Prambanan Jazz Festival 2021, Optimisme untuk Bersemi dalam Kolaborasi

5 min read
0
8

Prambanan Jazz Festival adalah perhelatan musik tahunan berskala internasional yang digelar di Candi Prambanan Yogyakarta. Perhelatan yang pertama kali digelar pada tanggal 16 Oktober 2015 ini selalu dinanti setiap tahunnya. Paduan festival musik jazz berskala internasional dan warisan budaya agung dunia Candi Prambanan menjadi suguhan yang mewah dan tidak biasa.

Masih dalam kondisi pandemi Prambanan Jazz Festival edisi ketujuh kali ini digelar dengan tajuk Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 “Live in Prambanan”. Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 telah dilaksanakan secara live on tape langsung dari Candi Prambanan dengan protokol kesehatan.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2021

Penonton bisa menyaksikan secara exclusive premier pada tanggal 19 – 20 November 2021 di iKonser Channel 459 SD|949 HD di UseeTV dengan menampilkan deretan musisi ternama tanah air, diantaranya Pamungkas, Ardhito Pramono, Nadin Amizah, Nita Aartsen & Eurasian Bigband feat Tompi, Letto, Swingayogya, Yura Yunita, Manjakani, dan Tulus.

“Penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 19 sampai 20 November 2021 besok adalah live tapping. Bagian yang unik yaitu kami sesuaikan betul dari rundown yang ada disesuaikan dengan jam penayangan, sehingga perhelatan ini seperti benar-benar live” ujar Ceo Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi pada Press Conference Prambanan Jazz yang digelar daring pada Kamis (18/11) siang.

Dengan semangat “Bersemi Dalam Kolaborasi”, tahun ini adalah kali pertama Prambanan Jazz Festival berkolaborasi dengan beragam lintas seni. Mulai dari seni musik, seni tari, hingga seni rupa. “Kenapa berkolaborasi, karena pada jaman seperti ini tanpa kolaborasi gak akan jalan. Bukan jamannya lagi saling berkompetisi” tambah Anas Syahrul Alimi. Dalam rangkaiannya,

Prambanan Jazz kali ini juga berkolaborasi dengan seniman tari dan seniman perupa. Konsep ini untuk menghadirkan nuansa yang lebih segar dari penyelenggaran sebelumnya. Anas menjelaskan kolaborasi ini akan menjadi sangat istimewa dan berbeda dari edisi sebelumnya.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 juga menampilkan sang maestro tari Indonesia, Didik Nini Thowok. “Akan berkolaborasi dengan sosok penari kondang Didik Nini Thowok. Lalu juga Wulang Sunu, salah satu illustrator muda asal Jogjakarta sebagai pembuat artwork Prambanan Jazz 2021,” katanya.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 juga menyelenggarakan program spesial bertajuk “Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021”.  Program kompetisi musik yang digagas oleh IndiHome, I-Konser Channel UseeTV dan Prambanan Jazz Festival.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2021

Program ini akhirnya dimenangkan oleh Bellacoustic, dan Floo, yang sama-sama berasal dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Bellacoustic dan Floo berkesempatan untuk datang langsung ke Yogyakarta dan tampil satu panggung dengan line up yang lain di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021.

“Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival 2021” dimaksudkan untuk mencari musisimusisi terbaik untuk tampil bersama deretan musisi-musisi tanah air di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021.

Kegiatan ini diharapkan akan menjadi ajang kesempatan bagi musisi yang berdomisili di Kalimantan untuk menunjukkan karya mereka kepada khalayak luas pecinta musik tanah air. Dimulai dari Kalimantan, selanjutnya Prambanan Jazz Festival akan mencari musisi-musisi potensial dari berbagai daerah di Indonesia.

Perhelatan musik ini, meskipun dilangsungkan secara daring, tetap diharapkan mampu menggugah semangat seniman dimanapun berada. Selain itu juga turut menggerakkan roda perekonomian.

Premiere Prambanan Jazz Virtual Festival 2021, bisa disaksikan pada tanggal 19-20 November 2021 mulai pukul 16:00 WIB, melalui iKonser Channel 459 SD|949 HD di UseeTV, atau melalui aplikasi UseeTV GO, dan iKonser Apps.

Load More Related Articles
Load More By Kazebara
Load More In Event