Rilis Single Terbaru, Jikustik Gandeng Penyair Agus Noor

5 min read
0
62

Genpijogja.com – Jikustik luncurkan single terbaru di Seprekan Kitchen & Bar hari Senin (17/02) sore. Tidak hanya satu single, namun dua. Single “Aku Masih Punya Puisi” yang sudah dirilis sejak 17 Januari 2020 dan single “Hanya Aku yang Merasa” dirilis kemarin pukul 17:00 WIB. Peluncuran single terbaru ini dihadiri oleh keempat anggota Jikustik: Dadi, Adhit, Carlo dan Brian. Mereka hadir untuk berbincang dengan rekan-rekan media.

Rilis Single Terbaru, Jikustik Gandeng Penyair Agus Noor
Rilis Single Terbaru, Jikustik Gandeng Penyair Agus Noor

Bertahun-tahun Jikustik melakukan transisi pergantian vokalis,  band yang terkenal dengan tembang “Puisi” dan “Selamat Malam Dunia” ini kembali hadir dengan mengusung konsep “Kolaborasi”.

“Kami melibatkan pihak-pihak lain yang berkompeten dalam bidang media, produksi musik, produksi video, dan unsur-unsur lainnya yang berkaitan dengan pembuatan karya kreatif tersebut” jelas Adhit, keyboardist dari Jikustik. Pihak yang berkolaborasi adalah pihak yang berkompeten dan merasa tertarik untuk berkolaborasi dengan Jikustik.

Jikustik berkomitmen untuk merilis lagu tiap bulan secara konsisten setiap tanggal 17 dari Januari 2020, hingga Februari 2021. Sehingga, dari periode tersebut akan terbit sejumlah 14 judul lagu. Hal ini bertepatan dengan ulang tahun Jikustik yang ke-25. Selain merilis lagu, Jikustik berencana menyelenggarakan konser perak pada tahun 2021 dengan materi-materi yang telah dikumpulkan dari awal tahun 2020. Lagu-lagu dan video klip dari seri Kolaborasi tersebut saling berkaitan dan memiliki akhir cerita yang bahagia.

Single pertama yang dirilis pada tahun 2020, “Aku Masih Punya Puisi”,  memulai seri lagu Kolaborasi. Lagu tersebut sudah dirilis di situs menonton video, Youtube, dan situs-situs pemutar lagu lainnya seperti Spotify. Lirik dari lagu ini berdasarkan puisi dari Agus Noor yang tercantum di buku Barista Tanpa Nama dengan judul yang sama.

“Lirik lagu tersebut bukan (isi secara gamblang dari) puisi (dari) Agus Noor, melainkan rangkuman sajaknya. Agus Noor ikut dalam proses brainstorming dari isi lagu” jelas Adhit.

Lagu tersebut mengusung kembali lagu-lagu Jikustik yang telah dirilis pada tahun 2000an. Lagu tersebut menceritakan kekuatan seseorang yang memilih untuk diam walaupun ditinggalkan oleh kekasihnya karena di dalam hatinya masih ada puisi yang selalu menjaga rasa rindunya pada orang tersebut. Video klip yang ditampilkan memiliki isi yang serupa. Yaitu seorang pria yang mengingat kenangan tentang kekasih lamanya yang telah berpisah dengannya. Bertahun-tahun kemudian bertemu dengannya kembali bersama suami dan anak dari kekasih lama tersebut.

Selain berkolaborasi denga Agus Noor dalam masalah lirik, Jikustik juga berkolaborasi dengan Tyo Adrian dalam masalah produksi musik. Tyo Adrian sendiri pernah bekerja dengan Jikustik pada albumnya yang terdahulu yaitu “Malam”.

Pada Media Gathering tersebut juga diputarkan video klip single kedua yang dirilis pada tahun ini, “Hanya Aku yang Merasa”, pada pukul 17:00 WIB. Lagu tersebut masih berkaitan dengan lagu sebelumnya. Jika lagu sebelumnya merupakan akibat, maka lagu ini adalah sebabnya. Lagu tersebut menceritakan tentang sebuah cinta yang terbentur oleh ‘friend zone’ yang mengakibatkan tokoh utama tidak mengatakan perasaannya sehingga memilih untuk mempertahankan persahabatan.

Untuk membentuk sebuah suasana yang dalam, maka Jikustik bekerja sama dengan Andika Prabhangkara dalam pemilihan sound, akord, dan komposisi orkestranya. Andika Prabhangkara sendiri pernah memproduseri tiga album pertama Jikustik, yaitu Seribu Tahun (2000), Perjalanan Panjang (2002), dan Sepanjang Musim (2003). Acara ditutup dengan penampilan langsung Jikustik membawakan dua lagu yang baru dirilis tersebut.

Rilis Single Terbaru, Jikustik Gandeng Penyair Agus Noor
Rilis Single Terbaru, Jikustik Gandeng Penyair Agus Noor

Sejauh ini, Jikustik telah membuat 6 lagu untuk seri “Kolaborasi” ini termasuk dua lagu yang telah dirilis tadi. Lagu-lagu lainnya masih dalam tahap pembuatan. Pihak yang akan berkolaborasi dengan Jikustik untuk lagu mendatang akan disampaikan nantinya.

Load More Related Articles
Load More By Muhammad Faiz
Load More In News