Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Rekreasi Keluarga yang Cerdas dan Hemat

9 min read
0
45

genpijogja.com – Setiap akhir pekan tiba, kamu selalu bingung mencari destinasi wisata buat keluarga? Ingin sesekali liburan yang memberikan pengalaman berbeda tapi takut biayanya mahal?

Ga usah khawatir, kali ini Genpi Jogja akan mengajak kamu liburan di pusat kota, tapi biaya tetap irit. Yes. Mana lagi kalau bukan ke Taman Pintar Yogyakarta.

Taman Pintar Yogyakarta merupakan destinasi wisata edukasi yang ide awalnya mewujudkan tempat wisata yang ramah anak. Tidak hanya ramah, Taman Pintar Yogyakarta sekaligus jadi tempat pengembangan science dan teknologi agar anak-anak nyaman bermain tapi juga belajar.

Baca juga: Jejak Kemegahan Masa Lampau di Taman Sari
Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Rekreasi Keluarga yang Cerdas dan Hemat
Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Rekreasi Keluarga yang Cerdas dan Hemat

Taman Pintar Yogyakarta mulai dibangun tahun 2004 dan beroperasi sejak pertengahan tahun 2006. Awalnya Taman Pintar hanya memiliki dua gedung paud, yaitu paud timur dan paud barat yang diperuntukkan sebagai tempat bermain dan belajar anak usia 3-7 tahun. Tempat ini kemudian terus dikembangkan hingga tahun 2008, gedung oval dan kotak dibuka untuk umum.

Selanjutnya tahun 2012 baru dilaksanakan grand opening Taman Pintar Yogyakarta dengan fasilitas yang lebih memadai. Lokasi Taman Pintar Yogyakarta sangat strategis, berada di pusat kota di jalan Panembahan Senopati Yogyakarta. Tak jauh dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Pasar Beringharjo, kawasan Malioboro dan Titik Nol Yogyakarta.

Begitu memasuki Taman Pintar Yogyakarta, kita sudah bisa mulai belajar. Dari gerbang utama kita akan melihat cap telapak kaki tokoh-tokoh Indonesia di kanan kiri jalan setapak.

Di bagian barat pintu masuk adalah zona kerajinan. Jika berminat, Anda bisa belajar cara membuat gerabah bersama keluarga. Tidak hanya gerabah, Anda juga bisa memilih mau belajar melukis dengan media kaos atau membatik atau mencoba semuanya.

Masih di sisi barat, Anda bisa belajar pengolahan sampah. Gerakan go green yang dicanangkan oleh banyak pihak diharapkan tidak hanya sekedar wacana. Taman Pintar Yogyakarta mengedukasi pengunjung, bagaimana cara memisahkan sampah hingga mengolahnya. Termasuk pembuatan biopori agar lingkungan lebih terjaga.

Paling ujung sisi barat terdapat perpustakaan dimana pengunjung bebas membaca buku-buku yang ada di Taman Pintar Yogyakarta. Tapi ingat ya, buku-buku di sini khusus dibaca di tempat. Jadi, tidak boleh dibawa pulang. Gedung perpustakaan ini satu area dengan science theater. Di gedung ini biasa diputar film-film bertema science dengan daya tampung theater 50 hingga 60 orang.

Baca juga: Serba-serbi Cokelat di Museum Cokelat Monggo 
Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Rekreasi Keluarga yang Cerdas dan Hemat
Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Rekreasi Keluarga yang Cerdas dan Hemat

Di depan perpustakaan, terdapat gedung oval. Sesuai namanya, bangunan ini berbentuk oval dengan dominan warna kuning. Menuju ke gedung oval, Anda akan disambut gemericik air mancur yang menyerupai lorong. Selain indah, Anda juga akan merasakan kesegaran melewati tengah air mancur. Di ujung air mancur diletakkan gong perdamaian simbol kerukunan 6 agama di Indonesia. Pada gong tersebut dipatri logo dari 33 provinsi lengkap dengan 444 kabupaten/kota. Di bawah gong perdamaian, konon terkubur tanah dari 33 provinsi di seluruh Indonesia. Fyi, hingga tahun 2008 jumlah provinsi di Indonesia masih berjumlah 33.

Persis di belakang gong perdamaian inilah pintu masuk utama gedung oval. Sebelum masuk gedung oval, Anda harus membeli tiket dulu ke loket. Harga tiket Rp12.000 untuk anak-anak dan Rp20.000 untuk dewasa. Satu tiket berlaku untuk masuk ke gedung oval dan gedung kotak. Untuk bisa masuk ke gedung kotak, Anda harus melewati gedung oval terlebih dahulu.

Gedung oval dan gedung kotak di Taman Pintar Yogyakarta merupakan gedung utama. Di gedung ini, Anda akan merasakan betapa menyenangkan belajar tentang science dan teknologi. Alat peraga yang tersedia di Taman Pintar Yogyakarta sangat membantu untuk belajar dengan mudah, entah apakah itu sejarah, matematika maupun ilmu science lainnya. Di bagian atas gedung kotak terdapat theater 4D. Anda bisa melihat film 4 dimensi dengan membeli tiket khusus.

Baca juga: Titik Nol Kilometer, Eksotisme di Jantung Kota Yogyakarta 
Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Rekreasi Keluarga yang Cerdas dan Hemat
Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Rekreasi Keluarga yang Cerdas dan Hemat

Sudah merasa lapar? Jangan khawatir. Di bawah tangga pintu keluar gedung kotak terdapat food court. Anda bisa membeli makanan minuman ataupun souvenir di area ini. Merasa bosan? Keluarlah ke taman, di sekitar area taman terdapat beberapa booth penjual makanan dan minuman. Sambil santai duduk di taman, Anda bisa mengamati atau mencoba beberapa wahana science yang ada di luar gedung. Ada peraga observatorium, dinding berdendang, pembangkit listrik tenaga surya, juga wahana pipa bercerita.

Wahana terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja saat berada di Taman Pintar Yogyakarta adalah wahana Planetarium. Selama 30 menit Anda akan diajak sejenak rekreasi ke luar angkasa. Belajar tentang tata surya dan ilmu perbintangan dengan sangat menyenangkan. Harga tiket masuk ke Planetarium Rp15.000.

Jika membawa anak berusia 3 – 7 tahun Anda bisa mengajaknya bermain di area Paud. Ada beberapa pemandu yang bisa dimintai tolong menjaga anak-anak dan Anda cukup mengawasi mereka dari kamera CCTV yang tersedia.

Baca juga: Lima Tempat Seru untuk Kamu Mahasiswa Baru
Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Rekreasi Keluarga yang Cerdas dan Hemat
Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Rekreasi Keluarga yang Cerdas dan Hemat

Di depan gedung Paud terdapat taman air menari. Anda bisa duduk-duduk di kursi sementara anak-anak bermain air. Sementara di belakang gedung Paud, terdapat permainan jungkat jungkit, ayunan dan rumah pohon. Ada juga wahana lalu lintas untuk anak-anak. Taman Pintar Yogyakarta sampai saat ini masih menjadi satu-satunya destinasi wisata keluarga paling lengkap untuk belajar keterampilan science dan teknologi.

Masih bingung weekend ini ke mana? Ke sini saja, ke Taman Pintar Yogyakarta bersama keluarga.

Baca juga artikel terkait Destinasi Wisata atau tulisan menarik lainnya Retnope.
Load More Related Articles
Load More By Retnope
Load More In Destinasi Wisata