Usung Tema “KERIS” MENPAREKRAF Buka Secara Resmi RAKORNAS GenPI 2022

8 min read
1
40

Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Generasi Pesona Indonesia (GenPI) digelar di Ballroom Hotel Novotel Surakarta pada Sabtu (05/11). Pembukaan ini merupakan bagian dari rangkaian Rakornas yang digelar selama tiga hari mulai Jumat (04/11) hingga Minggu (06/11). Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandi Salahuddin Uno secara simbolis dengan mengangkat keris ke atas. Beberapa tamu undangan yang hadir diantaranya, Walikota Surakarta, Gibran Rakabumi; Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani; Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur, Bisma Jatmika; Direktur Pemasaran Nusantara, Dwi Marhen Yono; Bupati Kabupaten Maros, HAS Chaidir Syam; General Manager Geopark Maros Pangkep, Dedy Irfan dan berbagai perwakilan Kepala Dinas Pariwisata seluruh Indonesia.

Pembukaan Rakornas GenPI



Acara Pembukaan ini diawali dengan penampilan Tari yang dibawakan oleh Tim Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua GenPI, Siti Chotijah. Dalam sambutannya, Siti Chotijah berharap dapat terus berkolaborasi dan bersinergi bersama dalam mempromosikan pariwisata indonesia.

“GenPI akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk memajukan pariwisata Indonesia. Sejauh ini sudah banyak program yang berhasil termasuk adanya JALIN Komunitas (Jalan-Jalan di Indonesia Bareng Komunitas) di Jawa dan Sumatera. Kedepannya akan JALIN Komunitas yang mengunjungi dan berkolaborasi dengan komunitas di berbagai pulau lain di Indonesia,” tutur Siti Chotijah yang akrab disapa mbak Jhe.

Ketua GenPI, Siti Chotijah



Pada gelaran pembukaan Rakornas GenPI ketiga tahun ini mengangkat tema KERIS yang merupakan akronim dari Kreatif Sinergis. “KERIS” dipilih sebagai tema setelah sukses di Rakornas Jogja dan Lombok. Tema ini diangkat memperhitungkan bahwa dunia pariwisata yang semakin berkembang tak hanya masalah destinasi namun juga dunia kreatif sebagai penunjang pariwisata. Karenanya antara dunia kreatif dan destinasi harus selalu bersinergi bersama.

Dalam pembukaan Rakornas, Sandi Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menyampaikan bahwa kolaborasi GenPI dan Kemenparekraf harus selalu terjalin. Ia mengatakan GenPI yang didominasi Gen Z dan Milenial harus punya karya yang dapat memberikan dampak bagi pariwisata Indonesia.

“Gen Z dan Millennial harus punya karakter Agility (ketangkasan), Creativity (kreatifitas) dan Curiosity (rasa ingin tahu) yang akan membantu menghasilkan berbagai karya. Kita sudah punya berbagai prestasi di kancah internasional, salah satunya Geopark Maros Pangkep yang sudah menjadi UNESCO Global Geopark ke-7 di Indonesia”, ungkap Sandi.

Sambutan Menparekraf, Sandi Salahuddin Uno


Sandi Salahuddin Uno juga memberikan berbagai target yang akan dicapai oleh Indonesia di tahun 2023.
“Meski dunia akan mengalami resesi di tahun 2023, Indonesia masih dalam tahap aman namun tetap harus waspada karena kondisi ekonomi tidak pasti. Kita memiliki strategi untuk menjaga ekonomi dan pariwisata dengan selalu mencintai produk dalam negeri dan mengunjungi destinasi wisata lokal”, ungkap Sandiaga Uno.

“GenPI harus terus bersinergi dalam menggaungkan pariwisata Indonesia. Terdekat ada event KTT G20, ATF, World Superbike Mandalika, dan berbagai event lainnya. Genpi memiliki banyak member yang aktif di media sosial yang menjadi salah satu kanal yang penting dalam pariwisata Indonesia.” tambah Menparekraf.

Pembukaan Rakornas GenPI



Generasi Pesona Indonesia (GenPI) yang telah berdiri sejak 2017 telah memiliki ribuan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia. GenPI yang sejak awal telah berkontribusi dalam bidang pariwisata indonesia. Acara pembukaan Rakornas GenPI ini juga disiarkan secara langsung melalui Zoom untuk memfasilitasi pengurus dan anggota genpi yang tidak dapat hadir secara langsung di Solo.

Gibran Rakabumi, Walikota Solo juga menyampaikan semangat untuk semua anggota GenPI. Ia berpesan agar generasi muda tidak boleh kalah dengan generasi muda yang ada di luar negeri.

Sandiaga Uno dan Gibran pada Pembukaan Rakornas



“Semangat terus anak-anak muda support terus destinasi pariwisata yang ada di Indonesia. Jangan mau kalah dengan destinasi wisata yang ada di Luar Negeri,” pesan Gibran.

Gibran juga berharap akan ada kolaborasi yang erat dengan GenPI dengan destinasi yang ada di Solo.

“Destinasi di Solo banyak yang bisa diangkat kedepannya. Kolaborasi harus ada kedepannya, salah satu destinasi yang akan diusung dan direvitalisasi adalah Puro Mangkunegaran,” tambah Gibran.

Pembukaan Rakornas GenPI juga dilanjutkan dengan launching aplikasi Lelana. Lelana merupakan aplikasi yang dirilis dan dikembangkan oleh GenPI sebagai platform yang menyediakan berbagai informasi pariwisata yang lebih lokal. Berbagai hidden gems seperti desa wisata, trip di destinasi yang tersembunyi, agenda festival lokal se-Indonesia dan tentunya berita genpi dari berbagai indonesia.

Acara ini di tutup dengan penandatanganan MoU Kerjasama GenPI dengan Badan Otorita Borobudur (BOB) yang juga disaksikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wonosobo, dan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Blora. MoU ini ditandatangani oleh Ketua GenPI, Siti Chotijah dan Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur.

Acara pembukaan Rakornas GenPI akan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian acara yang akan berlangsung hingga hari minggu (06/11). Beberapa acara dalam rangkaian Rakornas GenPI diantaranya, Leaders Talks, berbagai workshop, gala dinner dan berbagai pameran.

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In Event