Sleman Creative Bazaar, Wadah Promosi Bagi UMKM Sleman

6 min read
0
111

genpijogja.com – Terdorong untuk turut aktif dalam memajukan industi kreatif di Jogja, Sleman City Hall (SCH) menyelenggarakan bazaar untuk industri kreatif pada hari Minggu (18/4/2021) di Beauty Hall Lantai 1 (satu) Sleman City Hall (SCH).

Sleman Creative Bazaar, Wadah Promosi Bagi UMKM Sleman 2

Bertajuk Sleman Creative Bazaar, agenda yang sudah dibuka sejak 16 April 2021 lalu diikuti puluhan peserta yang merupakan pelaku usaha industri kreatif.  

Kurang lebih 33 (tiga puluh tiga) pelaku usaha bersaing untuk mempromosikan produk unggulan mereka.

Disaksikan langsung oleh puluhan pelaku industri kreatif dan tamu undangan, puncak peresmian Sleman Creative Bazaar ditandai dengan memecah balon oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Dra. RR. Mae Rusmi Suryaningsih, M.T. didampingi perwakilan dari Sleman City Hall (SCH).

Dalam sambutannya, Mae mengucapkan terimakasih kepada Sleman City Hall (SCH) atas kesempatan dan ruang yang telah diberikan kepada masyarakat Sleman, khususnya para pelaku usaha kerajinan untuk dapat mempromosikan produk mereka di Sleman Creative Bazaar.

“Harapannya, di kemudian hari akan ada lagi even seperti ini dengan peserta luar daerah”, ujar Mae kepada rekan media.

Sehingga nanti, lanjut Mae, para pelaku industri kreatif di Sleman mampu meningkatkan daya saing mereka masing-masing baik di tingkat daerah maupun nasional.

Industri kerajinan sebagai bentuk perpaduan kerajinan tangan dan nilai seni keindahan merupakan bagian dari budaya Indonesia. Mereka menggali dan mengembangkannya sudah sejak lama. Oleh sebab itu, Mae yakin produk mereka memiliki daya saing yang tinggi.

“Saya yakin produk mereka unggul, bahkan dari produk luar. Dan menurut saya ini layak untuk dipamerkan,” tegas Mae.

Sleman Creative Bazaar, Wadah Promosi Bagi UMKM Sleman 1

Pemerintah Kabupaten Sleman tahun lalu sudah meluncurkan slogan Borong Bareng melalui Surat Keputusan Bupati. Slogan ini dimaksudkan untuk memupuk kemauan masyarakat membeli produk UMKM di Kabupaten Sleman.

“Selain itu, juga untuk membangkitkan semangat para pelaku UMKM”, tandas Mae.

Semenjak merebaknya wabah covid -19, menurut Mae, banyak para pelaku usaha yang mulai kehilangan semangat mengembangkan produk mereka.

Dengan adanya Sleman Creative Bazaar ini, harapannya para pelaku UMKM kembali bersemangat untuk bangkit dan berkembang serta mampu menjalin kerjasama dengan pelaku UMKM lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Lanny Kuputri, selaku Corporate Mall General Manager Sleman City Hall (SCH) mengungkapkan bahwa selama 3 (tiga) bulan ke depan, Sleman Creative Bazaar akan menyediakan berbagai produk menarik dari 33 tenan yang berkualitas.

Beragam produk fashion dan batik dari desainer ternama juga turut meramaikan Sleman Creative Bazaar. Salah  satunya dari Elgand by Nyudi, Olivia Bintangi, Corry Castubi dan Hami Iriani.

“Selain itu ada juga produk dari desainer Indah Darry hadir meramaikan Sleman Creative Bazaar ini”, papar Lany.

Sleman Creative Bazaar, Wadah Promosi Bagi UMKM Sleman

Sleman Creative Bazaar rencananya akan diselenggarakan selama 3 (tiga) bulan mendatang, juga terdapat jewelleries, sepatu, sandal, tas, serta buket bunga dan handycraft yang tak kalah menawan untuk dibawa pulang.

Sebagai pihak penyelenggara, Sleman City Hall (SCH) mengatakan bangga. Sebab dengan dukungan berbagai pihak Sleman City Hall (SCH) mampu menjadi wadah bagi para pelaku industri kreatif di Sleman untuk memasarkan kembali  produk mereka setelah beberapa waktu sempat loyo akibat pandemi.

Dibuka mulai 16 April 2021 hingga 18 Juli 2021 mendatang, para pengunjung yang datang ke Sleman Creative Bazaar dapat berbelanja secara nyaman dan aman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebelum dan setelah operasional seluruh area Sleman City Hall (SCH) akan disterilkan dan disemprotkan cairan disinfektan. Selain itu, sebelum memasuki area Sleman City Hall (SCH), pengunjung wajib mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya, menggunakan masker, rutin mencuci tangan atau menyemprotkan hand sanitizer.

“Selain itu pengunjung dihimbau untuk  menjaga jarak di area Sleman Creative Bazaar”, pungkas Lanny menutup acara jumpa media.

Load More Related Articles
Load More By Anggoro
Load More In News