Jelang Idul Fitri, PT KAI Daop 6 Siap Wujudkan Angkutan Lebaran Ceria dan Penuh Makna

5 min read
0
35

KAI Daop 6 Yogyakarta berkomitmen menghadirkan Angkutan Lebaran melalui kereta api yang menyenangkan, sehingga pelanggan memiliki kesan yang penuh makna. Hal ini sesuai dengan slogan yang telah diluncurkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk Angkutan Lebaran Tahun 2024 yakni “Mudik Ceria, Penuh Makna”.

Pemasangan Papan Nama KA Sancaka

Daop 6 terus meningkatkan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api untuk mudik dan balik. Di samping itu, kami juga mengintensifkan koordinasi dengan seluruh stakeholder jelang angkutan Lebaran 2024.

Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api pada periode Angkutan Lebaran ini, Daop 6 dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub telah melaksanakan Ramp Check atau Inspeksi kelengkapan Standar Pelayanan Minimum (SPM) baik sarana perkeretaapian maupun stasiun.

Sebelum terlaksananya Angkutan Lebaran, jajaran Komisaris dan Direksi KAI bersama dengan stakeholders juga melaksanakan kegiatan inspeksi bersama ke berbagai wilayah termasuk Daop 6 dengan menggunakan Kereta Api Inspeksi.

Cek Lintas

Selain itu, guna mengantisipasi gangguan perjalanan KA selama masa Angkutan Lebaran, seperti biasa Daop 6 menempatkan sarana posko seperti lokomotif posko, kereta pembangkit, dan crane pada titik yang ditentukan.

Daop 6 juga meningkatkan pengawasan terhadap faktor keselamatan di internal serta memastikan nilai-nilai keselamatan benar-benar dijalankan melalui beberapa program keselamatan seperti Safety Talk dari jajaran Manajemen kepada pekerja, inspeksi, walktrough, dan lain-lain.

Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan pada periode Angkutan Lebaran 2024, KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) untuk membantu dan memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan serta petugas kebersihan tambahan baik di stasiun dan atas kereta.

Agar semakin memberikan kesan momen Lebaran, KAI juga akan memberikan promo tiket, doorprize dan merchandise for kids, serta menghadirkan hiasan tematik Lebaran di stasiun dan kereta api.

Kami berharap, perjalanan kereta api pada periode angkutan Lebaran 2024 berjalan dengan selamat, aman, dan nyaman. Sehingga terwujud mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna.

Selanjutnya berdasarkan pantauan data pada Rabu (20/3) pkl 15.00 WIB, tiket KA Jarak Jauh keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta yang terjual pada periode H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) adalah sebanyak 194.510 tiket atau 53% dari total tiket yang disediakan sebanyak 368.024 tiket. Jumlah tiket yang terjual ini akan terus meningkat karena penjualan masih berlangsung.

Sementara itu puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-4 atau 6 April dengan penumpang turun di semua stasiun Daop 6 Yogyakarta sebanyak 14.564 penumpang. Sedangkan penjualan tiket arus balik pada H+2 atau 13 April, H+3 atau 14 April, dan H+4 atau 15 April telah mencapai 100%. Angka keberangkatan tertinggi dari semua stasiun Daop 6 adalah keberangkatan pada H+3 atau 14 April sebanyak 17.186 penumpang.

Bagi masyarakat yang masih berburu tiket KA untuk Lebaran dapat memanfaatkan promo reguler dan flash sale di program Ramadan Festive 2024.

Promo Reguler Ramadan Festive 2024 digelar pada Rabu (20 Maret) dan Kamis (21 Maret) untuk keberangkatan pada periode mudik dan balik Lebaran yakni 27 Maret s.d 11 April 2024 dan 13 s.d 26 April 2024. Pembelian tiket promo reguler dapat dilakukan di seluruh channel penjualan tiket resmi KAI (kecuali loket stasiun dan loket box).

Adapun untuk Promo Flash Sale hanya dapat dilakukan di aplikasi Access by KAI pada tanggal 21 Maret 2024 pukul 13.00 s.d 14.00 WIB.

Load More Related Articles
Load More By Dewangga Liem
Load More In Info KAI