Secangkir Kopi Bersama Kumpeni

6 min read
1
188

Jika Anda sedang berada di Jogja, sempatkan diri untuk ngopi di Kumpeni Coffee & Ice Cream. Lokasinya cukup strategis karena Kumpeni Coffee & Ice Cream terletak di selatan RS PKU Muhammadiyah, tepatnya di Jalan Nyai Ahmad Dahlan nomor 32. Meskipun Kumpeni Coffee & Ice Cream terletak di tepi jalan, suasananya tidak terlalu bising oleh lalu lalang kendaraan yang melewatinya.

Sesuai namanya, Kumpeni Coffee & Ice Cream menempati sebuah rumah bergaya klasik yang konon sudah berdiri sejak tahun 1932. Tak hanya menyediakan kopi, Kumpeni Coffee & Ice Cream juga menyediakan berbagai varian es krim dan makanan pendamping seperti bitterballen, pancake dan ice cream.

Kumpeni Coffee & Ice Cream | Foto milik Farras Hasna Taqiyya
Kumpeni Coffee & Ice Cream | Foto milik Farras Hasna Taqiyya

Sesampai di sana, Anda akan disambut tata lampu temaram dan bangku kayu dengan anyaman rotan. Desain interior kafe disesuaikan sebagaimana mestinya, ditambah dengan perabot antik dan hiasan dinding.

Tersedia 8 (delapan) bangku di dekat jendela untuk Anda yang ingin menyesap kopi sambil menikmati suasana Jogja. 6 (enam) bangku di teras kafe untuk Anda yang datang bersama kawan. 4 (empat) bangku dekat dinding jika Anda hanya ingin ditemani secangkir kopi. 6 (enam) bangku di ruang tengah kafe dan beberapa bangku di dekat pantry jika Anda ingin melihat langsung proses pembuatan kopi dari barista Kumpeni Coffee & Ice Cream.

Kumpeni Coffee & Ice Cream | Foto milik Farras Hasna Taqiyya
Kumpeni Coffee & Ice Cream | Foto milik Farras Hasna Taqiyya

Saya bukan penggemar kopi, jadi saya hanya memesan cappuccino atau kopi andalan kafe tersebut.

Saya memilih hot kopi kumpeni, kopi spesial dari Kumpeni Coffee & Ice Cream dan seporsi bitterballen. Supaya saya bisa ngopi seperti para noni, pikir saya. Tak lama, pesanan saya diantar.

Kondisi Kumpeni Coffee & Ice Cream masih sepi saat saya datang, namun berangsur ramai mulai jam 21.00 WIB ke atas.

Pengunjung rata-rata adalah mahasiswa, sisanya adalah pengunjung umum dengan latar belakang beragam.

Hot kopi Kumpeni memiliki rasa yang pas. Campuran susu dan kopi membuat saya yang bukan penggemar kopi langsung meneguk kopi sampai separuh cangkir.

Tidak terlalu pahit, tidak terlalu manis. Pas. Sekilas rasanya seperti cappucino, tapi saya tidak bisa menjabarkan lebih detail bagaimana rasanya atau apa komposisi hot kopi Kumpeni. Intinya, secangkir hot kopi Kumpeni mampu menghangatkan diri di tengah cuaca Jogja yang dingin saat malam hari.

Bitterballen adalah kudapan asal Belanda yang serupa kroket kentang di Indonesia. Sesuai namanya, rasa asli dari bitterballen adalah asam manis. Namun saat saya mencoba bitterballen dari Kumpeni Coffee & Ice Cream, rasanya cenderung gurih dan manis. Satu porsi berisi 3 biji bitterballen.

Kumpeni Coffee & Ice Cream | Foto milik Farras Hasna Taqiyya
Kumpeni Coffee & Ice Cream | Foto milik Farras Hasna Taqiyya

Menurut saya, porsi tersebut cukup sebagai kudapan. Berisi kentang yang gurih dan lembut, isian keju yang creamy, dibalut dengan tepung roti yang renyah. Bitterballen patut dicoba jika Anda berkunjung ke Kumpeni Coffee & Ice Cream.

Oiya, jangan lupakan pancake & ice cream. Anda bisa memesan pancake dengan varian rasa es krim favorit di Kumpeni Coffee & Ice Cream seperti affogato vanilla dan affogato green tea.

Menu di Kumpeni Coffee & Ice Cream berkisar antara Rp5.000,- hingga Rp26.000,- untuk minuman.

Mulai dari espresso, latte sampai cold brew milk. Kalau ingin mencoba rasa minuman selain kopi, tersedia signature bland matcha ice blended dan hot chocolate. Tak hanya kopi, untuk berbagai varian es krim harga berkisar antara Rp12.000,- hingga Rp26.000,-. Untuk kudapan seperti french fries, bitterballen, pancake dan dim sum semua seharga Rp15.000,- saja.

Kumpeni Coffee & Ice Cream juga menyediakan air mineral dan teh untuk menyelamatkan kantong Anda dari kopi-kopi yang dirasa terlalu mahal tapi tetap ingin nongkrong di Kumpeni Coffee & Ice Cream bak Sinyo dan Noni. Tertarik ngopi dengan suasana klasik di malam hari?

Kumpeni Coffee & Ice Cream | Foto milik Farras Hasna Taqiyya
Kumpeni Coffee & Ice Cream | Foto milik Farras Hasna Taqiyya

KUMPENI Indonesian Coffee & Ice Cream

Jalan Nyai Ahmad Dahlan No.32, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262. Buka setiap hari pukul 11.00–01.00 WIB.

Baca juga artikel menarik lainnya Farras Hasna

Load More Related Articles
Load More By hsnfarra
Load More In Tempat Nongkrong