Warga Borobudur Bangga Rio Febrian Tampil di Balkonjazz Festival 2019

6 min read
0
38

genpijogja.com – Semalam ada yang berbeda di Balkonjazz Festival 2019, jika biasanya warga berkumpul karena ingin menonton artis dari ibukota, kali ini warga sengaja datang ingin menonton artis lokal. Siapa lagi artis yang dimaksud jika bukan Rio Febrian.

Baca juga: Gratis, Balkonjazz Festival 2019 Siap Hadir di Borobudur!
Warga Borobudur Bangga Rio Febrian Tampil di Balkonjazz Festival 2019
Warga Borobudur Bangga Rio Febrian Tampil di Balkonjazz Festival 2019 | Fotografer Zakaria Saputra

“Rio Febrian itu orang sini, kak”, ujar Cemplon, warga sekitar Borobudur yang bekerja sebagai tour leader. “Rio sudah beberapa tahun ini membeli rumah di sekitar Borobudur. Dia dan keluarganya sering wira-wiri tinggal di sini”, tambahnya penuh kebanggaan kepada Genpi Jogja, Sabtu (14/9) di pasar Balkon Tuksongo, Magelang, Jawa Tengah.

Ucapan ini dibenarkan oleh Fitri, pedagang yang semalam berjualan di salah satu lapak Pasar Balkon Tuksongo. “Saya sengaja membereskan dagangan lebih awal. Mau nonton mas Rio nyanyi”, sahut Fitri. “Kan jarang-jarang ada event gratis yang bintang tamunya mas Rio Febrian”.

Seperti diketahui Rio Febrian sejak tahun 2016 pindah dari Jakarta dan mulai tinggal di Jogja. Rio dan sahabatnya dari Italia membangun bisnis penginapan eksklusif bernama Borobudur Hills di sekitar candi Borobudur, Kabupaten Magelang.

Baca juga: Balkonjazz 2019: Festival Musik di Negeri Tembakau
Warga Borobudur Bangga Rio Febrian Tampil di Balkonjazz Festival 2019
Warga Borobudur Bangga Rio Febrian Tampil di Balkonjazz Festival 2019

Penginapan Borobudur Hills milik Rio Febrian terkenal karena memiliki view gunung yang sangat indah. Ini karena lokasi penginapan di antara empat gunung: Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi. Di sisi kiri Borobudur Hills terdapat Gereja Ayam dan sisi kanannya adalah Hotel Aman Jiwo, hotel mewah dan sangat ternama.

Alasan ini yang membuat warga sekitar candi merasa bahwa Rio Febrian merupakan warga lokal Borobudur juga. Itu sebabnya, antusiasme warga sekitar balkondes Tuksongo begitu tinggi ingin melihat Rio Febrian tampil di atas panggung.

Rio Febrian yang tampil mengenakan blangkon menyapa ramah penonton Balkonjazz Festival 2019. “Apa kabar semua? Ada yang lagi jomblo malam ini? Malam minggu pada bawa pacar atau selingkuhan?”, ujar Rio.

Memulai penampilan di panggung Balkonjazz Festival 2019 dengan lagu berjudul Tiada Kata Berpisah, Rio mengajak penonton ikut bernyanyi dengannya.

Baca juga: Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung 
Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung
Warga Borobudur Bangga Rio Febrian Tampil di Balkonjazz Festival 2019 | Fotografer Zakaria Saputra

Penyanyi 38 tahun ini membawakan beberapa lagu hitsnya seperti Jenuh, Bukan Untukku, lagu lawas milik Farid Hardja berjudul Ini Rindu, Kau Datang, Dahulu milik The Groove, juga Kesempurnaan Cinta milik Rizky Febian dinyanyikan oleh Rio dengan aransemen yang berbeda dari lagu aslinya.

Di akhir penampilan, Rio membuat ribuan penggemarnya di Balkonjazz Festival 2019 baper saat menyanyikan lagu Aku Bertahan. Apalagi, tadi malam langit di atas Balkondes Tuksongo berhias purnama. Penampilan apik dari Rio dan pilihan lagu-lagunya yang syahdu membuat ribuan penonton larut terbawa suasana.

“Ga nyangka nonton festival bakal sesenang ini”, ungkap Fitri yang rela menutup lapaknya di pasar Balkon lebih awal agar bisa menonton Rio Febrian. “Seneng rasanya bisa nyanyi bareng Rio”.

Di tengah aksi panggungnya, Rio mengajak para penonton untuk berfoto bersama. Ajakan Rio langsung disambut oleh penonton yang bergaya di depan handphone miliknya.

Baca juga: Kemeriahan Pasar Balkon Tuksongo di Balkonjazz Festival 2019
Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung
Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung

Balkondes Tuksongo dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan BalkonJazz Festival 2019 di antara 20 Balkondes yang tersebar di beberapa titik di sekitar Candi Borobudur.

Balkondes sendiri adalah salah satu program prestisius dari Kementrian BUMN, yang dibangun dengan tujuan untuk menumbuhkan perekonomian pedesaan melalui sektor pariwisata, yaitu melalui didirikannya balai ekonomi dan homestay yang dikelola secara langsung oleh masyarakat yang berada di sekitaran kawasan Candi Borobudur.

BalkonJazz Festival 2019 juga menampilkan pasar Balkon Tuksongo. Pasar ini menjadi media transaksi ekonomi & promosi bagi masyarakat lokal secara langsung untuk mengenalkan potensi ekonomi lokal di seputar area Balkondes.

Baca juga artikel terkait Balkonjazz Festival atau tulisan menarik lainnya pacarkecilku.
Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Event