Walking Tour Buka Rangkaian Rakornas Genpi

5 min read
0
17

Rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dimulai sejak Jumat (04/11) sore. Rangkaian kegiatan Rakornas akan berlangsung selama tiga hari sejak Jumat (04/11) hingga Minggu (06/11) di berbagai tempat di Kota Surakarta.

Rakornas GenPI 2022



Mengusung tema Keris yang merupakan akronim dari Kreatif Sinergis, Rakornas GenPI dihadiri oleh perwakilan GenPI berbagai daerah di Indonesia. Rangkaian Rakornas GenPI ini dimulai dengan acara walking tour Kota Solo. Kegiatan ini dimulai sebagai welcome tour kepada puluhan anggota GenPI dari berbagai daerah yang telah hadir di Kota Solo. Walking Tour dimulai di halaman parkir Hotel Novotel Surakarta. Acara ini dipilih oleh panitia agar keindahan kota Solo dapat dinikmati dengan santai oleh berbagai peserta tur dengan berjalan kaki.

Acara Ghera Nugraha selaku Ketua Pelaksana dalam Rakornas GenPI, acara ini sengaja dipilih dengan konsep jalan kaki untuk mengenalkan kota solo lebih dekat melalui gang-gang kecil yang memperlihatkan semangat dan kearifan lokal dari masyarakat solo yang juga sejalan dengan tagline kota Solo sebagai The Spirit of Java.

“Ini merupakan sebuah konsep yang sengaja diberikan bagi kawan-kawan GenPI yang hadir pada Rakornas ini. Selain ingin memberikan konsep yang berbeda, karena kami percaya bahwakeindahan dari Kota Solo ini harus dinikmati dengan santai dan salah satunya adalah melalui Walking Tour ini. Karena di jalan-jalan dan gang-gang yang akan dilewati inilah kawan-kawan dapat menemukan makna dari kata Solo The Spirit of Java”, ungkap Ghera.

Walking Tour Rakornas GenPI

Tur jalan kaki ini melewai beberapa titik seperti menikmati sisi historis mural di jalan Ngarsopuro, belajar sejarah Puro Mangkunegaran melewati Pasar Triwindu hingga kembali lagi ke titik awal. Tak hanya menikmati sejarah klasik solo. Para peserta juga diajak melewai Koridor Gatot Subroto atau yang dikenal dengan sebutan Gatsu dan mengunjungi Kampung Batik Kauman. Disini para peserta tur melihat proses dan kegiatan pengarajin yang terus difasilitasi oleh pemerintah kota Solo yang selalu berupaya untuk menjaga warisan budaya. 

Tak hanya berjalan-jalan, peserta tur juga diminta untuk mendokumentasikan aktivitas mereka selama tur baik melalui foto maupun video. Acara ini disponsori oleh OPPO dan Badan Otorita Borobudur yang juga menyediakan hadiah bagi para peserta yang membagikan keseruan dan momennya di media sosial. Panitia dan sponsor menyiapkan berbagai hadiah seperti Smartwatch hingga Smartphone bagi para peserta. 

Walking tour yang berlangsung selama tiga jam ini diakhiri dengan mengunjungi Kampung Wisata Baluwati, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan ditutup dengan menikmati kuliner khas Solo di Pusat Kuliner Kota Solo Gladak Langen Bogan (Galabo). 

Walking Tour Rakornas

Vander salah satu peserta tour memaparkan sangat senang bisa ikut walking tour ini. Ia tak hanya melihat berbagai hal menarik mulai dari sudut perkotaan namun juga melihat budaya yang ada di masyarakat lebih dekat. 

Worth-it banget bisa ikut walking tour ini. Banyak banget spot menarik selama walking tour kota Solo ini. Salah satu spot paling berkesan ada di Kampung Wisata Baluwati. Disana ada satu pintu kecil yang kami lewati, menariknya pintu ini bukan pintu resmi yang digunakan sebagai jalan masuk ataupun keluar. Pintu ini dulunya dijebol saat banjir sebagai jalan air,” tutur Vander. 

Walking Tour Genpi

Dalam rangkaian Rakornas GenPI 2022 tak hanya acara walking tour, masih ada berbagai rangkaian acara lainnya seperti Leaders Talks, Workshop Narasi dan Workshop Visual, Gala Dinner dan rapat koordinasi sebagai acara utama. Acara Rakornas GenPI ini akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno pada Sabtu (05/11).

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In Community