Prambanan Jazz 2024: Satu Dekade yang Lebih Seru dan Terasa Festivalnya!

7 min read
0
9

GenPi Jogja — Prambanan Jazz Festival (PJF) 2024 terasa spesial. Betapa tidak, tahun ini PJF menginjak usia satu dekade atau 10 tahun. Ada berbagai suguhan selama tiga hari PJF di area Candi Prambanan, 5 hingga 7 Juli 2024. Tidak hanya soal lineup yang spesial, tapi juga konsep venue acara yang tahun ini lebih terasa festivalnya.

MOX00935

Prambanan Jazz dengan Konsep Festival yang Lebih Menarik

Minggu (7/7/2024) menjadi hari ketiga gelaran Prambanan Jazz 2024. Berbeda dari dua hari lainnya, hari ketiga ini tiket terjual habis hingga ludes sekitar 25 ribu tiket. Tak heran, jalan menuju venue padat merayap. Untung saja, penyelenggara telah menyiapkan kantong parkir yang lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Sore hari sekitar pukul 4 sore, penonton Prambanan Jazz mulai banyak yang datang. Banyak dari mereka mengenakan pakaian dengan konsep berkain, sebagaimana dikampanyekan oleh penyelenggara. Bukan tanpa alasan, konsep berkain ini diharapkan bisa mengenalkan sekaligus melestarikan wastra nusantara, khususnya pada generasi muda.

Sesaat setelah memasuki gerbang utama Prambanan Jazz 2024, kesan festival nan meriah sudah tergambar. Sebab, terdapat berbagai dekorasi yang estetik, warna-warni, dan konten-able alias sangat indah apabila dijadikan konten media sosial.

Keindahan dekorasi tahun ini, ikut diamini oleh CEO Rajawali Indonesia, Tovic Raharja dalam bincang-bincang santai bersama sejumlah rekan media di area media center. Tovic mengaku dekorasi Prambanan Jazz Festival 2024 menuai pujian.

Dekorasi estetik Prambanan Jazz 2024 ini tidak terlepas dari peran berbagai mitra yang lebih kreatif, sehingga terciptalah beberapa spot menarik baik untuk foto-foto, istirahat, maupun bercengkerama antar-penonton.

Kesuksesan konsep acara dan dekorasi Prambanan Jazz 2024 yang dipuji-puji, diakui Tovic mendatangkan ekspektasi lebih baik untuk tahun depan. Namun, itu tak akan menjadi masalah, tapi justru menjadi tantangan untuk menciptakan festival yang lebih spektakuler.

“Dekorasi (tahun ini) bikin ekspektasi tinggi. Memicu jadi lebih baik (untuk tahun berikutnya),” kata Tovic.

DSC08703

Kemeriahan dan Keseruan Penonton Prambanan Jazz 2024

Prambanan Jazz Festival 2024 yang digelar selama tiga hari, mendatangkan puluhan musisi. Mulai dari Tulus, Dewa 19, KLA Project, Sal Priadi, Yura Yunita, JKT48, dan masih banyak lagi. Walau ada lineup batal tampil, salah satunya Queen of The Opera, tapi tidak menyurutkan semangat penonton menghadiri Prambanan Jazz Festival 2024.

Pada hari pertama, JKT48 untuk pertama kalinya manggung di Prambanan Jazz. Meski tampil di bawah rintik hujan, tapi performa JKT48 tetaplah apik. Penampilan JKT48 berlatarkan Candi Prambanan menuai atensi positif, terlebih bagi para penggemarnya. Selain JKT48, tampil pula Yura Yunita dan sejumlah lineup lain yang tak kalah menghibur.

Hari kedua, giliran Sal Priadi yang membuat banyak penonton menangis dengan lagu bertajuk “Gala Bunga Matahari”. Meski bukan kali pertama, tapi Sal Priadi senang bisa tampil di Prambanan Jazz Festival. Hari kedua ditutup dengan meriah oleh Maliq & D’Essentials dengan berbagai lagu hits seperti “Pilihanku”, “Menari”, dan masih banyak lagi.

Terakhir, hari ketiga. Konon kata netizen, lineup hari ketiga ini sangat menarik. Sebab ada Kahitna, Tulus, GIGI, hingga Dewa19. Tulus menjadi salah satu lineup langganan Prambanan Jazz. Meski tiap tahunnya tampil, tapi animo penonton menyaksikan Tulus tidaklah surut.

Seperti biasanya, Tulus berhasil memikat penonton dengan lagu-lagu miliknya. Sampai-sampai, ratusan bahkan ribuan penonton yang hadir tersihir untuk ikut bersenandung di setiap penggalan lirik.

Bukan Tulus namanya jika tak membuat penonton baper. Di tengah penampilannya, Tulus sempat mengambil sejumlah bucket bunga dan menandatangani album penggemar. Ia bahkan menyempatkan waktu untuk turun panggung demi lebih dekat dengan penonton.

DSC09388

Penutup Prambanan Jazz 2024 tidak lain dan tidak bukan adalah Dewa 19 ft Virzha. Lagu “Perempuan Paling Cantik” menjadi pembuka penampilan band legendaris Indonesia itu.

Meski Dewa 19 baru tampil pukul 11 malam, tapi animo penonton untuk bernyanyi bersama tidak surut. Apalagi Dewa19 ft. Virzha menyanyikan sejumlah lagu lagu cinta hits mereka seperti Roman Picisan, Pupus, Risalah Hati, Kangen, hingga Separuh Nafas.

Prambanan Jazz Festival 2024 memang luar biasa. Di tahun kesepuluh ini, PJF menciptakan warna baru di berbagai aktivitas mulai dari kampanye berkain, kampanye sustainable living, hingga mendatangkan tenant yang lebih menarik dengan beragam dibandingkan tahun sebelumnya.

Early bird Prambanan Jazz 2025 telah dibuka. Kira-kira akan ada kejutan apa di Prambanan Jazz tahun berikutnya? Kita tunggu saja!

Load More Related Articles
Load More By Hernawan
Load More In Event