Konser Kamardikan 2023 Kobarkan Semangat Kemerdekaan

6 min read
0
32

Konser Kamardikan 2023 telah diselenggarakan pada hari Sabtu malam (26/08/2023) di Kagungan Dalem Bangsal Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Konser Kamardikan tahun ini bersamaan dengan ditutupnya Pameran Narawandira: Keraton, Alam, dan Kontinuitas yang telah berlangsung sejak bulan Maret 2023.

Konser ini diadakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 sekaligus menyambut Hari Keistimewaan DIY pada tanggal 31 Agustus 2023.

Konser ini dihadiri oleh tamu undangan dan masyarakat melalui reservasi terbatas. Digelar cukup mewah dengan karpet merah, kursi penonton, dan photowall, acara ini menarik perhatian masyarakat luas, baik turis lokal maupun warga setempat.

Baca juga: Pameran Narawandira 2023

Penutupan Pameran Narawandira

Pameran Narwandira: Keraton, Alam, dan Kontinuitas telah berlangsung sejak tanggal 5 Maret 2023 dan resmi ditutup pada tanggal 27 Agustus 2023.

Menurut data Kawedanan Radya Kartiyasa, Pameran Narawandira telah dikunjungi oleh sekitar 177.000 wisatawan domestik dan 26.000 wisatawan mancanegara.

“Berkaca pada falsafah Hamemayu Hayuning Bawana, berbagai langkah dalam menjaga keseimbangan alam terus dilakukan oleh Keraton. Penanaman pohon sepanjang kawasan sumbu filosofi, perawatan vegetasi di dalam tembok Keraton hingga pemanfaatannya dalam berbagai upacara adat,” tutur GKR Bendara saat menutup Pameran Narawandira: Keraton, Alam, dan Kontinuitas.

Konser Kamardikan 2023

Konser Kamardikan 2023 berkolaborasi dengan Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) dan Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa untuk membawakan 13 repertoar.

konser kamardikan
Yogyakarta Royal Orchestra dan Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa.

Konser Kamardikan 2023 dibuka dengan Gendhing Gati Mardika. Selanjutnya, Vocalista Harmonic Choir ISI Yogyakarta naik panggung dan menyanyikan “Api Kemerdekaan”, “Bambu Runcing”, dan “Dirgahayu Indonesiaku”. Semangat kemerdekaan dan haru biru atas gugurnya para pahlawan, mampu menguatkan nasionalisme penonton Konser Kamardikan 2023.

Para penonton berpakaian rapi dan datang bersama sanak kerabat untuk menyaksikan para penampil Konser Kamardikan 2023.

Selanjutnya giliran solois vokal Cakka Kawekas Nuraga naik panggung. Penghayatannya saat menyanyikan “Simfoni Raya Indonesia” seketika menghidupkan suasana Konser Kamardikan 2023.

Kemudian solois vokal Marcella Nursalim berduet dengan Cakka Kawekas Nuraga beserta Vocalista Harmonic Choir ISI Yogyakarta membawakan lagu “Rayuan Pulau Kelapa” dengan apik. Suasana syahdu langsung menyelimuti area Plataran Kamandhungan Lor di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Penampilan dilanjutkan dengan olah vokal oleh Marcella Nursalim dan solois cello Raden Dwityatama Darmasakti lewat lagu “Melati Suci”. Lagu ini diciptakan oleh Guruh Soekarnoputra sebagai persembahan bagi mendiang Ibu Tien Soeharto. Konon, lagu ini pernah ditayangkan setiap hari di TVRI tahun 1980, pada masa berkabung atas berpulangnya mendiang Ibu Tien Soeharto.

Setelah dibuat tersenyum takzim oleh “Melati Suci”, solois cello Raden Dwityatama Darmasakti memukau penonton saat memainkan aransemen lagu “Indonesia Pusaka”. Bersama Yogyakarta Royal Orchestra (YRO), Raden Dwityatama Darmasakti juga memainkan lagu “Lagon Semangat Juang 45”, “Api Revolusi”, dan “Tanah Tumpah Darahku”.

Penutupan Konser Kamardikan 2023

konser kamardikan
Para penampil Konser Kamardikan 2023.

Konser Kamardikan 2023 ditutup dengan lagu “Hari Merdeka”. Penonton diminta untuk berdiri dan bernyanyi bersama dengan iringan Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) dan Vocalista Harmonic Choir ISI Yogyakarta. Masih dalam semangat kemerdekaan, Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Hayu, KPH Notonegoro, dan GKR Bendara juga memberikan hand bouquet kepada para penampil.

Kesuksesan Konser Kamardikan 2023 tak lepas dari tangan dingin pengaransemen ML. Widyoyitnowaditro, pana gendhing MRy. Susilomadyo, dan konduktor RW. Widyogunomardowo.

Konser Kamardikan 2023 tak hanya dihadiri para tamu undangan dan masyarakat, tetapi juga khalayak yang menyaksikan siaran video melalui kanal YouTube Kraton Jogja.

Seusai acara, para penonton berhamburan menghampiri para penampil dan mengantre untuk berfoto di photowall Konser Kamardikan 2023 dengan gembira.

“Ini adalah bukti nyata, bahwa semangat sejarah terus berkobar, mengilhami generasi-generasi baru untuk tampil sebagai pelaku utama, dalam menjaga dan meneruskan warisan kebangsaan,” pungkas Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Load More Related Articles
Load More By Farras Hasna Taqiyya
Load More In News