Prambanan Jazz Festival Ke-9 Hadirkan 9 Musisi Internasional

6 min read
0
17

Memasuki tahun ke-9, Prambanan Jazz Festival 2023 akan hadirkan 9 musisi internasional. Kesembilan musisi tersebut terbagi dalam 6 hari pementasan. Selain itu, Prambanan Jazz Festival 2023 yang bertajuk “Magical Experience” ini juga dimeriahkan oleh 60 musisi nasional. Menurut press conference Prambanan Jazz Festival 2023 yang berlangsung Rabu (21/12) sore di Prambanan Jazz Cafe, Sleman, Yogyakarta, gelaran kali ini spesial dan akan memberikan pengalaman berbeda bagi PJF Lovers.

Founder Prambanan Jazz Festival Anas Alimi dan Direktur Utama Rajawali Indonesia Tovic Raharja.

“Sembilan adalah angka tertinggi, sehingga kami ingin membuat event yang berbeda dari sebelumnya. Untuk pertama kalinya di Indonesia, sebuah festival musik akan berlangsung selama enam hari. Kita mengambil dua weekend dan bertepatan dengan bulan liburan. Kami memberikan pilihan kepada penonton untuk eksplor Jogja,” tutur Founder Prambanan Jazz Festival Anas Alimi.

Digelar pada pertengahan tahun 2023, Prambanan Jazz Festival akan berlangsung pada tanggal 7 – 9 Juli 2023 dan tanggal 14 – 16 Juli 2023. Rajawali Indonesia selaku promotor Prambanan Jazz Festival 2023 menangkap peluang music tourism di Yogyakarta. Penonton yang nantinya datang ke Yogyakarta, tak hanya menonton festival musik saja, tetapi bisa berlibur dengan mengunjungi berbagai objek wisata, berwisata kuliner, berburu oleh-oleh, dan menginap di hotel terbaik di Yogyakarta.

Sejumlah line up sudah diumumkan, di mana satu musisi mancanegara akan tampil setiap harinya. Kesembilan musisi tersebut diantaranya Gipsy Kings by Andre Reyes, musisi asal Perancis, peraih dua kali Grammy Award untuk Album Musik Dunia Terbaik dan BRIT Award Band Internasional Terbaik. Selanjutnya ada Bond, kuartet asal Inggris beraliran synth-pop yang berhasil menjual 5 juta album.

“Bisa dibayangkan mereka membawakan lagu Victory, backdrop-nya Candi Prambanan. Itu akan menjadi sesuatu yang megah. Kemudian ada Postmodern Jukebox, grup musik vintage-jazz asal New York, Amerika Serikat yang pertama kalinya tampil di Indonesia. Mereka musiknya Prambanan Jazz banget, lagu-lagu yang lagi hits, tapi diaransemen dengan vintage-jazz,” papar Anas Alimi.

Selain itu, akan hadir pula Lucky Chops, grup musik asal New York, Amerika Serikat, yang pertunjukkannya sold out. Lalu ada Ruth B, solois asal Kanada yang menduduki tangga lagu Spotify dan TikTok. Prambanan Jazz Festival 2023 juga pertama kalinya akan mendatangkan musisi dari Korea, yakni Gemini.

“Ada dua musisi yang belum kita umumkan. Ada musisi perempuan peraih Grammy yang pernah berduet dengan John Legend, dan satu musisi laki-laki yang akan kita umumkan di penjualan tiket fase kedua,” jelas Anas Alimi.

Enam puluh (60) musisi nasional akan memeriahkan 6 hari gelaran Prambanan Jazz 2023. Beberapa diantaranya akan menjadi headliner yang tampil pada minggu pertama dan minggu kedua, antara lain Dewa 19 dan Maliq & D’Essentials, serta Kahitna yang tampil selama 3 hari berturut-turut pada minggu pertama.

Prambanan Jazz Festival 2023 berkolaborasi dengan ilustrator Isa Indra Permana dan Batik Margaria.

Tiket Early Bird Prambanan Jazz Festival 2023 senilai Rp 500.000,- (belum termasuk pajak & biaya admin) dapat dibeli per 7 Desember 2022 hingga 25 Desember 2022 di kanal penjualan tiket Ser Morpheus. Tiket ini berbentuk Smart Ticket sehingga sudah terdaftar dengan jaringan web 3.

Bagi PJF Lovers yang mengutamakan kenyamanan, tersedia tiket Jazzmine senilai Rp 1.900.000,- dengan sederet fasilitas premium, antara lain valet parking, shuttle parking, goodie bag (exclusive Prambanan Jazz Festival 2023 merchandise yang berisi: produk Margaria Batik/Batik Enom, t-shirt Jazzmine, tote bag, lanyard, dan PJF starter kit), serta akses Magical Festival & Seating Area (akses paling depan di kelas festival, dan akses kursi tanpa seat number di kelas tribun). Keseluruhan benefit tersebut dapat didapatkan hanya di online maupun offline store Margaria Batik/Batik Enom mulai hari Senin, 26 Desember 2022 pukul 11.59 WIB dengan kuota tiket terbatas.

Tiket Prambanan Jazz Festival 2023 bisa juga didapatkan di kanal www.tiketapasaja.com dengan harga Presale 1 Rp 750.000,- ; Presale 2 Rp 1.000.000,- ; dan Regular Rp 1.250.000,- (belum termasuk pajak & biaya admin). Penjualan tiket ini akan dirilis pada awal 2023.

“Saya yakin dengan banyaknya musisi Internasional yang datang ke Jogja, akan berdampak baik disegala sektor mulai dari pariwisata, ekonomi, budaya dan dunia kreatif. Tentunya kami Prambanan Jazz Festival 2023 terbuka lebar untuk siapapun berkolaborasi bersama untuk Indonesia,” tutup Anas.


Load More Related Articles
Load More By Farras Hasna Taqiyya
Load More In Event