Pulang ke Jogja, Pulang ke De Prabon

6 min read
0
58

genpijogja.com – De Prabon, restoran yang terbilang baru di selatan Jogja. Terletak di seberang Pasar Ngoto Triwindhu jalan Imogiri Barat. De Prabon menawarkan suasana makan yang tenang dan nyaman. Tak hanya memiliki desain interior khas Jawa dengan Joglo dan lampu hiasnya, De Prabon juga memiliki sudut instagramable yang didesain lebih modern dengan tanaman hias dan dinding monokrom.

Bagi Anda yang sedang mencari lokasi berkumpul atau akan mengadakan pertemuan, De Prabon bisa jadi pilihan. Dengan daya tampung kurang lebih 80 pengunjung, Anda bisa memilih berbagai lokasi tempat duduk, di dekat taman atau lesehan di Joglo. Jauh dari pusat kota, menjadikan De Prabon sebagai alternatif untuk mengobrol hangat dengan keluarga atau rekan sejawat.

Pulang ke Jogja, Pulang ke De Prabon
Pulang ke Jogja, Pulang ke De Prabon

Menu yang ditawarkan tidak banyak, tapi mengenyangkan dengan harga terjangkau. Beberapa diantaranya adalah nasi sayur lodeh lauk telur dadar, nasi brongkos lauk ceker, nasi goreng spesial dan menu serba panggang. Tersedia juga aneka gorengan, antara lain bakwan, pisang dan tempe. Tak lupa, berbagai minuman khas angkringan tersedia di sini. Mulai dari wedang uwuh sampai bajigur.

Saya memesan nasi sayur lodeh lauk telur dadar, pisang goreng, wedang uwuh dan wedang bajigur. Untuk menu nasi sayur lodeh, kuahnya gurih, tidak terlalu kental, tapi masih terasa santannya. Komposisi lodeh tidak selengkap biasanya, hanya ada potongan labu, irisan kacang panjang dan melinjo.

Pulang ke Jogja, Pulang ke De Prabon
Sayur Lodeh khas De Prabon

Mengingat harganya, menu nasi sayur lodeh De Prabon sudah lebih dari cukup. Lauk telur dadar pun digoreng dengan minyak yang banyak dan panas, sehingga lebih mengembang jika dibandingkan telur dadar biasa. Nasi sayur lodeh dengan lauk telur dadar, satu menu sederhana yang sukses membuat saya kekenyangan.

Jika biasanya, pisang goreng cocok ditemani segelas teh panas, kali ini saya memilih wedang uwuh sebagai pelengkap. Bagi yang belum tahu, wedang uwuh secara harfiah berarti minuman sampah. Lebih tepatnya, wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip sampah.

Wedang uwuh disajikan panas, perpaduan manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Untuk wedang bajigur, minuman khas Jawa Barat ini rasanya manis gula dan gurih santan. Saya yang sudah beberapa kali mencoba bajigur di berbagai tempat, khusus wedang bajigur De Prabon, bagi saya rasanya hambar, tapi tetap dapat menghangatkan badan.

Pulang ke Jogja, Pulang ke De Prabon
Wedang Uwuh di De Prabon

Tersedia juga menu lain yang ramah kantong, yakni indomie dan kopi, semuanya diharga Rp5.000 saja. Bagi Anda yang sedang mengurangi konsumsi ayam broiler, jangan khawatir, pesan saja soto ayam kampung De Prabon.

Dengan slogan ‘Bajigur Tenan’, pada dasarnya De Prabon memang khusus menyajikan menu rumahan khas Jawa. Pengunjung yang mayoritas adalah keluarga, umumnya menghabiskan waktu satu jam di sini. Seperti pulang ke rumah, De Prabon selalu menyambut dengan pintu terbuka dan masakan hangat yang langsung disajikan dari pawon De Prabon.

Fasilitas yang tersedia di De Prabon antara lain Joglo yang bisa diatur sesuai permintaan pengunjung, taman, ayunan, sudut swafoto, musala dan toilet. Untuk tempat parkir, De Prabon bisa menampung 4-5 mobil, sepeda motor menyesuaikan.

Pulang ke Jogja, Pulang ke De Prabon
Pulang ke Jogja, Pulang ke De Prabon

Jika Anda membawa rombongan, disarankan untuk mengendarai kendaraan umum atau menggunakan jasa ojek daring (online) demi kenyamanan bersama. Sayangnya, jalan menuju De Prabon belum terpasang penanda, percayakan saja pada aplikasi google maps untuk mengantar Anda hingga selamat ke tempat tujuan.

Jadi, kapan pulang ke Jogja? Mari bertemu di De Prabon, rumah makan berdesain Jawa, yang selalu terbuka untuk Anda singgahi.

De Prabon
@deprabon

087838849557
Buka setiap hari pukul 06.00-21.00 WIB
Jalan Imogiri Barat No.56, Semail, Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188
Menerima pesanan nasi box.

Baca juga artikel tentang Kuliner atau tulisan menarik lainnya Farras.
Load More Related Articles
Load More By hsnfarra
Load More In Kuliner