Home News Symphony Kerontjong Moeda Memeriahkan Launching Calendar Of Events 2019

Symphony Kerontjong Moeda Memeriahkan Launching Calendar Of Events 2019

5 min read
0
0
63

Senin tanggal 4 Februari 2019, alunan musik keroncong menyambut para tamu undangan Dinas Pariwisata DIY dalam acara Launching Calender of Event 2019. Acara ini berlangsung di Grand Dafam Rohan Hotel Jalan Janti, Gedongkuning Nomor 336, Banguntapan, Bantul dari pukul 13.00 hingga selesai.

Acara yang dihadiri oleh 200 tamu undangan yang terdiri dari pejabat pemerintahan pada SKPD terkait, stakeholder pariwisata DIY seperti ASITA, PHRI, HPI, GENPI juga komunitas pariwisata dan pemerhati dan pelaku pariwisata ini berlangsung dengan lancar dan meriah.

HRW_7951

Sebelum memulai acara Launching Calendar of Event 2019 seluruh peserta menikmati sajian makan siang yang telah disediakan. Setelah makan siang acara dimulai dengan dipandu oleh salah satu MC terkenal Jogja, Mas Anang Batas dan Diajeng Jogja.

Sambutan pertama dibacakan oleh perwakilan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Ir. Singgih Rajardjo. Beliau menyebutkan sektor wisata merupakan salah satu sektor yang memberikan sumbangan besar pada pendapatan daerah. Jogja merupakan daerah yang memiliki potensi sangat besar dibidang pariwisata.

Jogja memiliki keunggulan dalam bidang keragaman energi, alam, wisata minat khusus, dan budaya. Melalui pengembangan potensi tersebut Jogja diharapkan mampu mencapai target kunjungan wisatawan ke DIY pada tahun 2019 seluruhnya sebanyak 5.926.228 orang dengan perincian 498.410 orang wisatawan mancanegara dan 5.427.818 orang wisatawan nusantara.

Target tersebut dapat dicapai dengan mensinergikan event-event yang ada ditingkat daerah dan kabupaten.

HRW_7898

Sambutan selanjutnya dari Wakil Gubernur DIY, Sri Sultan Paku Alam X. Beliau memaparkan bahwa keragaman industri ekonomi kreatif Indonesia sangat beragam. Masyarakat Indonesia memiliki kreativitas yang sangat tinggi, begitupula Jogja.

Daya tarik kota Jogja terletak pada budaya yang adiluhung, tradisi Kraton, serta peninggalan sejarah dan budaya. Jogja memiliki potensi yang sangat besar pada sektor pariwisata. Sambutan beliau diakhiri dengan pemukulan Jimbe untuk membuka acara Launching Calendar of Event 2019.

Pemukulan jimbe ini berlangsung sangat meriah diiringi oleh penampilan dari GenPi Jogja. Setelah pembukaan acara, MC menyuguhkan video 47 event unggulan Jogja hingga akhir tahun 2019.

HRW_7912

Beragam event yang sangat menarik ditampilkan dalam satu video. Diantaranya yang akan segera berlangsung adalah event Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta pada tanggal 13-19 Februari 2019 berpusat di Kampung Ketandan, Malioboro, Lomba Jemparingan memperebutkan Piala PA pada tgl 3 Maret 2019 yang berlokasi di Lapangan Kenari (depan BPBD) Jogja, dan kegiatan Tour de Jogja pada tanggal 17 Maret 2019.

Ada juga penampilan Bregodo Prajurit Kraton Yogyakarta pada tanggal 25 Mei 2019 di Kraton, Yogyakarta. Selanjutnya, di bulan Juni ada even menarik, seperti Lomba Pacuan Kuda Piala PA pada tanggal 16 Juni 2019 di Lapangan STA Bantul. Kalau anda adalah penikmat budaya maka, event-event ini sayang untuk dilewatkan.

Selain pemutaran video Calendar of Event 2019 acara ini diselingi dengan pembagian berbagai macam doorprize bagi para tamu undangan. Juga penampilan apik dari Symphony Kerontjong Moeda yang menawarkan beberapa lagu keroncong.

Grup keroncong ini keseluruhan berisi anak-anak muda. Salah satu lagu keroncong yang dibawakan adalah Banyu Langit versi Gunung Api Purba Nglanggeran. Kawasan Nglanggeran merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik dan tempat dilaksanakannya Festival Budaya Nglanggeran 19 Agustus 2019.

Keroncong sendiri juga termasuk aliran musik yang akan dibawakan dalam beberapa event unggulan Jogja. Menikmati musik sekaligus melestarikan budaya.

Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In News