Weekend Berkesenian di Raminten Kaliurang

7 min read
0
57

genpijogja.com – Sudah pernahkah kamu singgah ke The Waroeng of Raminten Kaliurang?

Salah satu cabang The House of Raminten ini berada di jalan Kaliurang Km.15,5 Kledokan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman. Warung ini buka dari pukul 09.00 hingga 24.00 WIB. Jika kamu dari arah kota Yogyakarta, warung ini berada di sebelah kiri atau barat jalan.

Parkirannya luas, terdapat beberapa gerai, mulai dari restoran, kedai kopi, kedai jamu dan toko batik. Restoran milik Raminten cabang jalan Kaliurang ini biasa disebut sebagai Kawasan Raminten Berbudaya atau The Waroeng of Raminten Kaliurang.

Baca juga: The Waroeng of Raminten, Perkuat Budaya Lewat Drama Tari Panen Raya
Raminten Kaliurang, One Stop Shopping Yang Kental Budaya
Raminten Kaliurang, One Stop Shopping Yang Kental Budaya

Malam minggu kemarin saya berkesempatan untuk menyaksikan sendratari Bersih Desa. Atraksi ini sudah berjalan sekitar setahun. Sendratari dipentaskan setiap weekend (Jumat malam dan Sabtu malam). Marketing The Waroeng of Raminten Kaliurang Ofar mengatakan bahwa setiap pementasan di-rolling dengan tema yang berbeda.

“Hari Jumat misalnya sendratari Bersih Desa dengan opening Tari Angguk Raminten, maka hari Sabtunya sendratari Panen Raya dengan opening Tari Jamu Gendong Raminten”, ungkap Aufar.

Pertunjukan juga ditampilkan dua kali dalam semalam, yaitu pukul 19.00 dan 21.00 WIB agar semua penonton yang datang dapat menikmatinya. Sendratari Bersih Desa dipentaskan sekitar 30 orang karyawan Raminten yang tergabung dalam paguyuban seni Moendhi Dharma.

“Setiap karyawan mendapat jadwal pertunjukan sendiri sesuai dengan shift masuknya. Jadi, dari 30 karyawan yang pentas itu tidak hanya dari satu divisi saja, namun berkolaborasi dengan divisi lain”, jelas Aufar.

Baca juga: Raminten Kaliurang, One Stop Shopping Yang Kental Budaya

DSCF0138

Pertunjukan sendratari Bersih Desa sendiri menceritakan kegiatan bersih desa yang merupakan upacara adat Jawa. Upacara ini sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME atas limpahan hasil bumi yang didapatkan.

Pukul 19.00 WIB pertunjukan sendratari Bersih Desa dibuka oleh tari Gembira dari Sanggar Bundaku. Oiya, setiap hari Sabtu opening acara diisi oleh sanggar seni dari luar Raminten Group. Ini menjadikan Raminten sebagai wadah berekspresi bagi para seniman lain di luar Raminten Group.

Sendratari Bersih Desa yang dikoreograferi oleh Anter Asmaratedjo ini dimulai dengan penari yang membawa sapu dan berlakon seolah-olah sedang membersihkan pekarangan. Kemudian tari jathilan meramaikan panggung, berlanjut tari api yang cukup menghebohkan. Puncaknya, semua penari mengusung gunungan sebagai simbol syukur atas upacara Bersih Desa yang berlangsung lancar. Acara sendratari Bersih Desa ditutup flashmob bersama para pengunjung. Durasi pertunjukan sendratari Bersih Desa sekitar 30 menit.

Salah seorang karyawati yang menari mengaku senang dapat ikut serta pentas dalam kegiatan ini. Kebanyakan karyawan yang menari juga tidak ada latihan khusus kecuali ada karyawan yang baru masuk sanggar. “Senang, Mbak. Dapat menghibur pengunjung dan nguri-uri budaya Jawa”, ujar Wulan.

Ofar menjelaskan, kegiatan ini dikarenakan Raminten Group berprinsip aksi, atraksi dan edukasi berbudaya. The Waroeng of Raminten Kaliurang ingin mengedukasi budaya kepada para pengunjungnya. Membranding wisata belanja dan kuliner di area Kaliurang menggunakan sumber daya sendiri yaitu para karyawannya.

“Para karyawan ini mempunyai jadwal sendiri untuk pementasan. Biasanya mereka mendapat jatah masuk shift pagi”, lanjut Aufar.

Baca juga: Panen Raya Setiap Akhir Pekan di Raminten

Jika weekend ini kamu sedang liburan di Jogja atau mungkin belum tahu ingin menghabiskan malam di mana, kalian bisa berkunjung ke The Waroeng of Raminten Kaliurang. Selain pertunjukan sendratari setiap Jumat dan Sabtu, The Waroeng of Raminten Kaliurang setiap bulannya juga mengadakan kegiatan Jumat Kliwon yang diadakan 35 hari sekali (selapanan).

Kegiatan Jumat Kliwon di The Waroeng of Raminten Kaliurang dimulai pukul 10.00 WIB. Ada bazar UMKM, panggung kesenian, flashmob, ogoh-ogoh Hanoman dan masih banyak lagi. Setiap Senin malam juga ada live music Keroncong yang ditampilkan untuk menghibur pengunjung The Waroeng of Raminten Kaliurang.

Suasanan panggung pementasan The Waroeng of Raminten Kaliurang sangat menarik. Awal masuk hanya semacam restoran biasa. Namun, setelah menuruni setiap lantai kita akan disambut dengan area luas khas bangunan limasan di kanan kiri.

Di tengah-tengah bangunan The Waroeng of Raminten Kaliurang disediakan panggung pertunjukkan. Di depan panggung terdapat kolam dengan jembatan di tengahnya. Sungguh syahdu menyatu dengan penataan lampu dan gemericik suara air kolam. Penonton dapat menikmati tiap pertunjukkan di pinggir panggung dan kolam sembari menyantap hidangan khas The Waroeng of Raminten Kaliurang.

Baca juga artikel tentang Raminten atau tulisan menarik lainnya Sany Maya.
Load More Related Articles
Load More By Sany Maya
Load More In Event