Waduk Sermo dan Cerita Masa Lalu

7 min read
0
327

Mengetahui cerita di balik indahnya sebuah destinasi wisata merupakan bonus yang jarang sekali bisa di dapat. Meskipun sebenarnya hal itu juga merupakan sesuatu yang menyenangkan untuk diulik.

Kebanyakan pengunjung hanya mengetahui hal apa yang indah dari tempat – tempat tersebut, bahkan tak jarang ada yang acuh dan tidak peduli dengan latar belakang serta usaha untuk membangun sebuah destinasi wisata yang indah.

Sebut saja obyek wisata Waduk Sermo yang ada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Menjadi satu-satunya waduk yang ada di Jogja, menjadikan Waduk Sermo ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Hanya dengan membayar tiket masuk Rp 5.000 untuk satu orang, kalian bisa menikmati fasilitas dan pemandangan yang ada di Waduk Sermo. Saat musim penghujan datang, deretan spot foto dengan background air waduk menjadi salah satu bagian favorit para pemburu foto sunset serta sunrise yang instagramable.

Sunset di Waduk Sermo
Sunset di Waduk Sermo

Jika ingin menikmati luasnya Waduk Sermo tersedia perahu wisata yang siap mengantar berkeliling. Cukup membayar Rp 10.000,- per orang, kalian akan diajak untuk mengelilingi area Waduk Sermo yang luas. Tentunya hal ini bakal jadi pengalaman yang menarik bagi wisatawan yang belum pernah berkunjung ke Waduk Sermo.

Rute untuk mencapai Waduk Sermo pun cukup mudah, baik dengan kendaraan roda 2 (dua) maupun 4 (empat). Jika kalian datang dari arah Kota Yogyakarta, cukup melajukan kendaraan ke arah barat hingga menemukan pusat Kota Wates atau Alun-Alun.

Dari Alun-Alun Kota Wates, kalian tinggal berjalan ke barat mengikuti papan petunjuk yang tersedia, hanya sekitar 6 km dan dapat di tempuh dengan waktu 15 – 20 menit saja. Pastikan kendaraan kalian dalam kondisi baik karena jalan menuju Waduk Sermo sedikit menanjak.

Waduk Sermo memiliki luas sekitar 154 hektare, membuat area ini menyajikan pemandangan yang memuaskan. Dengan daya tampung air hingga 21,9 juta meter kubik membuat Waduk Sermo menjadikan waduk ini sebagai sumber pengairan bagi sawah-sawah yang berada di sekitarnya. Selain untuk pengairan, air dari Waduk Sermo juga dimanfaatkan sebagai sarana air bersih yang dikelola oleh PDAM Kabupaten Kulon Progo.

Waduk Sermo
Waduk Sermo

Selain ragam spot foto, di sekeliling Waduk Sermo juga dijadikan tempat memancing. Lokasi yang luas serta ikan yang beragam membuat para pemancing berdatangan untuk menyalurkan hobinya. Tak jarang, kita bisa menjumpai pemancing yang berasal dari luar daerah maupun luar Kabupaten Kulon Progo. Pernah ada salah satu pemancing di Waduk Sermo yang berhasil mendapatkan ikan dengan berat sekitar 16 kg. Wah, ikan segitu besarnya bisa buat makan orang se-RT!

Capek berkeliling Waduk Sermo dan merasa lapar? Jangan khawatir. Di jalan lingkar Waduk Sermo terdapat beberapa warung yang menjual aneka kuliner seperti soto, bakso, mie ayam, serta olahan ikan hasil tangkapan nelayan.

Jika kalian menghendaki suasana yang sedikit berbeda bisa berkunjung ke Top View Resto. Selain menikmati aneka kuliner, kalian akan dimanjakan pemandangan Waduk Sermo secara utuh serta semilir angin yang menambah nikmat suasana.

Meski kemarau panjang namun ada satu yang menarik dari Waduk Sermo, yaitu munculnya pulau – pulau kecil di tengah waduk. Jika saat musim penghujan, daerah tersebut akan tenggelam oleh air. Pulau yang muncul ini menyimpan sejarah yang menarik. Salah satu pulau, dulunya merupakan makam warga desa yang menghuni daerah sekitar Waduk Sermo. Bahkan, hingga hari ini masih ada beberapa bangunan yang utuh.

Tak hanya makam yang muncul, jalan desa dan sekitarnya juga dapat diamati dan dilihat secara langsung saat musim kemarau. Mereka adalah saksi bisu dari pembangunan Waduk Sermo yang diresmikan pada 22 November  tahun 1996 oleh Presiden Suharto. Warga perkampungan yang tinggal di area pembangunan Waduk Sermo akhirnya ditransmigrasikan ke luar pulau jawa, tepatnya di daerah Sumatera.

Area Waduk Sermo yang luas membuat banyak sekali wahana yang bisa digunakan. Musim kemarau seperti saat ini banyak pengunjung yang datang untuk nge-camp. Salah satu area favorit nge-camp berada di jalan lingkar Waduk Sermo. Tak jarang, pengunjung datang untuk memancing dan nge-camp. Tapi, banyak pula pengunjung yang hanya datang nge-camp untuk menikmati pemandangan matahari terbit yang indah di Waduk Sermo.

Di kawasan wisata Waduk Sermo sudah tersedia berbagai fasilitas yang memadai dan aman, seperti toilet, area parkir, tempat untuk menginap, perahu wisata, gazebo, warung yang menyediakan perlengkapan memancing, hingga bengkel.

Jadi, tunggu apalagi? Segera agendakan berkunjung ke Waduk Sermo dan nikmati suasananya yang sejuk, segar dan asri.

Waduk Sermo
Waduk Sermo
Load More Related Articles
Load More By Rohmad Dangu Purwanto
Load More In Destinasi Wisata