Ingin Liburan Naik KA? Tiketnya dari Jogja Masih Tersedia, Yuk Segera Rencanakan Perjalananmu dengan Baik!

6 min read
0
40

Hiasan Pohon Natal di Ruang Tunggu

KAI Daop 6 Yogyakarta mengimbau masyarakat yang hendak bepergian ke kota-kota favorit seperti Jakarta, Bandung, Madiun, Surabaya, Malang, dan lainnya untuk dapat merencanakan perjalanan kereta api (KA) dengan baik di masa Libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Hal tersebut mengingat saat ini tiket KA Daop 6 atau keberangkatan awal stasiun Daop 6 masih tersedia untuk masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang ditetapkan KAI yaitu tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Pada periode tersebut, Daop 6 menyediakan 27 KA reguler dengan 486 perjalanan dan 4 KA tambahan dengan 72 perjalanan. “Adapun total tempat duduk yang disediakan baik KA reguler dan tambahan yaitu sebanyak total 313.844 tempat duduk,” kata Krisbiyantoro.

KA Melintas di Tepian Laut Jawa

“Untuk okupansi KA Daop 6 atau keberangkatan awal stasiun Daop 6 sudah terjual sebanyak 108.411 tempat duduk atau 34 persen dari total kapasitas yang disediakan selama masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ungkap Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Kamis (7/12/2023)

Namun demikian KA-KA seperti Sri Tanjung relasi Stasiun Lempuyangan-Ketapang dan Bengawan relasi Stasiun Purwosari-Pasarsenen okupansinya sudah mencapai 100%, “Itu berarti menunjukkan permintaan yang tinggi dari masyarakat terhadap KA tersebut di masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini,” kata Krisbiyantoro.

Untuk KA lainnya, tingkat okupansinya juga berangsur naik apalagi pada tanggal-tanggal favorit. Daop 6 memprediksi puncak libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terjadi pada Senin 1 Januari 2024.

Daop 6 mengimbau masyarakat untuk merencanakan sebaik mungkin perjalanan kereta apinya pada masa tersebut karena penjualan tiket terus berjalan dengan cepat.

Masyarakat dapat membeli tiket kereta api jarak jauh dengan sangat mudah melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel pembelian tiket KA resmi lainnya. “Pada saat melakukan pemesanan tiket, masyarakat diimbau untuk lebih teliti dalam menginput tanggal, pemilihan rute, dan memasukkan data diri,” ungkap Krisbiyantoro.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Menghadirkan Promo 12.12

Ada lagi nih promo diskon tiket kereta api, kali ini setiap pembelian tiket KA dan rute tertentu akan mendapatkan diskon sebesar 20% dari tarif normal. KAI menyediakan lebih dari 35.000 tiket dengan tarif promo untuk kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Menghadirkan Promo 12.12

Promo ini berlangsung pada tanggal 12 s.d 13 Desember 2023 untuk keberangkatan tanggal 15 Desember s.d 8 Januari 2024. Pembelian tiket Promo 12.12 bisa melalui seluruh channel penjualan KAI kecuali di loket dan loket box.

Promo ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan pada periode liburan Natal dan Tahun Baru dengan tarif yang terjangkau. KAI berharap masyarakat memanfaatkan promo ini sebaik-baiknya.

Berikut daftar kereta api yang melayani naik turun penumpang di stasiun wilayah Daop 6 yang mendapatkan tarif Promo 12.12 dan bisa digunakan untuk menuju kota-kota favorit seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan lainnya:

  1. Argo Dwipangga relasi Gambir – Yogyakarta – Klaten – Solo Balapan pp
  2. Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasarsenen – Wates – Lempuyangan – Klaten – Purwosari – Sragen – Surabaya Gubeng pp
  3. Senja Utama Yogyakarta relasi Pasarsenen – Wates – Yogyakarta pp
  4. Gajahwong relasi Pasar Senen – Wates – Lempuyangan pp
  5. Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Salem – Solo Balapan pp
  6. Jaka Tingkir relasi Pasar Senen – Wates – Lempuyangan – Klaten – Purwosari pp
  7. Jayakarta relasi Pasarsenen – Wates – Lempuyangan – Klaten – Purwosari – Sragen – Surabaya Gubeng pp
  8. Lodaya relasi Bandung – Wates – Yogyakarta – Klaten – Solo Balapan pp
  9. Majapahit relasi Pasarsenen – Solojebres – Sragen – Malang pp
  10. Manahan relasi Gambir – Yogyakarta – Klaten – Solo Balapan pp
  11. Sancaka relasi Yogyakarta – Solobalapan – Surabaya Gubeng pp
  12. Taksaka relasi Gambir – Yogyakarta pp

Tarif diskon ini tidak dapat digabungkan dengan tarif reduksi (kecuali reduksi infant), tarif khusus, atau diskon lainnya. Tiket dengan tarif diskon ini dapat dibatalkan atau diubah jadwal sesuai aturan yang berlaku.

 

Dengan promo ini KAI berharap agar dapat meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan selamat.

 

Tiket di masa Nataru ini masih cukup banyak tersedia, masyarakat dapat memesan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id dan serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya. KAI mengimbau agar masyarakat merencanakan liburannya sebaik mungkin.

 

 

Load More Related Articles
Load More By Dewangga Liem
Load More In Info KAI