Home Tips Tips Berburu Tiket Pesawat dengan Harga Bersahabat

Tips Berburu Tiket Pesawat dengan Harga Bersahabat

5 menit waktu baca
64
tiket pesawat (sumber)

Pesawat terbang menjadi salah satu moda transportasi yang makin dibutuhkan saat hendak bepergian. Hal ini dikarenakan banyaknya fasilitas yang bisa didapat dengan penggunaan pesawat terbang, seperti lebih hemat waktu, irit tenaga, serta beberapa benefit lain yang bisa jadi beda antara satu orang dengan yang lainnya.

Banyaknya benefit dari penggunaan pesawat terbang membuat harganya menjadi cukup mahal. Tidak heran jika orang-orang berebut mencari tiket murah semurah mungkin yang ditawarkan oleh maskapai, baik dalam masa promo maupun tidak. Nah, jika kamu berencana mencari tiket murah untuk liburan menggunakan pesawat terbang, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu buat kamu :

Tentukan periode bepergian dengan tepat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketika high-season tiba, biaya transportasi dengan moda apapun, baik transportasi darat, laut, apalagi udara menjadi lebih mahal. Sehingga, pilihlah waktu penerbangan yang memang sekiranya tidak terlalu ramai, seperti sekitar bulan Februari-April atau September-November.

Selain itu, hari dan tanggal penerbangan juga cukup berpengaruh. Umumnya, tiket weekdays jauh lebih murah dibandingkan tiket weekend. Serta perjalanan di tanggal 20-an ke atas juga lebih hemat dibanding dengan yang awal bulan. Dari sini, kamu harus memperhatikan betul periode penerbangan yang nantinya akan kamu ambil.

Menggunakan layanan Online Travel Agent (OTA)

Adanya Online Travel Agent yang begitu ramai belakangan ini membuat masing-masing penyedia tiket berebut konsumen. Tiap OTA berlomba-lomba menyediakan fitur yang bisa membantu pengguna untuk mendapatkan harga terbaik dari maskapai penerbangan.

Sebagai pengguna, kita bisa membandingkan tiap layanan yang disediakan oleh OTA dan menggunakan layanan OTA yang memberikan fitur terbaik. Beberapa OTA menyediakan fitur yang memungkinkan kita mendapatkan notifikasi secara langsung ketika ada harga tiket yang di bawah standar.

pemandangan di atas langit (sumber)

Menjadi member maskapai penerbangan

Maskapai penerbqngan juga membuka ruang untuk membership yang kemudian mereka saling berlomba-lomba untuk memberikan pengalaman penerbangan terbaik kepada membernya dalam menikmati layanan yang diberikannya. Tidak heran jika harga-harga spesial seringkali ditawarkan kepada membernya terlebih dahulu sebelum kemudian dilepas ke publik.

Sehingga, dengan menjadi member maskapai, kita akan menjadi yang pertama tahu setiap harga miring yang disajikan oleh maskapai tersebut. Semakin banyak menjadi member, akan semakin banyak peluang yang kita dapat untuk mendapatkan harga terbaik, bukan?

Membeli tiket transit secara terpisah

Jika lokasi yang kita tuju merupakan lokasi yang cukup jauh, dimana dalam perjalanannya membutuhkan transit, biasanya harga tiket tersebut menjadi cukup mahal. Hal ini memang dikarenakan pada dasarnya kita membeli dua tiket (atau lebih) secara bersamaan, karena biasanya memang tidak ada penerbangan secara langsung ke lokasi tersebut, atau memang kebetulan tiketnya sudah habis. Sehingga secara otomatis kamu akan dipilihkan pesawat transit berdasarkan ketersediaan yang dilakukan oleh sistem.

Di dalam kasus ini, harga yang akan kamu dapatkan akan menjadi jauh lebih murah jika membeli tiket pesawat tersebut secara terpisah. Dengan begitu, kamu bisa memilih tiket dengan harga yang paling murah dari tiap-tiap penerbangan tersebut dan bisa berhemat lebih banyak. Namun perlu diingat bahwa hal ini perlu disesuaikan dengan kemungkinan delay dari tiap-tiap penerbangan juga untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terburuk yaitu tertinggal oleh pesawat

Beberapa tips di atas memang tidak memiliki jaminan apapun terhadap tiket murah dari pesawat yang nantinya akan kamu pesan. Tapi setidaknya dengan mengetahui tips tersebut kamu jadi mempunyai referensi yang cukup banyak untuk mempertimbangkan tiap pembelian tiket pesawat. Selamat berburu tiket pesawat dengan harga yang bersahabat!

Muat Lagi Dari Pandu Rijal
Muat Lebih Banyak Di Tips