Wisata Puri Mataram, Piknik Hemat Bagi Keluarga Muda

6 min read
0
137

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu tempat di mana terdapat begitu banyak destinasi wisata bagi para wisatawan. Salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk berburu spot foto di Jogja adalah Puri Mataram.

Area wisata yang memiliki luas kurang lebih sekitar 4,7 hektar ini, dulunya hamparan sawah. Kini, hamparan sawah tersebut diubah menjadi destinasi wisata baru di daerah Sleman. Puri Mataram berjarak kurang lebih 8 KM dari pusat kota DIY, mulai dibuka pada bulan Agustus 2018.

Meski tergolong tempat wisata baru, nyatanya Puri Mataram mampu menyedot perhatian ratusan hingga ribuan wisatawan untuk menyambangi tempat tersebut. “Kunjungan wisatawan untuk hari biasa bisa mencapai 500-600an pengunjung, sedangkan untuk hari minggu atau hari libur bisa mencapai 2.000-3.000 pengunjung”, tutur Pak Angga manajer di Puri Mataram.

Tempat wisata keluarga yang mengusung konsep budaya kerajaan Mataram ini menyuguhkan suasana yang cukup tradisional. Puri Mataram terletak di dusun Drono, kelurahan Tridadi, kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DIY. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Puri Mataram lokasinya cukup mudah ditemukan karena terletak di sebelah timur Kampung Flory.

Baca juga: Mau Bermain ke Dunia Bajak Laut? Ayo Ke Jogja Bay!

Spot Foto di Puri Mataram Sleman
Spot Foto di Puri Mataram Sleman

Mari kita simak satu per satu spot instagramable di Puri Mataram.

1. Taman Bunga Puri Mataram

Memasuki taman bunga Puri Mataram, pengunjung akan melalui gapura dan berjalan melalui jembatan yang semuanya terbuat dari bambu. Melangkah di jembatan, pengunjung akan disambut hamparan hijau indah taman bunga yang berwarna-warni. Selain indahnya bunga, di taman ini ada 20 spot foto yang instagramable. Bisa dibayangkan bagaimana menariknya taman bunga di Puri Mataram, kan?

Sampai saat ini taman bunga menjadi tempat paling favorit dan tujuan utama mengunjungi Puri Mataram. Begitu luasnya, hingga kamu tidak perlu khawatir. Kamu bakal tetap dapat foto yang kece meski hari sedang ramai.

Taman bunga Puri Mataram, tiga bulan sekali selalu dirombak dan bunga-bunga dipelihara dengan baik. Spot foto juga diperbaharui menjaga antusias pengunjung untuk selalu datang.

Spot Foto di Puri Mataram Sleman
Spot Foto di Puri Mataram Sleman

2. Becak Air Puri Mataram

Ketika memasuki area Puri Mataram kita akan disambut dengan embung. Ketika dilihat dari area parkir tidak terlalu luas seperti embung-embung kebanyakan. Namun ketika menikmati wahana becak air terasa sekali embung tersebut cukup luas.

Setiap pengunjung diberi kesempatan 15 menit. Pengalaman saya ternyata waktu 15 menit cukup lama. Sedikit capek, namun terobati ketika menikmati ribuan ikan lalu lalang mengikuti perjalanan kita. Sedikit tips nih sobat, kayuhnya pelan-pelan dan sesantai mungkin supaya tidak cepat kelelahan.

Becak air ini termasuk cukup digemari setelah taman bunga. Harap bersabar mengantri karena becak air yang beroperasi, sementara baru berjumlah 5.

Wahana Becak Air di Puri Mataram Sleman
Wahana Becak Air di Puri Mataram Sleman

3. Kolam ikan

Masih satu lokasi dengan wahana becak air, ada pulau kecil yang dipagari pagar besi. Ketika berjalan mendekat ternyata di dalamnya hidup ribuan ikan. Juga disediakan pelet yang bisa kita beli jika ingin memberi makan ikan-ikan tersebut.

Embung ini mempunyai kedalaman 2 meter. Pastikan kalau mengajak anak-anak, selalu mengawasi aktivitasnya. Untuk anak disediakan sedikit spot yang cukup dangkal dan berpagar untuk bermain air sembari memberi makan ikan. Selalu jaga anak-anak agar tidak terpeleset.

4. Taman Kelinci

Puri Mataram juga menyediakan tempat edukasi untuk anak yaitu taman kelinci. Di sini anak-anak bebas bermain di area yang sudah ada. Tempatnya hijau landai dan tidak banyak gundukan tanah. Cukup aman untuk anak-anak bermain di area tersebut. Ada beberapa jenis kelinci yang ada di taman kelinci dan berwarna-berwarni sehingga menarik perhatian anak-anak.

Taman Kelinci di Puri Mataram Sleman
Taman Kelinci di Puri Mataram Sleman

5. Argo Buah Flory

Selain tempat rekreasi ada juga zona edukasi tanaman buah. Ada beberapa zona tanaman buah di Puri Mataram di antaranya alpukat, jambu air, jeruk, kelengkeng, belimbing dan sawo.

Bagaimana sudah tertarik untuk datang ke Puri Mataram? Agendakan berlibur untuk mendapatkan foto yang instagramable.

Baca juga artikel menarik lainnya Bayu Wicaksono.

Load More Related Articles
Load More By Bayu
Load More In Destinasi Wisata