Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) Sajikan Kuliner Nusantara Pilihan

7 min read
0
152

genpijogja.com – Hidup di Jogja menjadi hal yang banyak orang nantikan. Sebagai kota yang masuk daftar sebagai kota paling nyaman di Indonesia, siapa saja bercita-cita menghabiskan hari tua di Jogja.

Meski begitu, untuk urusan lidah tidak semua orang cocok dengan cita rasa khas Jogja yang identik dengan rasa manis. Hal ini membuat sebagian besar orang yang hidup di Jogja merindukan masakan daerah masing-masing.

IMG_3911

WKBay atau akronim dari Warung Kebun Bambu Yogyakarta menjadi solusi bagi perantau atau pun wisatawan yang ingin menikmati kuliner khas daerah asal mereka, tapi tak perlu pergi dari Jogja.

Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) berlokasi di jalan Karangsari, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. WKBay bersebelahan dengan tempat rekreasi air yaitu Jogja Bay. Buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB setiap hari.

Melangsungkan Grand Opening pada Sabtu, 19 Oktober 2019, Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) menghadirkan Tim CoE Kementerian Pariwisata RI Tazbir SH, M. Hum yang melakukan penandatanganan simbolis peresmian Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay).

“Kita senang, bahwa ini menunjukan bahwa bisnis pariwisata itu bertumbuh dengan baik. Ada optimisme di sini”, ujar Tazbir membuka Warung Kebun Bambu Yogykarta (WKBay).

Menurut Tazbir, bambu sangat mungkin di branding, apapun bambunya. Saat ini sedang gencar mengkampanyekan no plastic sehingga bambu hadir menjadi salah satu solusi.

Betty Ariyani Carolina selaku pemilik Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) mengatakan cita rasa yang ada di WKBay harus sama dengan taste di daerah aslinya. Sehingga orang yang ingin menikmati kuliner khas daerah asalnya, cukup datang ke Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) saja.

Warung Kebun Bambu Yogyakarta Sajikan Kuliner Nusantara Pilihan
Warung Kebun Bambu Yogyakarta Sajikan Kuliner Nusantara Pilihan

Ada 9 (sembilan) tenan di Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) yang sudah siap menyajikan menu-menunya. Seleksi yang ketat untuk bisa masuk di Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) membuat setiap tenan saling berproses memberikan menu terbaiknya.

Dapur Betawi milik Bang Nugroho dan Mpok Intan menyediakan menu khas Betawi yaitu soto betawi, nasi uduk, ketoprak dan bir pletok. Ada juga Bakmi Djowo Mbah Kenthus diwakili oleh Mas Usman (generasi ketiga dari Mbah Kenthus) menyajikan bakmi goreng, bakmi godog, nasi goreng, capcay. Menu variasi lainnya adalah bakmi/ nasi goreng kepiting, bakmi/ nasi goreng udang rica, bakmi/nasi goreng cumi hitam dan bakmi/ nasi goreng rendang.

Selanjutnya ada Dapur Kepiting milik Daeng Sandi dari Sulawesi Selatan memeriahkan Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) dengan olahan kepiting. Walau pun bukan asli dari Sulawesi Selatan tetapi Daeng Sandi ahli dalam memasak kepiting. Menu di Dapur Kepiting yaitu udang rica-rica, kepiting asam manis, kepiting lada hitam, dan ikan laut bakar sambal dabu-dabu.

Yamie Bakso dan Siomay Ala JH dari Koh Jihan menyajikan menu andalan ayam jamur, ayam geprek, bakso, siomay ayam, siomay lengkap dengan kol, tahu dan pare. Fyi, mie buatan Yamie Bakso dan Siomay Ala JH tidak menggunakan bahan pengawet.

Makci Icha menyediakan menu khas Papua dengan menu khas timur Indonesia seperti ikan rica-rica dan papeda yang didatangkan langsung dari Papua. Lalu, menu kekinian dari tenan Mr Budi dan Miss Ling-ling adalah pisang Thailand, udang katsu, salad buah dan es teler. Menjadi pilihan yang unik saat berkunjung di Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay).

Dapoer Koena milik Mak Lin membuat minuman seperti wedhang jangkruk, wedhang uwuh, wedhang secang serta aneka susu segar yang akan menghangatkan suasana. Berikutnya ada Dapur Peranak Dua Nyonya dengan menu andalan empal crispy, galatin, ayam lengkuas dan tongseng sapi.

Terakhir, tenan dari Warung Bali Sambel Matah dengan masakan spesial yaitu sambal matah khas Bali dengan aneka lauk empal, ayam, sosis dan kornet.

WhatsApp Image 2019-10-21 at 16.52.58

Mulai bulan September akan ada Angkringan dan Moro Kopi yang bisa dinikmati oleh anak-anak muda jika berkunjung di Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay).

Untuk tempat makan Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) terbagi menjadi beberapa bagian yang memanjang ke dalam. Masuk ke Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) akan terlihat jejeran 9 tenan, kemudian masuk ke lorong berhiaskan lampu. Konsep outdoor yang menyediakan barybag dengan satu pendopo kecil dan satu pendopo besar menjadi pilihan yang bervariasi.

Akhir pekan ini Anda butuh referensi tempat nongkrong baru? Warung Kebun Bambu Yogyakarta (WKBay) bisa menjadi pilihan menarik buat Anda dan keluarga.

Baca juga artikel terkait WKBay atau tulisan menarik lainnya Monyoku.
Load More Related Articles
Load More By monyoku
Load More In Event