Bakso Kelor Teges, Bakso Sehat Marai Teges

7 min read
0
32

genpijogja.com – Bakso, bakso apa yang ijo? Bakso Kelor Teges! Warna hijaunya bukan dari pewarna, tapi asli dari olahan tanaman kelor.

Tanaman kelor adalah tanaman yang biasa dijadikan pagar atau penghalau longsor karena pohonnya yang tinggi dan akarnya yang kuat. Tak jarang, tanaman kelor digunakan sebagai konsumsi sehari-hari.

Bakso Teges menggabungkan bakso dengan olahan daun kelor sehingga memiliki warna hijau dan rasa sari daun kelor. Dibandingkan bakso biasa, Bakso Kelor Teges terasa lebih padat dan lebih kesat di lidah.

Baca juga: Kecap Manis Sang Surya, Kecap Manis Tanpa Penyedap dan Pengawet

Bakso Kelor Teges, Bakso Sehat Marai Teges 3

Aroma daging yang biasanya menguar saat pertama kali kita menggigitnya, pada bakso kelor, justru sebaliknya rasa dan aroma daun kelor-lah yang lebih dominan.

Setelah membahas teksturnya, mari kita membahas rasanya. Bakso Kelor Teges berbahan dasar daging ayam segar, tepung garut lokal, dan bumbu non-MSG.

Rasa yang pertama muncul saat melahap bakso kelor adalah gurih. Rasa selanjutnya adalah daun kelor yang diolah menyatu dengan bakso.

Kemudian rasa yang tertinggal di lidah setelah mengunyah bakso kelor adalah rasa merica yang kuat.

Secara keseluruhan, Bakso Kelor Teges bisa disajikan sebagai main course, side dish, maupun topping seperti Indomie topping Bakso Kelor Teges di bawah ini.

Baca juga: Kuliner Unik dan Praktis, Rendang Belut Good Fish

Bakso Kelor Teges, Bakso Sehat Marai Teges 5

 

Bicara tentang bakso kelor, tentu tak jauh dari manfaat daun kelor yang dipilih jadi bahan baku Bakso Kelor Teges.

Daun kelor memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat daun kelor adalah untuk kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan karena daun kelor mengandung antioksidan.

Menurut anjuran dr. Sidi Aritjahtja, meminum rebusan daun kelor selagi hangat baik untuk kesehatan, selagi kandungan antioksidannya masih tinggi.

Banyaknya manfaat dari tanaman kelor-lah, yang membuat tanaman ini sejak lama sudah diperjualbelikan, baik sebagai bahan sayuran hingga menjadi bahan baku obat-obatan.

Studi mengenai manfaat tanaman kelor sudah dimulai sejak tahun 1980-an di Indonesia. Studi tersebut membuktikan bahwa seluruh bagian tanaman kelor seperti batang, daun, dan bunga memiliki peran dalam meningkatkan kesehatan.

Daun kelornya saja sudah mengandung 7x vitamin C pada jeruk, 4x kalsium pada susu, 4x vitamin A pada wortel, 2x protein pada susu, dan 3x potasium pada pisang. Tak disangka, bukan?

Daun kelor baik dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan. WHO menobatkan tanaman kelor sebagai tanaman ajaib kaya manfaat, yang bisa dibudidayakan di negara-negara miskin di dunia, dan terbukti membantu mengatasi masalah kesehatan selama 40 tahun.

Tanaman kelor juga telah lama digunakan dalam mengobati 300 jenis penyakit dalam pengobatan India kuno Ayurveda.

Baca juga: Kunir Jalak, Praktisnya Minum Jamu

Bakso Kelor Teges, Bakso Sehat Marai Teges 5

Kalau Anda penasaran, sebenarnya sudah banyak variasi kuliner, warung, restoran, maupun UMKM yang mengusung tanaman kelor, khususnya daun kelor sebagai bahan baku produknya. Salah satunya Bakso Kelor Teges ini.

Varian lainnya juga ada warung sayur kelor, teh kelor, keripik kelor, dan olahan kelor lainnya yang ditawarkan.

Bakso Kelor Teges buatan Siti Fatimah dari UMKM Pakem, Sleman ini tersedia dalam dua kemasan. Kemasan pertama dibanderol Rp20.000 per 200 gram. Sedangkan kemasan kedua seharga Rp35.000 per 350 gram.

Kemasannya plastik tebal dengan stiker wajah Bu Siti Fatimah bertanda “Teges” di depannya. Siti Fatimah tidak membuka warung maupun aktif di media sosial untuk memasarkan dagangannya.

Sleman Mart merupakan salah satu platform yang membantu para pelaku UMKM, khususnya UMKM Sleman di bidang kuliner.

Jika Anda ingin mencicipi berbagai olahan masakan, oleh-oleh, apalagi Bakso Kelor Teges, dapatkan di SlemanMart.id ya!

Anda bisa sekalian menjelajah kuliner khas Sleman dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, dan tentu saja bisa didapatkan secara online lewat e-commerce Sleman Mart maupun layanan pesan antar GoFood dan GrabFood.

Baca juga: Abon Lele, Cara Lain Menikmati Ikan Lele Dalam Kemasan

Bakso Kelor Teges, Bakso Sehat Marai Teges 4

Baca juga artikel tentang Kuliner atau tulisan menarik lainnya Farras Hasna Taqiyya.

Cara membeli Bakso Kelor Teges

Bakso Kelor Teges bisa dibeli secara online melalui Slemanmart.id, akun instagram @SlemanMart atau langsung chat admin wa.me/+6289523390203

Satu kemasan Bakso Kelor Teges ukuran 200 gram dibandrol dengan harga Rp20.000. Sedangkan satu kemasan Bakso Kelor Teges ukuran 350 gram dibandrol dengan harga Rp35.000.

Lokasi PLUT Koperasi & UKM Sleman

PLUT Sleman berlokasi di jalan Candi Gebang, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Tepat di depan rumah dinas Bupati Sleman.

Silakan klik google maps untuk lokasi PLUT Sleman yang lebih lengkap.

Sleman Mart adalah fasilitas layanan dari Pemerintah Kabupaten Sleman di bawah garis komando Dinas Koperasi dan UKM Sleman melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sleman.

Produk-produk yang dijual di PLUT Sleman adalah produk UMKM Sleman.

Ayo, kita borong bareng produk UMKM!

Load More Related Articles
Load More By Farras Hasna Taqiyya
Load More In Review