PT KAI Daop 6 Yogyakarta Siap Mendukung Pariwisata dan ATF 2023 di Yogyakarta

5 min read
0
3,601

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui Raden Agus Dwinanto Budiadji selaku Executive Vice President KAI Daop 6  Yogyakarta yang didampingi jajarannya menyempatkan untuk silaturahmi dengan Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi, untuk bersinergi terkait kemajuan dan pelayanan KAI demi mendukung pariwisata di Kota Yogyakarta.

EVP Daop 6 didampingi Deputi EVP, Ssenior Manager Pam, Manager PAM Obvit, dan Manager Humas

“Kereta api ini kan menjadi salah satu gerbang pariwisata di Yogyakarta. Saat ini, penumpang kereta api sudah lebih banyak setelah tidak diberlakukan lagi PPKM. Tadi kami sempat sampaikan ke Pak Sumadi tentang update layanan kami bagi para penumpang,” tutur dia.

Pihaknya menyambut baik ide Sumadi untuk menghadirkan lebih banyak destinasi wisata di Kota Yogyakarta atau memunculkan Malioboro-Malioboro dengan versi yang lain. Hal itu perlu dilakukan supaya memecah konsentari pelancong pada satu titik saja dan mulai mengeksplorasi lebih banyak sudut Kota Yogyakarta.

“Itu memungkinkan menciptakan destinasi wisata baru muncul di wilayah milik kereta api. Mungkin itu bisa jadi destinasi wisata baru,” jelasnya.

Panoramic

Kemudian KAI Daop 6 Yogyakarta juga berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan guna menyambut perhelatan penting salah satunya Asean Tourism Forum (ATF) 2023 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 2-5 Februari 2023 mendatang.

“Pastinya, kami siap mendukung dan menyambut delegasi-delegasi ATF 2023, seperti halnya kami memberikan sambutan dan layanan terhadap tamu G20 lalu yang alhamdulillah sukses,” ujar Agus, Yogyakarta di kompleks Balaikota Yogyakarta, Rabu (18/1/2023).

ASEAN Tourism Forum adalah upaya kerja sama regional untuk mempromosikan ASEAN sebagai salah satu tujuan wisata dengan menonjolkan keramahan dan keragaman budaya Asia. Tuan rumah ASEAN Tourism Forum akan selalu berganti secara bergilir setiap tahunnya di antara negara-negara anggotanya.

Bukan sadar pertemuan, ASEAN Tourism Forum untuk bertukar pikiran, meninjau perkembangan industri, merumuskan rekomendasi guna mempercepat pertumbuhan pariwisata ASEAN, dan menyediakan wadah transaksi produk pariwisata regional dan individual negara-negara ASEAN.

Di ASEAN Tourism Forum ini, akan ada juga pertemuan para pejabat setingkat menteri dan pejabat senior yang dibagi ke dalam beberapa sesi, seperti Pertemuan ke-26 Menteri Pariwisata ASEAN, Pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN Plus Three (China, Jepang, Korea) ke-22, Pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN-India ke-10, dan lainnya. Perlu diketahui, peserta ASEAN Tourism Forum memang bukan hanya dari negara ASEAN, namun juga negara lain yang bekerjasama. Pertemuan-pertemuan tersebut tentunya diharapkan menghasilkan output yang berharga dan menguntungkan bagi setiap negara yang terlibat.

ATF 2023 ini mengambil tema “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations” dan diselenggarakan di Jogja Expo Center dengan upacara pembukaan di Candi Prambanan. Ini kedua kalinya Yogyakarta menjadi tuan rumah ATF, setelah lebih dari dua dekade lalu, tepatnya di tahun 2002. Peserta ATF meliputi 10 negara anggota Asean, beserta Jepang, Korea dan China.

Disinggung mengenai kondisi penumpang saat Natal dan tahun baru 2023, Agus menjawab, pihaknya telah mengangkut 331 ribu orang untuk kereta api Jarak Jauh. Angka tersebut terbilang cukup tinggi dibanding beberapa tahun sebelumnya karena DIY juga terdampak peningkatan kasus Covid-19.

Selain itu KAI juga telah melakukan uji coba pelayanan terbarunya yang berupa kereta Luxury Panoramic mulai 24 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023 lalu. Kereta ini memiliki desain mewah, berjendela kaca bening dan lebar. Selain itu, bagian atapnya juga memiliki jendela kaca untuk sensasi menikmati pemandangan yang lebih luas. Namun saat ini kereta tersebut sedang menjalani proses penyempurnaan di balai yasa Surabaya Gubeng dan harapannya dapat segera dioperasikan kembali dalam waktu dekat ini.

“Perkiraan akhir bulan Januari 2023 ini penyempurnaan tersebut selesai,” tutupnya.

Load More Related Articles
Load More By Dewangga Liem
Load More In Community