Tersambar Pedasnya Jamur Geprek Gledek

6 min read
0
13

genpijogja.com – Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “geprek”? Apakah itu nama sebuah makanan atau salah satu teknik meracik bumbu masakan yang sering kamu dengar dari ibu?

Ya, keduanya memang kalimat yang pas untuk mendefinisikan kata “geprek” tergantung versi masing-masing orang. Dalam bahasa Jawa sendiri, geprek berarti dipukul sampai pipih dan pecah. Sebelum menjadi bumbu, beberapa rempah masakan harus diolah dengan cara digeprek, contohnya seperti bawang putih, lengkuas, batang serai dan sebagainya.

Kalau soal makanan, “geprek” adalah kuliner yang memang sedang menjamur di berbagai daerah di Nusantara. Geprekan, begitu biasanya chef Jawa menyebut hidangannya.

Umumnya, bahan utama dari kuliner geprekan adalah ayam, sehingga dikenal sebagai Ayam Geprek. Konon, suara “prek” yang terdengar ketika ayam digerus dengan ulekan merupakan asal-muasal nama “Geprek”. Tapi, bagaimana kalau bahan utamanya diganti dengan jamur?

Tersambar Pedasnya Jamur Geprek Gledek
Tersambar Pedasnya Jamur Geprek Gledek

Jamur Geprek Gledek adalah jawabannya. Lokasi warung makan Jamur Geprek Gledek berada di depan kampus UMY, tepatnya di jalan Garuda, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Warung makan yang konon menjadi pelopor jamur geprek ini menjajakan aneka jenis geprekan, namun tetap menjadikan jamur sebagai bahan yang selalu hadir di setiap jenis hidangannya.

Lokasi warung Jamur Geprek Gledek cukup strategis dan tidak sulit untuk ditemukan. Jamur Geprek Gledek hadir sebagai salah satu kuliner masa kini bagi anak-anak milenial. Tidak hanya soal lokasi, menu makanan yang telah populer membuat warung pelopor jamur geprek ini digandrungi banyak pengunjung, khususnya dari kalangan mahasiswa dan pelajar.

Menu andalan warung makan Jamur Gledek adalah Jamur Geprek Gledek, yaitu jamur yang digoreng krispi, kemudian digeprek bersama bumbu-bumbu khas geprekan, seperti cabai, bawang putih dan garam. Untuk 1 (satu) porsinya, Jamur Geprek Gledek dihidangkan sepaket bersama nasi dan es teh dengan harga Rp11. 500.

Selain Jamur Geprek Gledek, menu yang seringkali dipesan para pengunjung adalah jamur saos lada hitam dengan harga Rp12.000 tanpa nasi dan minum. Bayangkan saja, jamur-jamur yang telah digeprek kemudian dilumuri saos lada hitam yang akan membuat kamu semakin meledak-ledak karena pedasnya.

Tersambar Pedasnya Jamur Geprek Gledek
Tersambar Pedasnya Jamur Geprek Gledek

Tidak hanya jamur, warung Jamur Geprek Gledek  juga menyediakan menu geprek lainnya, seperti Ayam Blackhot dan Mie Geprek Gledek.

Bagi kamu penggila pedas, tulis jumlah cabe yang kamu inginkan sesuai selera. Jangan khawatir, warung makan Jamur Geprek Gledek menyediakan refill nasi dan es teh jumbo gratis. Kamu tidak perlu khawatir untuk menambah nasi putih atau minuman sepuasnya karena menu geprekan yang terlalu pedas.

Bagi para penggemar pedas, ada kabar baik buat kamu. Menurut sebuah penelitian, sensasi panas dari senyawa kapsaicin yang ada di cabai mendorong kinerja metabolisme tubuh naik hingga 5 (lima) persen.

Peningkatan ini akan menghasilkan pembakaran lemak hingga 16 (enam belas) persen. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kapsaicin memiliki efek termogenik yang dapat membuat tubuh membakar kalori selama 20 (dua puluh) menit setelah makan.

Selain itu, kapsaicin dalam cabai efektif dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Tersambar Pedasnya Jamur Geprek Gledek
Tersambar Pedasnya Jamur Geprek Gledek

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka makan makanan pedas hampir setiap harinya menurunkan resiko kematian sebesar 14 (empat belas) persen. Penelitian ini dikaitkan dengan kematian akibat kanker, penyakit jantung dan gangguan pernapasan.

Menurut American Association for Cancer Research, senyawa kapsaicin juga memiliki kemampuan untuk memperlambat beberapa jenis kanker, mampu membunuh 80 (delapan puluh) persen kanker prostat.

Makan makanan pedas memang banyak manfaatnya, namun jangan berlebihan karena yang berlebihan pasti tidak baik.

Warung makan Jamur Geprek Gledek juga membuka cabang di jalan Rajawali, Ngebel, Tamantirto. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB sehingga kamu tinggal memilih mau datang untuk makan siang atau makan malam.

Jadi, kamu berani makan jamur geprek gledek cabe berapa?

Load More Related Articles
Load More By Dzatarisa Almas
Load More In Kuliner