Home Tips Tips Traveling Dengan Kapal Laut

Tips Traveling Dengan Kapal Laut

5 menit waktu baca
16

Traveling dengan kapal laut? Kapal kok dibawa-bawa! Yaa kali huehehe. Jadi gini kawan, Februari ini saya mengawali bulan dengan traveling meninggalkan pulau Jawa menuju ke pulau Sumatra dengan menggunakan kapal laut.

Apa rasanya sih naik kapal laut? Seru kah? Mabuk kah? Apa saja sih yang harus disiapin? Okay simak pengalamanku!

1602-2019-115280999268167890122-01

1. Jika ingin berada di bagian luar kapal, siapkan Jaket, Masker, dan Kupluk!

Jadi yang namanya di tengah laut itu anginnya pasti kenceng, apalagi ketika kapal bergerak. Jadi hal utama yang harus kamu siapin adalah Jaket tebal, jaket ini berfungsi untuk menahan gempuran angin yang menerpa badan kamu.

Lalu siapkan masker, masker ini berfungsi untuk menyaring udara kotor yang ditimbulkan akibat gas buang dari mesin kapal melalui (umumnya) 2 cerobong asap di badan kapal. Sama seperti fungsi jaket, kupluk dipakai untuk menghangatkan kuping dan supaya rambut halusmu ngga kena terpaan angin kemudian jadi kusut kaya kabel belakang komputer.

2. Siapkan uang dan bantal leher jika ingin beristirahat di dalam kapal.

Kapal-kapal yang ada saat ini sudah mulai melakukan banyak pembenahan, khususnya kapal yang saya tumpangi kemarin. Bernama Dharma Rucitra 1 kapal ini menyediakan ruang istirahat untuk para penumpangnya. Dari mulai yang berupa bangku berjejer, sampai tempat tidur tingkat.

Ada pula sebuah restoran dan juga kantin di dalamnya. Namun tidak semua kapal laut menyediakan ruangan tersebut secara gratis, terkadang kita harus merogoh kocek sebesar sepuluh ribu rupiah untuk diruangan vip dengan bangku berjejernya dan dua puluh sampai tiga puluh ribu untuk eksklusifnya.

3. Siapkan kameramu dan aksesorisnya!

Ga semua orang punya kesempatan untuk foto-foto diatas kapal, dang a semua orang bisa menyaksikan senja dan sunrise dari atas kapal. Untuk itu saya sarankan kalau bisa naik kapal menjelang senja atau ketika sunrise karena kamu bakal dapet pemandangan apik yang ga semua orang bisa dapetin.

Siapin juga tripod atau gorillapod mu. Karena ketika dia atas kapal, keseimbangan agak sulit terjaga akibat goyangan kapal terkena ombak. Khusus untuk memotret sunrise, siapkan mode bulb untuk mendapakan hasil yang lebih baik!

4. Waspada ombak besar.

Tidak jarang orang akan merasakan mual selama di atas kapal karena guncangan ombak. Apalagi ketika cuaca tidak bersahabat, guncangan ombak akan membuat tubuh menjadi mual dan berjalanpun seperti sempoyongan. Ditambah lagi angin kencang yang terus menerjang. Untuk itu ada baiknya kamu siapkan dan konsumsi obat anti masuk angina sebelum menaiki kapal.

Jangan lupa untuk mengisi perut terlebih dahulu. Jika tidak sempat biasanya tiap kapal punya ruangan restorasi untuk kamu yang belum sempat makan. Banyak pula yang menyarankan untuk melihat yang jauh-jauh (kaya jodoh) untuk mengalihkan rasa mual akibat guncangan kapal.

5. Penunjang keselamatan.

Jangan lupa baca dan pelajari buku petunjuk keselamatan yang disediakan oleh kapal di ruang istirahat. Ingat-ingat dimana saja letak pintu keluar terdekat, tempat penyimpanan pelampung dan juga perahu skoci yang tersedia di atas kapal.

Pakailah pelampungmu terlebih dahulu sebelum menolong penumpang lainnya. Selalu berdoa disaat akan melakukan penyebrangan dan ketika sudah berlabuh di dermaga.

6. Ingat dimana letak kendaraanmu

Ini salah satu hal penting yang kadang suka terlupa para penumpang kapal. Ketika kapal sedang bersandar dan sudah ada himbauan untuk menuju kendaraan sebaiknya kamu segera menuju ke kendaraanmu. Karena jika tidak kendaraanmu akan menghalangi kendaraan lainnya yang hendak keluar. Parkiran dalam kapal itu penuh sesak jangan buat orang menunggu.

Sekian tips traveling menggunakan kapal dari saya! Happy sailing!

1102-2019-015436185566417249786-01

  • Tips Traveling Dengan Sepeda Motor

    Traveling tidak melulu harus berjalan kaki atau menaiki kendaraan umum saja. Pakai kendara…
  • 8 Tips Ini Bikin Video Travelingmu Makin Kece

    Bikin video pas lagi traveling? Apa ngga repot tuh, Bang? Ya, semua tergantung niat dan tu…
Muat Lagi Dari Ghifari Albar
Muat Lebih Banyak Di Tips