Tour de Jogja 2019 Menjadi Paket Event Olahraga dan Wisata

5 min read
0
44

Tour de Jogja 2019 adalah event bersepeda yang mengusung konsep Long Distance Cycling. Acara ini adalah salah satu event besar dan masuk dalam 47 event unggulan Calender of Event DIY. Tema tahun ini adalah “Exploride for Happiness Life”, berolahraga sambil menyusuri keindahan alam Jogja. Event ini digelar untuk para pehobi sepeda dan mereka yang bukan pehobi, namun ingin turut berpartisipasi. Sembari bersepeda para peserta juga akan menjelajahi kawasan pegunungan menoreh. Acara ini juga merupakan kesempatan untuk mempromosikan desa wisata.

Sebanyak 1250 peserta datang dari berbagai kota di Indonesia dan luar negeri. Beberapa negara yang tercatat adalah Korea, Jepang, Kanada, dan Amerika. Kota-kota di luar DIY dengan peserta terbanyak adalah Surabaya, Kalimantan dan Jawa Tengah. Diharapkan jika ditambah dengan rombongan ditargetkan mampu menarik 4000 wisatawan masuk ke Jogja. Jumlah peserta ini telah melebihi target awal sejumlah 1000 orang. Tidak hanya hadiah, peserta juga akan mendapatkan pengalaman menarik melalui event ini.

Rute yang digunakan sepanjang 142 kilometer melalui beberapa daerah diantaranya Cangkringan, Pakem, Turi, Cebongan, Pendowoharjo, Gentan hingga kembali lagi ke Prambanan yang menjadi titik start dan finish. Beberapa landmark khas Jogja juga akan dilewti oleh peserta. Acara ini juga merupakan sarana untuk branding NYIA dengan mayoritas rute di Kulonprogo. Pentas seni juga digelar ketika peserta tiba di garis finish.

Secara serentak peserta berangkat dari titik start di Prambanan ditandai dengan off flag dari Bapak Tri Sakti Asisten Gubernur bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY. Peserta terdiri dari dua kelompok yang dibedakan dengan warna baju berbeda. Baju berwarna oranye untuk peserta reguler dan peserta dengan baju berbawarna biru untuk yang memilih paket silver.

IMG_8021

Tour de Jogja 2019 juga menyediakan jalur race untuk peserta yang ingin megikuti perlombaan dengan konsep up hill chalenge. Pemenangnya akan  mendapatkan gelar King of Mountain (KOM) dan Queen of Mountain (QOM). Rute race sejauh 9,5 kilometer 825 Elevation Gain -14% Max Grade. Para pemenang tersebut akan berganti mengenakan baju berwarna putih dengan polkadot berwarna merah muda terang hingga mencapai finish.

Selama perjalanan peserta akan melewati 3 kali Check Point (CP) yaitu, CP 1 berada di sumber agung, CP 2 berada di SD Gembongan, dan CP 3 berada di SD Gentan. Jalur yang digunakan dan CP ditentukan setelah melewati proses pengecekan dan disetujui oleh pengelola dan pemerintah daerah.

Panitia sudah menyediakan beragam fasilitas dan tim pendamping untuk Tour de Jogja. Ada tim logistik, tim kesehatan, dan tim evakuasi. Semua peserta akan dikawal dalam satu komando dari titik start hingga CP 2. Tiba di CP 2 peserta akan dibagi menjadi dua grup, peserta biasa dan peserta race dengan dua pengawalan. Dari BC 2 semua peserta akan kembali dijadikan satu grup dengan satu komando.

Peserta diberikan batas waktu selama 8 jam untuk menyelesaikan rute agar mendapatkan medali. Peserta yang melebihi batas waktu 8 jam tidak akan mendapatkan medali. Biasanya persentase peserta yang berhasil mecapai finish sebanyak 75%-85%. Jika ada peserta yang tidak dapat menyelesaikan rute tim evakuasi selalu siap sedia untuk membantu.

Diharapkan Event Tour de Jogja bisa mengalami peningkatan setiap tahunnya baik jangkauan peserta, jumlah peserta dan kualitas. Agar selalu fresh setiap tahun akan menggunakan rute yang berbeda. Para peseta juga dihimbau untuk menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar rangkaian acara berjalan dengan lancar.

 

Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In News