Urban Farming Milenial Bersama Jogja Berkebun

6 min read
0
83

Berkebun menjadi aktivitas yang sulit dilakukan di area kota dengan lahan terbatas, namun sulit bukan berarti tidak bisa. Urban farming menawarkan beragam metode berkebun ala perkotaan dengan memanfaatkan lahan sempit, bahkan tanpa lahan dan pekarangan.

Metode urban farming yang tidak rumit dan mudah diadaptasi kemudian diminati oleh milenial di perkotaan. Jogja berkebun adalah salah satu komunitas yang menjadi wadah bagi siapa saja yang ingin belajar berkebun dan praktek langsung tata cara menanam yang baik dan benar.

Berkebun Bersama Jogbun

Jogja Berkebun komunitas volunteer yang bergerak di bidang tanam menanam dengan menerapkan konsep urban farming. Jogja Berkebun juga merupakan salah satu jejaring Indonesia Berkebun yang menjadi induk dari jaringan berkebun yang ada di berbagai kota di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Bekasi Berkebun, Jakarta Berkebun, Makassar Berkebun, hingga tingkat universitas seperti Trilogi Berkebun.

“Visi Jogja Berkebun adalah menjadi perangsang  gerakan berkebun, memperkaya wawasan berkebun dan memperkuat jaringan pegiat berkebun,” ungkap Dimas Setiawan, Koordinator Jogja Berkebun.

Baca juga:

Dalam menjalankan semua kegiatannya, Jogja Berkebun memiliki fungsi 3E (Ekologi, Edukasi, Ekonomi). Ekologi berarti kegiatan Jogja Berkebun adalah salah satu upaya penghijauan lingkungan dengan melaksanakan prinsip-prinsip urban farming. Kegiatan berkebun Jogja Berkebun saat ini ada di jalan Golo Gang Pulanggeni Umbulharjo V/423. Kegiatan berkebun untuk anggota dilaksanakan setiap hari minggu pagi dari pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Jika ingin bergabung merasakan bagaimana asyiknya berkebun bersama, kamu bisa menghubungi contact person yang tertera di akun instagram resmi Jogja Berkebun @jogjaberkebun.

Tanaman yang biasa ditanam adalah sayuran yang dikonsumsi sehari-hari. Misalnya sawi, kangkung, seledri, cabe dan terong. Kebanyakan memang tanaman untuk konsumsi karena di masa panen biasanya akan digunakan untuk acara masak bersama anggota. Jika masih ada hasil panen yang berlebih boleh dibawa pulang. Selain memasak bersama untuk selingan kegiatan berkebun juga ada acara lotisan atau makan bersama sembari mengobrol santai.

Fungsi edukasi dari Jogja Berkebun direalisasikan dengan cara berbagi wawasan dan keterampilan berkebun. Agenda berkebun bersama ini dapat berupa pelatihan langsung di lapangan, workshop atau sosialisasi dengan masyarakat. Banyak pihak yang telah menjalin kerjasama dengan Jogja Berkebun, mulai dari masyarakat desa, komunitas atau undangan dari mahasiswa. Beberapa agenda yang baru saja dilaksanakan adalah kerjasama dengan AIESEC UGM, PAUD Citaloka dan pelatihan berkebun di daerah Kalasan.

Fungsi terakhir adalah Ekonomi, meningkatkan atau menciptakan ketahanan pangan yang berkelanjutan. Adanya kegiatan berkebun bersama diharapkan menjadi kebiasaan bagi anggota untuk berkebun secara mandiri. Metode urban farming yang dapat diadaptasi dengan beragam tipe lahan dan keadaan lingkungan dapat dipraktekkan dengan lebih mudah. Ketika seseorang menanam sendiri apa yang ia butuhkan (konsumsi) maka akan tercipta kemandirian pangan. Lebih hemat karena bisa menghasilkan pangan sendiri.

Baca juga:

Jogja Berkebun juga memiliki unit usaha bernama Jogbun Shop yang dijalankan secara online. Jogbun Shop menjual aneka tanaman dan benih. Untuk mempererat hubungan antar jejaring Indonesia Berkebun setiap dua tahun sekali diadakan Indonesia Berkebun Confference (IDBC). Acara ini menjadi ajang silaturahmi dan diskusi semua jejaring Indonesia Berkebun. IDBC terakhir dilaksanakan di Jogja, ada seminar, workshop, bazar, conference dan kunjungan lapangan.

Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Jogja Berkebun atau tertarik bergabung untuk ngebun bisa menghubungi contact person Jogja Berkebun lalu datang saat acara ngebun bersama di hari Minggu. Anggota dari Jogja Berkebun sendiri sangat beragam, tapi memang didominasi oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Jogjakarta.

Komunitas Kamu Ingin Masuk di Web genpijogja.com?
                                                                            Komunitas Kamu Ingin Masuk di Web genpijogja.com?

Baca juga artikel menarik lainnya Kazebara.

Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In Community