Promosikan Yogyakarta di Kala Pandemi, Dinas Kebudayaan Rilis Film Daya

5 min read
0
49

genpijogja.com – Jumat (6/11), bertempat di Kedai Kolega, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta berkerjasama dengan berbagai pihak mengadakan acara Ngobrol Bareng Daya #1. Acara ini sekaligus mengajak penonton untuk nobar (nonton bareng) film Daya. Tujuannya agar terjadi dialog antara pembuat dan pemeran film dengan penonton secara luas.

Film Daya mengangkat kisah romansa dalam balutan tiap sudut tempat wisata di Kota Yogyakarta dalam situasi pandemi. Film pendek bergendre romantis ini di sutradarai oleh Annisa Hertami. Debut pertamanya sebagai sutradara perlu diapresiasi.

Promosikan Yogyakarta di Kala Pandemi, Dinas Kebudayaan Rilis Film Daya

Ide awal film Daya yang dikembangkan oleh Yetti Martanti, produser dari film ini, berhasil diterjemahkan oleh Annisa Hertami dengan baik. Film yang bercerita mengenai seorang putri jawa modern, berpendidikan tinggi yang hidup ditengah pandemi. Didalamnya juga banyak memberikan gambaran bagaimana kehidupan masyarakat Jogja dalam menghadapi masalah di tengah pandemi.

Tak hanya menunjukkan relasi antara ibu dan anak dengan berbagai macam nasihat kehidupan, film Daya juga menunjukkan bagaimana Kota Yogyakarta beradaptasi dan berbenah diri kaitannya dengan penerapan protokol kesehatan yang mendukung kegiatan pariwisata.

Film Daya juga menunjukkan berbagai destinasi wisata yang menjadi unggulan Kota Yogyakarta. Film garapan Dinas Kebudayaan yang bekerjasama dengan Dimas Diajeng Jogja ini juga menunjukkan kesiapan destinasi tersebut dengan berbagai penerapan protokol kesehatan yang sudah sesuai standar dan siap untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Daya

Menurut Annisa Hertami yang menjadi sutradara dalam film Daya, ia mengaku sangat senang dalam debut pertamanya sebagai sutradara di film ini. Annisa juga merasa punya hutang budi terhadap Jogja sejak dia dinobatkan sebagai Diajeng Kota Yogyakarta pada tahun 2013 dan Diajeng Provinsi DIY di tahun 2014.

“Saya mengawali karir seni saya di Jogja, ditambah saya juga tergabung dengan Dimas Diajeng Jogja, yang kalau kata Mami Yetti itu tugasnya sepanjang hayat. Ini sebagai wujud cinta dan balas budiku untuk Jogja”, jelas Annisa.

Annisa juga mengharapkan pesan-pesan yang ada dalam film Daya bisa sampai ke khalayak luas. Pemberian subtitle dalam film menurutnya tak hanya sekedar menerjemahkan dialek Bahasa Jawa namun ini juga menjadi langkah dalam membantu teman-teman berkebutuhan khusus untuk dapat menikmati film ini.

Tak hanya itu, lagu yang menjadi backsound film Daya pun sengaja diciptakan apik oleh Band asal Kota Yogyakarta, Langit Sore. Lagu yang berjudul Petualang ciptaan Arman Harjo dan Kakung Triadmodjo ini semakin menghidupkan suasana romatis dalam film Daya.

Pemeran Adi dan Daya yang diperankan oleh Sekar Sari dan Denta Aditya juga terlihat sangat serasi dan menjiwai. Mereka menuturkan bahwa prosesnya tidak sulit karena sebelumnya mereka sudah kenal satu sama lain di Dimas Diajeng.

“Kalau tanya tantangan pendalaman peran, tidak sulit. Karena chemistry udah ada sejak di Dimas Diajeng. Yang susah adalah nahan ketawa karena selama proses produksi sering merasa awkward”, ungkap Sekar kepada rekan-rekan media.

Promosikan Yogyakarta di Kala Pandemi, Dinas Kebudayaan Rilis Film Daya

Film Daya dapat dinikmati semua kalangan melalui kanal Youtube Film Daya Official yang telah tayang sejak tanggal 3 November 2020. Untuk mengapresiasi film ini, acara Ngobrol Bareng Daya #2 akan kembali diselenggarakan pada tanggal 13 November 2020 pukul 18.30-20.30 WIB yang bertempat di Sua Coffee Palagan Sleman.

Sudah dipastikan bahwa tak hanya menikmati film tapi di acara Ngobrol Bareng Daya penonton juga dapat berdiskusi langsung bersama dengan Yetti Martanti selaku produser, Annisa Hertami sebagai sutradara sekaligus pemeran utama Daya dan Adi yang masing-masing diperankan oleh Sekar Sari dan Denta Aditya.

Acara nobar (nonton bareng) ini terbuka untuk umum, gratis namun perlu melakukan reservasi sebelumnya dengan panitia. Jika ingin ikut menonton, kamu bisa pesan kursimu segera dengan menghubungi +6281215521015.

Load More Related Articles
Load More By Pras Chandrawardhana
Load More In Event