Sarisa Merapi, Sari Salak Pondoh: Oleh-Oleh Khas Sleman yang Siap Saingi Carica

8 min read
0
75

genpijogja.com – Apakah kalian pernah merasakan manisan Carica (baca: karika – red.)? Yang belum tahu apa itu Carica, let me explain. Carica adalah sejenis pepaya yang hidup di dataran tinggi. Carica berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan.

Yang penasaran dengan rasa Carica, sebelas dua belas seperti rasa pepaya. Rasa manisan carica sama seperti pepaya muda. Cenderung tidak ada rasa, ber-tekstur kenyal karena sebelumnya direndam dengan air kapur.

Bagi saya, manisan carica tidak cocok dengan lidah saya.

Tiba-tiba 2 (dua) minggu yang lalu, seorang teman memberi saya satu paket manisan. Sempat saya ingin menolak karena awalnya, saya kira itu Carica. Kemasannya hampir mirip.

Baca juga: Nugget Ayam Susu Yang Ramah Anak

sarisa 10

Cup plastik bening ukuran sekitar 150ml, dengan cup seal warna kuning. Mirip dengan penampilan manisan carica yang ada di pasaran.

Namun ketika teman saya nyeletuk, “Itu sarisa, manisan salak pondoh.” Segera saya masukkan paket itu ke dalam tas ransel.

Saya ini penggila buah salak. Hampir semua olahan salak saya suka. Sebut saja dodol salak, manisan salak dan oseng-oseng salak.

Saya suka salak. Teksturnya yang kenyal secara alami dengan rasa yang tidak terlalu manis, terkadang ada rasa asam dan sepat. Tergantung jenis salak mana yang kita makan.

Sesampai di kost, saya bagikan Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman manisan salak pondoh ke-4 (keempat) orang teman. Cukuplah masing-masing satu. Kalau saya, jujur, 1 (satu) cup sepertinya tidak cukup. Mudah-mudahan 2 (dua) cup cukup, ya?

Sarisa Merapi manisan salak pondoh berukuran 130 ml. Di cup seal bagian atas tertulis Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh oleh-oleh Khas Sleman.

For your info, Kabupaten Sleman adalah kabupaten penghasil salak pondoh. Maka tidak heran jika banyak ditemukan oleh-oleh khas Sleman berbahan dasar utama dari buah salak.

Eh, tapi ada yang menarik dari Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman. Ternyata di bagian air rendaman manisan buah salak terdapat biji selasih. Duh, jadi tidak sabar untuk mencicipi Sarisa Merapi manisan salak pondoh.

Kebetulan saat itu waktunya berbuka puasa. Tanpa menunggu lama, saya membatalkan puasa dengan menikmati Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman.

Dan ini rasanya beneran wow. Biasanya saya kalau beli manisan salak di swalayan, rasa air kuah manisannya itu hanya air gula. Tapi ini, Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman memang beda. Air manisannya beneran rasa salak. Teman saya menambahkan, rasa kuah dari manisannya juga segar.

Fix, rasa Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman beneran enak dan menyegarkan karena diuji lidah 5 (lima) orang yang berbeda.

Baca juga: Bakpia Salak Alris, Oleh-oleh Khas Jogja yang Wajib Banget Dicoba

Sarisa Merapi, Manisan Salak Pondoh yang Siap Saingi Carica

Usut punya usut, kata teman yang memberi Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman, air manisan kuahnya Sarisa Merapi manisan salak pondoh benar-benar didapat dari salak yang diblender dan diperas untuk mendapatkan air sari salak murni.

Air kuah manisan yang berasal dari perasan salak pondoh ini membuat rasa Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman ber-taste manis yang pas dan tidak berlebihan.

Dari sekian manisan salak yang pernah saya coba, Sarisa Merapi manisan salak pondoh adalah yang terbaik. Tekstur kenyal di buah salaknya juga tidak hilang. Belum lagi khasiat dari biji selasih yang membuat manisan salak ini berbeda.

Jelas saja, 2 (dua) cup Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman langsung habis dalam sekejap. Bahkan saya merasa kurang. Kira-kira di mana ya saya bisa membelinya?

Saking penasarannya, saya sampai mencari info “Sarisa Merapi” di google. Dan, tada! Saya menemukan akun instagramnya @olahansalaksarisamerapi.id dan webnya di sarisamerapi.my.id untuk info harga dan di mana membelinya.

Oh iya, Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman dibuat tanpa gula, sehingga aman untuk penderita diabetes selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Yuk, diborong!

Baca juga artikel tentang Kuliner atau tulisan menarik lainnya Nurya Auris.

Sarisa Merapi, Manisan Salak Pondoh yang Siap Saingi Carica

Cara membeli Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman

Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman bisa dibeli secara online melalui Slemanmart.id, akun instagram @SlemanMart atau langsung chat admin wa.me/+6289523390203

Selain itu, Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman juga tersedia di akun instagramnya @olahansalaksarisamerapi.id dan webnya di sarisamerapi.my.id untuk info harga dan di mana membelinya.

Satu kemasan Sarisa Merapi Sari Salak Pondoh Oleh-Oleh Khas Sleman dengan isi 6 cup, dibanderol dengan harga Rp18.000.

Lokasi PLUT Koperasi & UKM Sleman

PLUT Sleman berlokasi di jalan Candi Gebang, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Tepat di depan rumah dinas Bupati Sleman.

Silakan klik google maps untuk lokasi PLUT Sleman yang lebih lengkap.

Sleman Mart adalah fasilitas layanan dari Pemerintah Kabupaten Sleman di bawah garis komando Dinas Koperasi dan UKM Sleman melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sleman.

Produk-produk yang dijual di PLUT Sleman adalah produk UMKM Sleman.

Ayo, kita borong bareng produk UMKM!

Load More Related Articles
Load More By Nurya Auris
Load More In Review