Home Tips Tips Traveling Dengan Sepeda Motor

Tips Traveling Dengan Sepeda Motor

6 menit waktu baca
38

Traveling tidak melulu harus berjalan kaki atau menaiki kendaraan umum saja. Pakai kendaraan pribadi juga enak loh. Ada mobil? Takis! Ada motor? Skuyy lah! Nah pada tips traveling kali ini saya ingin membagikan pengalaman untuk kamu yang mau traveling menggunakan sepeda motor. Yuk disimak.

Cek kesehatan badan

hal utama yang harus diperhatikan adalah soal kesehatan. Kesehatan apa nih? Ya jelas dong kesehatanmu dan juga kendaraanmu. Pastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan prima ya. Kalau perlu kamu periksakan dulu ke puskesmas terdekat maksimal h-2 perjalanan. Ya kalii kamu mau berkendara dalam keadaan flu.

Cek kendaraan bermotor

Kalau badan sudah dipastikan sehat walafiat silahkan cek kondisi sepeda motormu. Apakah layak jalan atau tidak? Cek bagian mesin, lampu, ban, dan sistem pengereman.

Ingat-ingat kapan terakhir kali ganti oli, karena setiap oli memiliki kekentalan, fungsi, dan ketahanan yang berbeda. Ada yang dibuat hanya bisa menempuh jarak +-500km. ada juga yang bisa sampai +-2000km. untuk info lebih lanjut tentang oli kamu bisa tanyakan pada mbah google.

Jangan lupa untuk cek busi, apakah sudah menghitam ujungnya alias kotor, bersihkan terlebih dahulu, namun tidak ada salahnya juga untuk menyiapkan busi baru. Harganya ga sampe 20ribu kok. Jangan pelit-pelit demi kelancaran perjalanan.

Pastikan lampu senja, lampu utama, dan lampu sein kanan kiri depan belakang menyala. Bagi yang akan berjalan ke dareah pegunungan baiknya siapkan juga lampu kabut. Di pasar jejeran Imogiri harganya berkisar 30-100rb an tergantung kualitas.

Cek kondisi rantai dan gear depan belakang. Apakah sudah kendor atau masih kencang. Jangan lupa berikan pelumas secara berkala agar rantai tidak cepat kendor.

Pastikan ban tidak kempes dan tidak bocor. Ada baiknya gunakan ban tubeless, supaya kalau bocor kamu masih ada kesempatan untuk mencari tukang tambal ban.

Cek kampas rem dan juga discbrake apakah sudah tipis apa belum? Rem bagian vital loh, kamu bisa celaka akibat rem yang kurang pakem. Cek juga minyak remnya.

Bagi motor yang menggunakan system pendingin cairan, jangan lupa cek air radiatormu. Karena kalau sampai kering, motormu bisa mati tiba-tiba akibat kepanasan alias overheat.

Pemilihan rute

Pilihlah rute perjalanan yang sekiranya memiliki jalan yang bagus, tidak terlalu sepi juga tidak terlalu ramai. Siapkan rutemu dengan membawa peta ataupun gps. Siapkan gps offline di hp canggihmu. Kalau ada rezeki kamu bisa juga beli gps khusus yang sudah banyak dijual di took online.

Siapkan kebutuhan pribadi

Kebutuhan pribadi wajib disiapkan berupa pakaian ganti, obat-obatan, p3k, dan juga jas hujan. Jangan gunakan jas hujan model batman atau jubah (jas hujan model ini sudah banyak menimbulkan celaka). Belilah jas hujan model jaket dan celana.

Istirahat atau bergantian

Istirahat adalah hal yang sering dianggap remeh oleh sebagian orang. Kadang kita tidak menyadari bahwa tubuh sudah mulai lelah. Kenali tandanya seperti mulai susah fokus, sering menguap, sering lupa dalam perjalanan, sampai lupa mematikan sein. Berhentilah setiap 2jam sekali. Jika berboncengan jangan segan untuk bergantian dalam membawa kendaraan.

Safety Gear

Gunakanlah jaket, jangan kaos! Kadang kita tidak sadar dengan terpaan angina yang langsung menabrak dada kita. Ihal tersebut bisa mengakibatkan paru-paru basah. Gunakanlah jaket dengan warna terang, atau minimal memiliki mata kucing (bagian kain yang bisa memantulkan cahaya). Gunakan juga sarung tangan, dan kalau perlu gunakan protector dengkul dan siku.

Nahh sekian tips traveling menggunakan sepeda motor dari saya. Jika ada kesempatan kalian bisa loh touring bareng saya. Hati-hati di jalan, selamat berkendara!

  • Tips Traveling Dengan Kapal Laut

    Traveling dengan kapal laut? Kapal kok dibawa-bawa! Yaa kali huehehe. Jadi gini kawan, Feb…
  • 8 Tips Ini Bikin Video Travelingmu Makin Kece

    Bikin video pas lagi traveling? Apa ngga repot tuh, Bang? Ya, semua tergantung niat dan tu…
Muat Lagi Dari Ghifari Albar
Muat Lebih Banyak Di Tips