Road Trip Dalam Waktu Dekat? Ini 5 Tips Ringan Pengecekkan Sepeda Motor

8 min read
0
106

genpijogja.com – Halo sobat GenPI Jogja, kali ini saya akan membagikan tips pengecekan ringan untuk kalian yang hobi piknik naik sepeda motor. Langkah-langkah ini penting dilakukan sebelum kita berpiknik ria, ga asik kan kalau kamu lagi road trip terus di tengah perjalanan motor kamu bermasalah.

Nah, apa saja yang perlu kita lakukan untuk menghindari hal-hal yang merusak kenyamananmu berkendara. Berikut ini langkah awal pengecekkan sepeda motor secara ringan.

Road Trip Dalam Waktu Dekat? Ini 5 Tips Ringan Pengecekkan Sepeda Motor. Sumber gambar : google
Road Trip Dalam Waktu Dekat? Ini 5 Tips Ringan Pengecekkan Sepeda Motor. Sumber gambar : Google

 

1. Cek Roda Sepeda Motor

Roda terdiri atas ban, velg, jeruji dan tromol (perangkat pengereman). Pastikan kondisi ban sepeda motormu masih layak pakai.

Untuk memastikannya dapat dilihat dari motif ban yang masih tebal. Apabila ban sudah tipis segera lakukan penggantian. Kemudian velg dan jeruji bisa kita lihat dengan cara motor dalam posisi standart tengah, lalu putar apakah putarannya goyang-goyang atau tidak.

Apabila putaran roda bergoyang-goyang bisa dibawa ke tukang stel velg. Nah, untuk perangkat pengereman bisa dicek apakah pengereman terlalu dalam atau belum. Untuk rem jenis cakram, Cara mengeceknya dengan menjalankan motor kemudian kita rem, apabila terdengar seperti ada suara gesekan besi dengan besi maka perlu dilakukan penggantian kampas rem.

2. Cek Shockbreaker

Road Trip Dalam Waktu Dekat? Ini 5 Tips Ringan Pengecekkan Sepeda Motor. Sumber gambar : google
Road Trip Dalam Waktu Dekat? Ini 5 Tips Ringan Pengecekkan Sepeda Motor. Sumber gambar : Google

Shockbreaker atau alat peredam kejut ini juga wajib kita cek. Selain terkait keselamatan, kita juga perlu mengecek kenyamanannya. Yes, traveling naik sepeda motor seperti mencari pasangan hidup, kamu juga harus mencari yang memberi kenyamanan.

Shockbreaker ini bisa kita cek secara visual dengan melihat apakah ada bocoran oli pada masing-masing tabung shockbreaker. Apabila ada bocoran langsung kita bawa ke tukang servis shock atau kalau kalian sedang punya uang berlebih, saya sarankan langsung mengganti dengan shockbreaker yang baru. Saya sarankan untuk menggunakan shockbreaker original agar kenyamananmu berkendara selalu terjaga.

3. Cek Kelistrikan

Kelistrikan pada sepeda motor meliputi lampu depan, lampu sein, lampu belakang, klakson, indikator bbm dan CDI serta COIL ( komponen pengapian mesin ).

Sumber listrik pada sepeda motor berasal dari alternator yang berada di dalam mesin yang kemudian disimpan oleh accu. Agar listrik dapat tersimpan dengan maksimal, maka accu harus dalam kondisi sehat.

Untuk accu basah pastikan kondisi air accu masih dalam batas yang ditentukan. Terkait undang-undang terbaru yang mewajibkan pengguna sepeda motor menyalakan lampu utama di siang hari, maka kelistrikan pada sepeda motor wajib dilakukan pengecekkan secara berkala.

Untuk sepeda motor dengan lampu bohlam bisa dilihat apakah bohlam sudah gosong menghitam atau masih jernih. Kalau sudah gosong bisa langsung diganti agar tidak putus di tengah jalan.

Lampu sein wajib berwarna orange dan berkedip, apabila tidak berkedip bisa dicek flasher-nya. Biasanya berada di dalam cover body, kalau kamu ga mau ribet, bongkar cover body atau langsung masukin bengkel.

Kemudian klakson bisa kita tes dengan cara memencet tombol klakson, kalau bunyi berarti masih normal. Dan indikator BBM wajib berfungsi normal untuk mengetahui seberapa banyak BBM yang masih tersisa di dalam tangki motor kita.

4. Cek Mesin Sepeda Motor

Road Trip Dalam Waktu Dekat? Ini 5 Tips Ringan Pengecekkan Sepeda Motor. Sumber gambar : google
Road Trip Dalam Waktu Dekat? Ini 5 Tips Ringan Pengecekkan Sepeda Motor. Sumber gambar : Google

Untuk mesin sepeda motor, pengecekan secara visual dapat dilakukan dengan cara melihat apakah ada bocoran oli/BBM. Cek juga dengan cara mendengarkan apakah ada suara asing atau tidak.

Kemudian ketika digas apakah suara jernih (tidak mbrebet) atau tidak. Apabila menemui salah satu dari masalah ini, langsung masukkan sepeda motor ke bengkel untuk servis mesin.

Bagi kalian yang bisa bongkar mesin, kamu bisa bongkar sendiri untuk mengirit ongkos. Disarankan untuk perjalanan jauh sebelum berangkat ada baiknya melakukan penggantian oli mesin.

Periksa kekencangan rantai, apabila sudah kendor bisa distel ulang. Tetapi kalau sudah mentok dan masih kendor segera lakukan penggantian. Untuk motor jenis matic, pastikan V-belt masih layak pakai. V-belt dilakukan penggantian setiap ± 24.000KM. Kalau kamu ragu, saya sarankan mengganti dengan yang baru untuk menghindari putus ditengah perjalanan road trip-mu.

5. Cek Kelengkapan Atribut Sepeda Motor

Yang nampak tidak penting tapi sebenarnya sangat penting adalah kelengkapan aksesoris sepeda motormu. Misal saja, spion motor, helm, SIM, STNK dan plat sepeda motor. Ada banyak tempat yang menerapkan peraturan begitu strik. Gunakan helm sesuai standar SNI dan pastikan spionmu lengkap agar tidak ditilang oleh pak Polisi. Satu lagi, plat sepeda motormu, pastikan sudah membayar pajak dan diganti yang sesuai peraturan.

Nah itu tadi beberapa tips pengecekan ringan sepeda motor sebelum berangkat road trip sepeda motor. Salam buat bapak Polisi dan tetap safe road!

Baca juga artikel terkait Tips Traveling atau tulisan menarik lainnya Ardiphoto.
Load More Related Articles
Load More By ardiphoto
Load More In Tips Traveling