. “Sebenarnya dulu itu sejak lulus sekolah saya sudah tertarik usaha kuliner, tapi karena modal belum ada saya merantau dahulu ke Tangerang. Ya biasa mas, jadi buruh pabrik”, ujar Mas Tikno yang notabene asli orang Pati membuka cerita.

Usut punya usut, ternyata dari menjadi buruh pabrik tersebut Mas Tikno mendapatkan jodoh, yang beruntungnya, mertua Mas Tikno, memiliki usaha kuliner.

Alhasil, Mas Tikno mendapat dukungan membuka usaha kuliner. Tahun 2007, pabrik tempat Mas Tikno bekerja bangkrut.

Kejadian ini semakin mendorong Mas Tikno segera membuka usaha kuliner miliknya sendiri. Di tahun itu pula, Mas Tikno membuka usaha angkringan miliknya yang saat ini dikenal dengan Angkringan Nasi Gandul Khas Pati, Depan Pasar Wates.

Makanan apa aja sih yang disediakan di Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates?

Selain Nasi Gandul, ada menu pelengkap seperti: nasi pus, sate telur puyuh, sate usus, sate sosis, gorengan, dan aneka menu angkringan lain.

Apa menu spesial di Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates?

Of course, berbagai varian Nasi Gandul disediakan di sini. Tak tanggung-tanggung ada 12 varian plus 1 menu Nasi Gandul Spesial yang disediakan di Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates milik Mas Tikno. Bukan kaleng-kaleng, Bos! Hahaha.

Sementara itu, ada juga 10 pilihan minuman untuk menemani santapan kalian di Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates. Pokoknya, bertandang ke Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates ga bakalan bosen deh.

Wajib Coba! Nasi Gandul Satu-satunya di Kulon Progo.

Yuk, kita bahas menu Nasi Gandulnya?

Bagi kalian yang belum tahu, Nasi Gandul adalah nasi yang di atasnya disiramkan kuah santan dan irisan daging.

Kuahnya kental dan agak manis, mungkin karena berakulturasi dengan lidah orang Jawa sisi selatan yang menyukai manis. Nasi Gandul disajikan dengan menu tambahan lain, biasanya irisan daging maupun jeroan sapi.

Di Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates ini, salah satu menu favorit pengunjung adalah Nasi Gandul Babat.

Untuk menggambarkan rasanya, aku tebak kalian akan bilang: “Eh, ternyata enak banget.”

Yes. enaknya memang mengejutkan. Kalian bisa menambahkan sedikit kecap dan sambal agar Nasi Gandul lebih nikmat.

Nasi Gandul bisa juga dinikmati bersama dengan menu angkringan yang lain seperti sate usus, ataupun gorengan. Endesss deh pokoknya.

Jayanti, salah satu pembeli yang sempat kuajak ngobrol, memberikan testimoni terkait taste dari Nasi Gandul Mas Tikno. “Rasanya enak, Mas. Kuahnya kental agak manis, tapi kalau aku lebih suka tak tambahin sambal sih, Mas.”

Di hari biasa, Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates sanggup menghabiskan minimal 10kg nasi, sementara di akhir pekan bisa bertambah hingga 15kg nasi.

Namun hal ini tak berlaku di masa pandemi Covid-19 ini. “Wah selama pandemi ini ga nentu, Mas. Kalau ada berita bagus ya pembelinya banyak, kalau ada berita lockdown-lockdown gitu ya sepi lagi”, keluh Mas Tikno.

Lebih lanjut lagi, Mas Tikno mengungkapkan efek pandemi Covid-19 membuat konsumen dari Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates menurun drastis hingga 70%.

Yang jelas, Gaes, tetap patuhi protokol kesehatan, rajin olahraga dan cukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satunya dengan makan makanan bergizi seperti Nasi Gandul Pasar Wates Kulon Progo ini.

Yuk, gasss ke Angkringan Nasi Gandul Pasar Wates. Buka setiap hari kok.

Load More Related Articles
Load More By Dody Hendro W
Load More In Kuliner