Stasiun Yogyakarta Menerapkan Sistem Pembayaran Non Tunai untuk Layanan Parkir mulai 1 September 2023

2 min read
0
34

WhatsApp Image 2023-09-02 at 17.19.13

Mulai tanggal 1 September 2023, Stasiun Yogyakarta menerapkan sistem pembayaran non tunai menggunakan kartu uang elektronik untuk area parkir. Area parkir stasiun tersebut dikelola oleh PT Reska Multi Usaha yang merupakan anak perusahaan dari KAI.

Sebelumnya, beberapa stasiun besar juga telah menerapkan sistem pembayaran non tunai seperti Stasiun Semarang Tawang, Surabaya Gubeng, Stasiun Kiaracondong, dan lainnya.

Di Stasiun Yogyakarta, sistem pembayaran non tunai menggunakan kartu uang elektronik ini berlaku untuk parkir kendaraan mobil dan motor. Pembayaran dapat menggunakan kartu uang elektronik dari beberapa bank yaitu e-Money (Mandiri), Flazz (BCA), TapCash (BNI), BRIZZI (BRI), dan KMT Commuterline.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, mengatakan bahwa penerapan sistem pembayaran non tunai ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi para pelanggan.

Ia menambahkan, dengan penerapan cashless ini penumpang tidak akan repot mencari karcis parkir saat akan keluar, dan meminimalisir denda akibat kehilangan karcis parkir.

Pengoperasian kartu uang elektronik ini juga dapat menekan human error dari sisi salah perhitungan uang kembalian karena pemotongan saldo telah menggunakan sistem yang terintegrasi.

Pelanggan nantinya setelah melakukan tap in juga akan mendapatkan struk sebagai bukti pembayaran pemotongan kartu uang elektronik sejumlah biaya parkir yang berlaku.

Franoto menjelaskan dalam penerapan cashless parkir Stasiun Yogyakarta di hari pertama, tidak ditemukan kendala berarti baik dari sistem maupun dari masyarakat yang hendak menggunakan layanan parkir.

Para pelanggan yang hendak menggunakan layanan parkir di Stasiun Yogyakarta diimbau untuk mempersiapkan kartu uang elektronik dan memastikan cukup saldo saat akan keluar parkir.

Load More Related Articles
Load More By Dewangga Liem
Load More In Info KAI