Renyahnya Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman

8 min read
1
91

genpijogja.com – Siapa yang tak kenal camilan Pie Susu? Oleh-oleh asal Bali ini sangat terkenal eksistensinya. Camilan ringan yang cocok di segala suasana.

Namun, apa jadinya kalau Pie Susu Bali berubah menjadi Pie Salak Oleh-Oleh Khas Sleman?

Baca juga: Pecah di Mulut, Brownies Salak Kayana Khas Sleman Bikin Ketagihan

Renyahnya Pie Salak Chooby khas Sleman

Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman adalah olahan kekinian dari buah salak pondoh khas Sleman yang dikembangkan menjadi UMKM. Satu-satunya camilan pie dari salak khas Sleman dengan merk Chooby.

Pie Salak ini adalah salah satu produk UMKM Sleman yang memanfaatkan buah salak pondoh menjadi salah satu inovasi produk unggulan.

Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman dikembangkan oleh Bu Euis Yoppie warga Ngaglik, Sleman. Chooby berasal dari kata bahasa Jawa ‘Nyobi’ yang artinya mencoba.

“Ide membuat pie salak karena Sleman terkenal akan Salak Pondoh-nya. Kami memanfaatkan buah salak pondoh itu untuk menjadi oleh-oleh khas Sleman Yogyakarta. Tentu saja ini terinspirasi dari Pie Susu Bali,” jelas Bu Euis yang saya hubungi via aplikasi chat WA.

Penasaran, saya buka Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman yang sudah beberapa hari berada di kulkas sejak seorang kawan memberinya kepada saya. Kaget melihat tanggal daluarsanya, saya kira sudah lewat, ternyata belum. Syukurlah masih lama.

Kemasan kotaknya simple berbentuk persegi panjang, sama seperti kebanyakan pie susu yang lain. Satu box Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman berisi 9 buah ini dibanderol dengan harga Rp30.000.

Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman memiliki 3 varian yaitu, original, brownis dan matcha/green tea. Warna kemasannya pun berbeda.

Kebetulan saya mendapat Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman rasa original dengan kemasan berwarna putih. Pie Salak varian brownis mempunyai kemasan berwarna coklat kekuningan dan pie salak varian matcha berwarna hijau.

Baca juga: Rasa Unik Bakpia Mutiara, Kulit Renyah, Isian Lumer dan Sensasi Semriwing

Renyahnya Pie Salak Chooby khas Sleman

Saya keluarkan Pie Salak ChoobyPie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman dari kotaknya, tiap pieces-nya terbungkus rapi dengan plastik sehingga terjaga kebersihannya.

Kemudian saya bagikan kepada keluarga di rumah. Komentar Ayah saya, “Salaknya terasa.” Sedangkan adik saya, berkomentar: “Manis, renyah. Ya seperti pie.”

Duh, maafkan adik saya yang tidak pintar berkomentar, ya.

Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman bertekstur keras di luar dengan semacam selai/ fla salak bertabur keju di atasnya. Ketika masuk ke dalam mulut, pie-nya sangatlah renyah dan gurih.

Selai salaknya terasa manis dan lumer di mulut. Manisnya pas tidak membuat eneg. Jika beberapa pie susu biasanya meninggalkan residu di langit-langit mulut, Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman malah tidak meninggalkan residu sama sekali.

Baca juga: Segarnya Minum Ombena Yellow Seabed

Renyahnya Pie Salak Chooby khas Sleman

Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman pertama kali dipasarkan Agustus 2018, kemudian mendapat apresiasi oleh Pojok Konsultasi Sleman yaitu Piagam Penghargaan UMKM Sleman pada tanggal 8 November 2018. Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman sudah bersertifikat halal, lho.

“Pertama kali dipasarkan tangan 26 Agustus 2018 diajak kawan untuk ikut bazar produk UMKM, Mbak.”kisah Bu Euis kepada penulis.

Beberapa kawan Bu Euis pun akhirnya juga ikut memasarkan produk Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman dan menjadi resellernya. Hebat bukan?

Kalau mau order Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman, bagaimana caranya, kak?

Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman sudah dipasarkan di Slemanmart.id kalian bisa pesan di sana. Tapi sistemnya Pre Order selama dua hari.

Selain itu bisa kontak semua medsosnya Pie Salak Chobby. Salah satunya di IG @pie_salak_chooby. Bisa juga melalui kontak WA di 08170512736.

Jika kalian terburu-buru ingin langsung membeli Pie Salak Chobby sudah tersedia di Toko Oleh-oleh Baim Wong dan akan segera tersedia di Toko Oleh-oleh PRABU.

Mumpung sebentar lagi mau lebaran, Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman bisa menjadi pilihan warga Sleman, Magelang, Kota Jogja, Bantul, Kulon Progo, Gunungkidul bahkan lain kota sebagai hantaran parcel lebaran atau oleh-oleh khas Sleman untuk sanak keluarga setelah mudik.

Dijamin tidak akan mengecewakan. Saya sendiri juga penasaran dengan varian rasa yang lainnya.

Yuk, kita bantu UMKM Sleman!

Baca juga artikel tentang Kuliner atau tulisan menarik lainnya Sany Maya.

Cara membeli Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman

Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman bisa dibeli secara online melalui Slemanmart.id, akun instagram @SlemanMart atau langsung chat admin wa.me/+6289523390203

Satu kotak Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman berisi 9 buah pie dan dibandrol dengan harga Rp30.000 per kotak.

Pie Salak Chooby Oleh-Oleh Khas Sleman diproduksi oleh Bu Euis Yoppie warga Ngaglik, Sleman.

Lokasi PLUT Koperasi & UKM Sleman

PLUT Sleman berlokasi di jalan Candi Gebang, Beran Kidul, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511. Tepat di depan rumah dinas Bupati Sleman.

Silakan klik google maps untuk lokasi PLUT Sleman yang lebih lengkap.

Sleman Mart adalah fasilitas layanan dari Pemerintah Kabupaten Sleman di bawah garis komando Dinas Koperasi dan UKM Sleman melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sleman.

Produk-produk yang dijual di PLUT Sleman adalah produk UMKM Sleman.

Ayo, kita borong bareng produk UMKM!

Load More Related Articles
Load More By Sany Maya
Load More In Review