Suka Cita Panen Raya di The Waroeng of Raminten Kaliurang

6 min read
0
27

genpijogja.com – Belum ke Jogja rasanya jika belum mampir ke Raminten. Ya, salah satu rumah makan favorit di Jogja ini memang dikenal dengan suasana Jawa yang kental. Tidak hanya sekadar konsep, namun juga dari kuliner yang disediakan.

Mengusung tentang pengenalan budaya, ada hal menarik yang akan kamu temui apabila berkunjung ke The Waroeng of Raminten Kaliurang. Sebut saja seperti edukasi membatik, hingga pentas seni pada malam-malam tertentu.

Baca juga: Suka Cita Panen Raya di The Waroeng of Raminten Kaliurang

_RMT1496.JPG

Jumat lalu (05/10), saya berkesempatan mengunjungi The Waroeng of Raminten Kaliurang. Alih-alih untuk menyicipi kulinernya yang beragam, perhatian saya justru tertuju pada pentas seni yang akan digelar pada malam itu.

Pementasan tari ini terbuka buat umum, terutama bagi pengunjung The Waroeng of Raminten Kaliurang. Tidak hanya sekali, namun dua kali dalam semalam, yakni pada pukul 19.00 WIB dan pukul 21.00 WIB.

Gelaran seni malam itu di The Waroeng of Raminten Kaliurang bernama sendratari Panen Raya. Sesuai namanya, pentas seni ini mengusung tari dimana para pemeran bertindak sebagai penyusun alur cerita. Uniknya, seluruh pemeran merupakan karyawan dan karyawati The Waroeng of Raminten Kaliurang sendiri yang menurut informasi, hampir sebagian besar awalnya tidak memiliki basic dalam menari.

Sendratari dibuka oleh tari Angguk Raminten yang ditampilkan oleh 7 orang penari. “Sebenarnya tari Angguk berasal dari Kulonprogo, namun dikemas ala Raminten”, ujar Widodo yang menyambut Genpi Jogja dengan hangat sejak sore.

Baca juga: Weekend Berkesenian di Raminten Kaliurang.

LRM_EXPORT_101720792760517_20191005_124705235

Setelah sambutan dari MC, tiba saatnya pentas sendratari dimulai. Pengunjung The Waroeng of Raminten Kaliurang mulai mendekatkan diri ke sekitar panggung sembari membawa gadget guna mengabadikan pementasan.

Secara umum, sendratari Panen Raya bercerita tentang suka cita para petani di lereng Merapi. Tarian ini berdurasi waktu 15-20 menit. Sendratari Panen Raya di The Waroeng of Raminten Kaliurang merupakan karya dari koreografer Anter Asmorotedjo dengan komposer Puji Pramono. Sendratari ini diperankan oleh sanggar Moendhi Dharma yang beranggotakan karyawan Raminten Group.

Cerita berawal dari aktivitas petani seperti menanam padi, mencangkul tanah, hingga membajak sawah menggunakan kerbau. Para petani juga bahu membahu mengusir berbagai hama yang menyerang padi-padi yang telah mereka tanam. Mereka hingga membuat orang-orangan sawah guna menakut-nakuti hewan pengganggu, seperti tikus. Saat menjelang hari panen, para petani berdoa pada Dewi Sri agar panen padi yang mereka tanam dapat diberikan kelancaran hingga saatnya mereka melakukan panen raya.

Pada akhir pementasan sendratari Panen Raya, seluruh pemain kemudian mengajak pengunjung naik ke atas panggung dan menari bersama. Baik yang tua dan yang muda, semua melebur jadi satu di panggung The Waroeng of Raminten Kaliurang. Tarian yang dibawakan secara massal inipun terbilang cukup unik, karena diiringi oleh lagu Kewer-Kewer yang mendengar iramanya saja, membuat orang ingin menari.

Sebenarnya The Waroeng of Raminten Kaliurang tidak hanya menampilkan sendratari Panen Raya saja, namun juga menggelar sendratari Bersih Desa pada Sabtu malam dan juga ketoprak Jonggrang: The Story of Prambanan Temple.

“Jika Jumat malam ini pementasannya sendratari Panen Raya, maka di Sabtu malam ada sendratari Bersih Desa. Minggu depan akan ditukar jadwalnya. Namun untuk penari hanya beberapa saja yang bergantian”, tutur Aufar perwakilan The Waroeng of Raminten Kaliurang kepada Genpi Jogja.

Jika dalam waktu dekat Anda berkunjung ke Jogja dan tidak tahu harus kemana, menghabiskan akhir pekan di The Waroeng of Raminten Kaliurang adalah pilihan sempurna. Berlokasi di jalan Kaliurang No.16 Kopatan, Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Anda akan disuguhi pengalaman kuliner Jawa diiringi sendratari Panen Raya atau Bersih Desa yang membuat traveling menjadi tak terlupakan.

Baca juga artikel tentang Raminten atau tulisan menarik lainnya Selly Juanisa.
Load More Related Articles
Load More By Selly Juanisa Harsela
Load More In Event