Seafood di Wates, Memang Ada?

7 min read
0
1,100
Suasana warung Tuancrabs

Kulon Progo terletak di ujung sebelah barat Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan ibu kota kabupaten yang terletak di kota Wates. Kabupaten yang berjuluk The Jewel of Java ini menyimpan banyak potensi wisata. Lalu bagaimana dengan kuliner di Kulon Progo?

Sebagai ibukota kabupaten, Wates menjadi salah satu daerah yang perkembangannya paling pesat di Kabupaten Kulon Progo. Mulai dari tata ruang publik, fasilitas olahraga dan tak ketinggalan juga variasi menu kuliner. Oh iya sobat, kalian kalau makan siang di sekitaran Wates biasanya makan apa, sih? Mie ayam, ayam goreng, atau nasi rames? Gak bosen?

Di sekitaran Wates ada warung makan yang menyajikan menu berbeda, nama warungnya adalah Tuancrabs. Dari namanya saja sudah kelihatan kan menu apa yang disajikan? Yups. Tuancrabs menyajikan seafood.

Seafood kok di kota sih? “Tujuannya biar orang yang punya kenangan dengan seafood tidak harus pergi ke pantai untuk bernostalgia, hehehe.” kata sang pemilik sambil tertawa.

Tuancrabs ini berlokasi di Komplek Kasatrian, Gunung Gempal, Giri Peni, Wates, Kulon Progo. Kalau kalian dari arah Kota Yogyakarta, kalian bisa menemukan plakat kuning bertuliskan Tuancrabs setelah melewati Mapolres Kulon Progo. Plakat kuning bertuliskan Tuancrabs akan terlihat di sebelah kiri jalan Wates km.27.

Bila kalian dari arah Purworejo, plakat yang sama akan kalian temukan di sebelah kanan jalan setelah RM Ayam Goreng Bu Hartin Resto & Music. Karena berada tidak jauh dari jalan Wates (20 meter) yang notabene adalah jalur utama Jogja-Purworejo, Tuancrabs sangat mudah dijangkau.

Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi roda 2 (dua) maupun roda 4 (empat). Dengan catatan hanya kendaraan maksimal seukuran elf 15 (lima belas) orang yang bisa masuk sampai lokasi parkir Tuancrabs. Kendaraan lebih besar dari itu harus parkir di samping RM Ayam Goreng Bu Hartin Resto & Music.

Makan seru bersama teman-teman di Tuancrabs.

Bila kalian dari luar kota datang berramai-ramai, jangan takut tidak kebagian tempat. Warung Tuancrabs cukup luas, cukup untuk rombongan 50 (lima puluh) orang sekalipun. Tapi harus booking dulu ya untuk ketersediaan menu. Tema warungnya adalah alam, dimana setiap sudut warung di buat menyerupai alam. Dengan suasana alami ini, pengunjung dibuat betah menikmati hidangan yang disajikan.

Adanya Tuancrabs sebagai pelopor warung makan seafood di Wates tak luput dari kejelian sang pemilik warung, Asti Nor Hanik. Mbak Asti, begitu sapaan akrabnya, merupakan lulusan Prodi Tata Boga, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulanya beliau membuka usaha rekanan bersama teman-teman kuliahnya di Kota Yogyakarta. Tapi karena satu persatu rekannya yang mayoritas tinggal di luar pulau Jawa pulang kampung, akhirnya Mbak Asti pun memutuskan untuk membuka usaha sendiri di tempat tinggalnya.

“Awalnya sih setelah usaha di Yogyakarta tutup, sempet bingung mau usaha apa di rumah. Kemudian  mencari-cari, apa sih yang belum tersedia di Wates. Akhirnya memilih berjualan menu seafood.” tutur Mbak Asti.

Foto milik IG @tuancrabs_

Berawal dari modal Rp 200.000,- dan keteguhannya untuk membuka usaha. Mbak Asti mulai merintis usaha di rumah pribadinya.

Modal awal dibelikan kerang dan kepiting untuk di jadikan menu olahan. Hingga saat ini menu kerang dan kepitinglah yang menjadi andalan Tuancrabs.

Menu andalan lainnya adalah Lobster Kuah Padang. Rasanya yang renyah dan khas menjadikan menu ini favorit bagi pelanggan. Tuancrabs mulai dikenal masyarakat melalui Instagram, bukanlah hal yang tabu sebab instagram kini menjadi media sosial favorit masyarakat.

“Tuancrabs dulunya hanya melayani pemesanan online. Promosi lewat IG, itu pun pemesanan dilakukan sehari sebelumnya. Sebab, dulu kita berjualan dengan dititipkan ke pedagang keliling”, ungkap Mbak Asti. “Namun karena pesanan semakin banyak, akhirnya membuka warung di samping rumah. Alhamdulillah.” ujarnya.

Tuancrabs hanya memasak menu yang telah dipesan, disajikan hangat.

Sekarang Tuancrabs telah menjadi rujukan bagi siapapun yang ingin merasakan seafood di sekitaran Wates tanpa harus pergi jauh ke pantai.

Seperti Mbak Hanin, salah satu pelanggan Tuancrabs. Berawal dari kabar teman dekat, perihal tempat nongkrong asik yang bisa digunakan untuk belajar bersama. Mbak Hanin akhirnya menjadi pelanggan Tuancrabs.

“Tempatnya asik, nyaman, bersih dan makanannya enak pula. Yang jelas ada free wifinya, hehehe”, ungkap Mbak Hanin.

Bagi kalian yang ingin datang kesini, catat nih. Tuancrabs buka dari jam 10.00 hingga jam 19.00 WIB setiap hari, kecuali hari Senin. Tuancrabs juga menyediakan jasa delivery untuk menu yang ingin kalian pesan. Untuk booking atau reservasi kalian bisa cek di sini.

Selamat mencoba.

Load More Related Articles
Load More By Dody Hendro W
Load More In Kuliner