Warunge Sambi dan Lor Sambi Recreation Park, Tawarkan Makanan Enak dan Petualangan Seru

6 min read
0
9

genpijogja.com – Desa Wisata Sambi mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian pecinta wisata area Jalan Kaliurang. Desa wisata ini sering menjadi wahana yang disewa untuk rombongan anak-anak TK, keluarga, pekerja kantor dan lainnya. Para rombongan ini menikmati berbagai aktivitas seperti outbound, camping, menginap, mengadakan acara dan lain-lain.  Desa Wisata Sambi terletak di jalan Kaliurang berjarak sekitar 19.2 km padukuhan Sambi, Pakembinangun Kecematan Pakem, Sleman, Yogyakarta.

WhatsApp Image 2019-11-28 at 9.43.21 AM

Namun ada satu warung makan di area Desa Wisata Sambi yang jadi langganan penulis ketika menjelajahi jalan Kaliurang. Warungnya memang nyelempit alias bukan dipinggir jalan, masih harus masuk tapi mudah dijangkau bahkan dengan kendaraan roda empat sekalipun, Warunge Sambi namanya.  Untuk menemukan Warunge Sambi ini mudah sekali, karena ketika sudah memasuki kawasan Desa Wisata Sambi akan ada papan petunjuk menuju warunge Sambi.

Warunge Sambi didesain menggunakan konsep menyatu dengan alam, jadi buat kalian yang ingin menikmati makanan dengan nuansa pedesaan diiringi semilir angina maka warung makan ini cocok sekali. Terlebih menu-menu yang ditawarkan merupakan makanan nusantara yang menggugah selera. Cocoklah sama suasana warungnya. Di hari yang cerah kita bisa melihat keagungan gunung Merapi dari gardu panang yang tidak jauh dari Warunge Sambi.

WhatsApp Image 2019-11-28 at 11.23.37 AM

Warunge Sambi mulai beroperasi sejak tahun 2015. Tidak jauh dari Warunge Sambi ada Lor Sambi Recreational Park, yang satu manajemen dengan Warunge Sambi. Lor Sambi menawarkan banyak wahana petualangan seperti canoing hingga flying fox. Selain itu ada sungai yang bersih, pemandangan yang hijau dan juga kegiatan outbound hingga camping. Bahkan menawarkan glamping bagi yang ingin merasakan camping dengan suasana lebih glamour.

Kedatangan kami kali ini ke Warunge Sambi karena kangen dengan makanannya yang selalu segar dan pas di lidah. Kami memesan beberapa menu ikan-ikanan, seperti Gurame Bumbu sate, Gurame Asam Manis, dan Udang Bakar. Kebetulan menu ikan adalah favorit kami, apalagi jika dinikmati dengan sambal dan nasi hangat, mantap!

Harga yang ditawarkan di Warunge Sambi ini juga standart. Harga minuman antara lima ribu rupiah hingga dua puluh ribu, sedangkan harga untuk makanannya paling murah dua belas ribu hingga yang paling mahal adalah tujuh puluh ribu. Warunge samba buka dari jam sepuluh pagi hingga jam lima sore, kecuali jika di-booking untuk acara, maka jam buka mengikuti acara. Tak jarang Warunge Sambi buka sampai malam karena tempatnya disewa untuk dinner maupun sebagai tempat acara hingga malam.

WhatsApp Image 2019-11-28 at 9.43.23 AM

 

Kebetulan saat kami datang, bersamaan dengan adanya acara outbond rombongan sekolah dan mereka sedang menikmati makan siang dengan menu liwetan diiringi alunan musik yang sedang trend saat ini dari speaker yang terletak di panggung. Seru juga melihatnya, mungkin nanti kami akan datang kembali ke sini beramai-ramai dan menikmati menu liwetan bersama teman-teman atau keluarga.

WhatsApp Image 2019-11-28 at 9.43.22 AM

Di Warunge Sambi juga terdapat panggung, jadi buat instansi, komunitas atau rombongan yang ingin mengadakan acara sambil berpetualang bisa juga menyewa Warunge Sambi. Kapasitas Warunge Sambi ini bisa menampung hingga 200 orang.  Jika jumlah rombongan banyak, jangan khawatir bisa menikmati makan di Lor Sambi dan makanan akan diantar ke lokasi.

Setelah menikmati makan siang, kami berjalan turun melalui jalan setapak ke area Lor Sambi Recreational Park. Tujuan pertama kami adalah bermain air di sungai yang airnya mengalir jernih. Ketika sampai di tujuan terlihat ada beberapa anak-anak kecil sedang bermain di sungai. Menyenangkan sekali melihat ekspresi anak-anak yang bahagia berinteraksi dengan alam, such a mood booster.

WhatsApp Image 2019-11-28 at 11.23.36 AM

Jika kalian ingin menikmati sensasi kulineran yang berbeda dan butuh tempat yang tenang untuk melepaskan penat karena rutinitas, maka Warunge Sambi bisa dijadikan alternatif. Kuylah, masa nggak kuy!

Load More Related Articles
Load More By Nurya Auris
Load More In Kuliner