Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung

7 min read
0
45

genpijogja.com – Balkonjazz Festival 2019 berlangsung sangat meriah Sabtu (14/9/2019) di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Magelang. Lebih dari 8.000 pengunjung memenuhi area di sekitar balkondes tadi malam. Pengunjung Balkonjazz Festival 2019 tidak hanya datang dari Magelang, Jogja, Boyolali, Purworejo, Ungaran, Semarang, Temanggung, Salatiga dan sekitarnya. Bahkan wisatawan mancanegara pun nampak wira-wiri diantara ribuan penonton.

“Saya tertarik datang ke sini karena diajak teman”, ujar Prem, wisatawan asal Thailand yang sabtu (14/9) malam diwawancarai Genpi Jogja. “Saya dan rombongan menginap di Jogja. Kami ingin melihat sunrise di Borobudur. Awalnya kami berencana datang besok pagi-pagi sekali. Tapi tour leader kami menyarankan datang sore ini untuk menikmati musik dan kuliner tradisional di sini”.

Baca juga: Gratis, Balkonjazz Festival 2019 Siap Hadir di Borobudur!
Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung
Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung | Fotografer Zakaria Saputra

Prem, bukanlah satu-satunya wisatawan mancanegara yang semalam tampak mewarnai Balkonjazz Festival 2019. Ada banyak turis, baik mancanegara maupun domestik, yang sengaja datang lebih awal ke area Borobudur untuk menikmati atraksi, sebelum mereka mendatangi destinasi utama: sunrise di Candi Borobudur.

Kehadiran wisatawan-wisatawan ini sesuai dengan target diselenggarakannya Balkonjazz 2019. “BalkonJazz Festival akan turut mempromosikan desa wisata di seputaran Borobudur, sebagai destinasi baru dengan berbagai atraksi dan potensi sumber daya alam yang sangat menarik. Masyarakat yang ingin menikmati berbagai sajian yang terdapat di BalkonJazz bisa mengaksesnya secara gratis”, ujar Bakkar Wibowo dari Sinergi Nusantara, Inisiator sekaligus Direktur BalkonJazz Festival.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah memaparkan bahwa sesuai arahan dari Presiden dan Kementerian BUMN, kawasan Borobudur harus dibantu sebagai suatu destinasi unggulan di Indonesia selain Bali.

“Selama ini penanganannya terpusat kepada candi. Sekarang pemerintah ingin bagaimana atraksinya tidak hanya candi, namun juga yang lainnya. Balkonjazz Festival bersama Balkondes adalah salah satu hal yang mampu membuat apa yang ada di sini menjadi lebih komplit secara kepariwisataan” ungkap Edwin.

Baca juga: Balkonjazz 2019: Festival Musik di Negeri Tembakau
Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung
Nosstress, band indie asal Bali tampil di panggung Balkonjazz Festival 2019 | Fotografer Zakaria Saputra

Direktur PT Manajemen CBT Nusantara, Jatmika Budi Santoso melanjutkan, gelaran Balkonjazz Festival 2019 menjadi momen memperkenalkan banyak potensi yang dimiliki kawasan candi Borobudur, sekaligus mendistribusikan produk-produk yang telah mereka hasilkan kepada khalayak yang lebih luas.

“Masyarakat sekitar sini (Balkonjazz Festival 2019) merasa begitu senang akan adanya festival ini di tengah-tengah mereka. Apa yang terjadi pada hari ini pasti akan menjadi pembelajaran bagi kami untuk membuat sesuatu yang lebih meriah lagi pada kesempatan selanjutnya. Selain itu, banyak sekali pengunjung yang datang ke sini menikmati secara langsung berbagai fasilitas yang disajikan oleh Balkondes. Hari ini, seluruh kamar yang ada di seluruh Balkondes sold out”, tutur Jatmika.

Seperti yang dijanjikan dalam jumpa pers di Synergy Lounge Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (20/8/2019), BalkonJazz Festival 2019 membuka acara dengan mengusung kesenian tradisi lokal sebagai bagian dari kolaborasi bersama masyarakat sekitar, yaitu tari Kirana Kinari. Mereka adalah kelompok penari dari kecamatan Borobudur yang kemarin sore, tidak hanya menari, tapi juga mengajak pengunjung dan warga sekitar untuk melakukan flash mob.

Setelah itu, panggung pertunjukan Balkonjazz Festival 2019 langsung dimeriahkan oleh penampilan dari Tiga Sisi, Frau, Nosstress, Langit Sore, Tashoora, Dialog Dini Hari, Payung Teduh, Rio Febrian dan puncaknya: Yura Yunita.

Baca juga: Destinasi Wisata Prioritas Dipercepat, Jokowi Minta Dukungan Penuh Kementerian.
Sukses, Balkonjazz Festival 2019 Menarik Ribuan Pengunjung
Rio Febrian tampil di panggung Balkonjazz Festival 2019 | Fotografer Zakaria Saputra

Sasi Kirono, Gitaris Tashoora mengungkapkan Balkonjazz Festival baginya telah menjadi sebuah festival musik yang sangat menyenangkan. Walau Balkonjazz Festival diselenggarakan di tempat yang tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas, namun semua area dipenuhi oleh para pengunjung yang memberikan apresiasi yang sangat besar.

Sasi menambahkan Balkonjazz Festival menjadi pionir bagi penyelenggara festival musik lainnya dan berharap festival lain belajar dari Balkonjazz. “Festival ini sangat luar biasa bagi kami. Mungkin masih banyak orang yang tidak tahu tempat ini, tapi banyak sekali pengunjung yang datang ke sini”, tambah Sasi.

“Semoga setelah ini akan lebih banyak lagi festival musik yang diselenggarakan di tempat-tempat yang lebih unpredictable yang bisa di eksplor bersama banyak potensinya”, pungkas Sasi.

Baca juga artikel terkait Balkonjazz Festival atau tulisan menarik lainnya pacarkecilku.
Load More Related Articles
Load More By pacarkecilku
Load More In Event