Pukulan Lesung Menteri Pariwisata Arief Yahya Menandai Launching Pasar Kakilangit

4 min read
0
140

BANTUL- Pasar Kakilangit sebagai pilot project destinasi digital di DIY resmi dibuka. Peresmian ini dilakukan langsung oleh Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata RI dengan memukul lesung (31/7). Panggung terbuka Pasar Semi Kakilangit menjadi saksi peristiwa bersejarah ini.

Foto milik Kennedy Rahmat (Anggota Genpi Jogja)
Foto milik Kennedy Rahmat (Anggota Genpi Jogja)

Pembukaan Pasar Kakilangit ini dikemas dalam acara diskusi santai atau yang biasa warga Jogja sebut jagongan. Pada kesempatan ini, Nunung Elisabet selaku koordinator GenPI Jogja menjadi moderator Jagongan Destinasi Digital yang dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat. Hadir sebagai pembicara diskusi mengenai destinasi digital ini adalah Menteri Pariwisata, Wakil Bupati Bantul, Pengembang Wanawisata Mataram, dan Lurah Pasar Mangunan.

Arief Yahya menyampaikan pariwisata menjadi wahana yang mudah dan murah untuk membangun perekonomian. Adanya destinasi digital seperti Pasar Kakilangit dapat menyejahterakan masyarakat lokal dan GenPI. Hal ini dikarenakan adanya sharing economy yang berlaku.

“Pasar Kakilangit yang dibuat GenPI transaksinya menyejahterakan masyarakat, pendapatan perkapita naik. Adanya GenPI sebagai pengelola sistem di media sosial menaikkan costumer value sehingga bisa menjadi daya tarik bagi investor,” ucapnya.

Selain dialog, acara ini juga menampilkan berbagai atraksi seni. Ada penampilan tradisional berupa Tari Sekar Pudyastuti, Gejog Lesung, dan Karawitan Anak. Tak ketinggalan, acara ini juga dilengkapi dengan flashmob anggota GenPI bersama paguyuban Dimas-Diajeng dan Koko-Cici DIY. Penampilan dari lintas komunitas ini dilakukan untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018.

Dalam kunjungannya ke Pasar Kakilangit, Arief Yahya juga melepaskan bibit ikan bersama GenPI Jogja dan Komunitas JAC. Bibit-bibit ikan ini dilepaskan di sendang yang ada di Pasar Kakilangit. Menteri Pariwisata ini juga sempat menyicipi kuliner yang ada di Pasar Kakilangit.

Lebih lanjut, Arief Yahya mengapresiasi adanya destinasi digital yang dikelola oleh warga Mangunan dan GenPI Jogja. Ia optimis untuk membangun lebih banyak destinasi serupa di wilayah DI Yogyakarta. DIY akan memiliki destinasi digital terbanyak di Indonesia.

“Saya sangat senang, destinasi digital akan kita bangun 7 lagi. Setiap kabupaten akan memiliki paling tidak satu destinasi digital, sehingga total ada 8 tempat. Jadi Jogja akan punya destinasi digital terbanyak di Indonesia,” jelasnya.

Nunung Elisabet atau yang akrab dipanggil Elzha menyatakan, kegiatan peresmian Pasar Kakilangit sekaligus dialog ini menjadi momentum penting bagi GenPI Jogja dan Pariwisata DIY. Bukan hanya adanya penambahan destinasi digital, tetapi juga berkumpulnya berbagai pihak untuk bekerja sama. Harapannya, semakin banyak pihak yang dapat terus berintegrasi dalam memajukan DIY di bidang pariwisata.

Load More Related Articles
Load More By rizkaita
Load More In News