Rindu Chrisye, Musica Rilis Harta Karun Terpendam Sejak Tahun 1992

5 min read
0
12

Setelah 28 Tahun terpendam, Musica Studio dengan bangga merilis lagu almarhum Chrisye pada September 2020. Musica Studio menggelar acara Virtual Gathering pada Senin (28/09) sekaligus merilis secara resmi lagu yang bertajuk ‘Rindu Ini’ tersebut.

Acara ini dihadiri oleh Indrawati Widjaja selaku Executive Producer Musica Studio, Tito Soemarsono dan Cecep selaku pencipta lagu, Dwiki Dharmawan selaku produser music, dan Pasha yang tak lain adalah putra bungsu Chrisye, serta para media dan fotografer senior.

Cover

Lagu yang berjudul ‘Rindu Ini’ selesai digarap 28 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1992. Namun, lagu ini baru dirilis oleh Musica Studio di bulan September 2020. Hal ini sengaja dilakukan bertepatan dengan bulan kelahiran Chrisye, sebagai hadiah bagi para penggemar.

Tito Soemarsono dan Cecep sebagai pencipta lagu menuturkan bahwa lagu ini bercerita tentang seseorang yang jatuh hati terhadap pasangannya. Ada rasa rindu yang masih tersimpan. Meskipun ada cerita sedih di masa lalu, tetapi dia tetap tulus mencintai sang kekasih kelak hingga akhir hayatnya.

Liriknya begitu dalam. Dengan balutan aransemen dan musik yang pas, lagu ini masih dan sangat relevan untuk masa kini. Lagu ini hadir bak oase bagi para penggemar Chrisye yang sangat rindu dengan karya-karyanya, sesuai dengan judul lagu yang dirilis, yang juga menceritakan kerinduan.

Putra Bungsu almarhum Chrisye juga tak menyangka jika masih ada karya ayahnya yang tersimpan selama 28 tahun.

“ Ya enggak nyangka sih ternyata masih ada lagu papa yang tersimpan di Musica. Pas dengerin ini lagunya dalam ya, jadi obat rindu kepada papa” tutur Pasha Chrismansyah pada virtual gathering yang diselenggarakan pada Senin (28/09).

Bu Acin selaku Executive Producer Musica Studio juga banyak bercerita soal proses ketika dirinya menemukan harta terpendam ini.

“Awalnya kami memeriksa semua master-master audio yang ada di Musica. Ternyata kami menemukan unrilis song dari Chrisye, ya lagu Rindu Ini” ungkap bu Acin semangat.

Bu Acin juga menuturkan bahwa proses pemilihan lagu yang menjadi andalan tidak mudah. Perlu pertimbangan yang matang untuk memasukkan lagu andalan di dalam album.

“ Lagu ini awalnya memang disimpan untuk jadi lagu andalan di album berikutnya, eh malah benar-benar tersimpan dan baru ditemukan tahun ini, seperti karta karun saja”, tambahnya.

WhatsApp Image 2020-09-28 at 16.41.17

Dwiki Dharmawan yang juga terlibat sebagai produser musik lagu ini mengungkapkan, “Lagu ini menggunakan teknologi modern pada masanya di awal tahun 90-an. Jika didengarkan music dan aransemennya masih cocok dengan zaman sekarang,”.

Ia juga mengaku dalam prosesnya Chrisye meminta dirinya untuk menambahkan synthesizer suapaya jangan gitar akustik semua yang keluar.

Dihadapan teman-teman dan semua orang Chrisye adalah sosok yang perfeksionis namun ramah kepada semua orang. Bagi sang legenda, itu adalah kerja professional yang sangat dia cintai.

“Suara Chrisye itu unik, musikalitasnya bagus. Kalo orang memilih lagu, maka dalam kasus ini lagu yang memilih Chrisye untuk dinyanyikan. Makanya lagu-lagunya begitu membekas,” ungkap Bens Leo.

Siapa yang tak kenal Chrisye, sosok legendaris dalam kancah musik tanah air. Lagunya yang selalu pas buat kita dari dulu hingga sekarang. Meski telah mangkat, Chrisye tetap lah Chrisye, penyanyi yang punya karakter kuat dan luar biasa. Siapa sangka, dari banyaknya lagu yang telah dirilis, ada satu lagu yang belum dirilis ke publik.

Lagu bertajuk ‘Rindu Ini’ sudah dapat didengarkan melalui berbagai platform musik digital seperti Youtube, Spotify dan sebagainya, sejak tanggal 25 September 2020.

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In News