Reog Wonogiri Hingga Tarian Anak Tembi Membuka Pre-Event JISP 2019

6 min read
0
76

genpijogja.com – Pre-event Jogja Internasional Street Performance (JISP) 2019 telah dimulai sejak Sabtu (21/09) sore pukul 16.00 hingga 00.05 WIB. Acara yang dibuka untuk umum mulai tanggal 21 hingga 23 September 2019 ini berlokasi di sepanjang pedestarian Malioboro mulai dari Gedung Agung hingga Monumen Serangan Oemum 1 Maret, kawasan Kilometer Nol Yogyakarta.

Kegiatan pre-event masih satu rangkaian dengan Jogja Internasional Street Performance (JISP) 2019. Sabtu sore acara ini dibuka dengan penampilan tarian Reog dari Wonogiri, Sanggar Anak Tembi dan Krincing Manis.

Reog Wonogiri Hingga Tarian Anak Tembi Membuka Pre-Event JISP 2019Jogja Internasional Street Performance_Zakaria Saputra
Reog Wonogiri Hingga Tarian Anak Tembi Membuka Pre-Event JISP 2019

“Saya datang kesini niatnya untuk jalan-jalan bersama keluarga, ternyata ada acara pertunjukan yang membuat saya dan keluarga tertarik untuk berhenti melihat. Anak saya suka sekali dengan pertunjukan seperti ini”, ungkap Yono salah satu penonton dari Bantul.

Yono merupakan satu dari sekian banyak penonton yang memadati kawasan Kilometer Nol Yogyakarta untuk melihat pagelaran tari yang dihelat Jogja Internasional Street Performance (JISP) 2019.

Kehadiran wisatawan ini sesuai dengan target diselenggarakannya Jogja Internasional Street Performance (JISP) dalam rangka mempromosikan tarian tradisional Indonesia sebagai daya tarik pariwisata. Wisatawan yang sedang berkunjung sekitar Malioboro pun merasa senang dengan digelarnya Jogja Internasional Street Performance di sepanjang pedestarian Malioboro.

Jogja International Street Performance (JISP) merupakan perhelatan seni pertunjukan yang digelar oleh Dinas Pariwisata DIY bersama dengan Jaran Production sejak tahun 2010. Mengusung tema “Jogja The Dancing City”, JISP melibatkan seniman-seniman seni pertunjukan dari Indonesia dan mancanegara.

Baca juga: Kejar Target 2 Juta Wisman, Menpar Arief Yahya Gelar FGD di Bandara YIA
Reog Wonogiri Hingga Tarian Anak Tembi Membuka Pre-Event JISP 2019
Reog Wonogiri Hingga Tarian Anak Tembi Membuka Pre-Event JISP 2019

Perhelatan Jogja International Street Performance (JISP) sendiri akan dilaksanakan setiap hari sejak tanggal 21 hingga 23 September 2019 mulai jam 16.00 – 22.00 WIB di ruang-ruang publik Yogyakarta di sepanjang pedestrian Malioboro.

Jogja Internasional Street Performance 2019 sendiri berangkat dari isu-isu terkait ketersediaan ruang publik, kreativitas masyarakat Jogja dan pariwisata di Jogja. “Dari sisi ruang sebenarnya kita kekurangan, karena Malioboro sebenarnya bukan ruang publik, tapi pedestrian. Sementara gedung-gedung pertunjukan di Jogja sudah penuh setiap weekend”, ujar Bambang Paningrong Direktur Jogja Internasional Street Performance (JISP) 2019.

Panggung konvensional Jogja Internasional Street Performance 2019 dipusatkan di Monumen Serangan Oemum 1 Maret. Sengaja digelar di tempat umum, harapannya acara ini akan menghilangkan jarak antara seniman dan masyarakat sebagai pendukung utama produk seni budaya. Tujuan JISP adalah berperan aktif dalam pengembangan atraksi wisata budaya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Persoalannya adalah bagaimana para seniman dapat menunjukkan keahliannya pada ruang-ruang yang sebenarnya bukan tempatnya. Jogja Internasional Street Performance 2019 mencoba menjadi solusi dari pertanyaan-pertanyaan itu.

Jogja Internasional Street Performance 2019 diikuti oleh seniman-seniman seni pertunjukan dari mancanegara, diantaranya Romo Dance Theatre (Malaysia), Rama Simon (Korea Selatan), Air Dance (Filipina) dan Silver Belle (Kamboja).

Selain itu menghadirkan pula seniman dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya: KHP Kridhomardowo (Yogyakarta), Didik Nini Thowok (Yogyakarta), Anterdans (Yogyakarta), Bellacoustic (Kalimantan Tengah), Pragina Gong (Yogyakarta), Sanggar Dangkedunai Batam (Kepulauan Riau), Anis Harliani (Bandung), Puri Senjani Apriliani (Surabaya), Bagus Masazupa (Malang) dan UKMBS Universitas Lampung (Lampung).

Baca juga: Jogja Internasional Street Performance Kembali Digelar, Catat Tanggal dan Agendanya!
Reog Wonogiri Hingga Tarian Anak Tembi Membuka Pre-Event JISP 2019
Reog Wonogiri Hingga Tarian Anak Tembi Membuka Pre-Event JISP 2019

Kegiatan Jogja Internasional Street Performance 2019 diharapkan dapat menjadi ruang berekspresi para seniman dalam mempresentasikan aktivitas seni dari wilayah dan negara mereka masing –masing. Selain itu, sebagai wadah berinteraksi dan berkolaborasi bertaraf internasional sehingga ruang pertukaran budaya antarbangsa dapat terwujud.

Perhelatan Jogja Internasional Street Performance 2019 yang telah berlangsung sejak tahun 2010 akan semakin mengukuhkan Jogja sebagai “The Dancing City”.

Baca juga artikel terkait JISP atau tulisan menarik lainnya Zakaria Saputra.
Load More Related Articles
Load More By Zakaria Saputra
Load More In Event