Prambanan Jazz Festival 2020, Konser dengan Durasi Live Streaming Terpanjang di Indonesia

6 min read
0
9

genpijogja.com – Yura Yunita dengan lagu Harus Bahagia miliknya sukses menutup kemegahan konser virtual Prambanan Jazz Festival 2020 yang telah digelar selama dua hari, 31 Oktober – 1 November 2020 di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta.

Dengan latar belakang eloknya Candi Prambanan Yogyakarta, konser tahunan yang pertama kali dihelat 2015 silam ini disaksikan oleh puluhan ribu orang.

“Prambanan Jazz Festival 2020 disaksikan oleh mendekati 35.000 orang. Ini tonggak baru, supportnya luar biasa,” ungkap Anas Syahrul Alimi, Founder Prambanan Jazz, selepas acara berlangsung.

Prambanan Jazz 2020 Yura Yunita 1

Dengan bangga, Anas juga mengatakan bahwa Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 adalah konser dengan durasi live streaming terpanjang di Indonesia.

“PJF 2020 ini jadi festival musik pertama yang dilangsungkan live dari venue dengan durasi live streaming terpanjang. Semua live, langsung dari tempatnya (Candi Prambanan), hampir 8 jam, meskipun beberapa terpaksa disekip karena cuaca,” ujarnya.

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 yang digelar dua hari ini mendatangkan sejumlah musisi kenamaan Indonesia. Pada hari pertama, Joko in Berlin, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Pusakata, Tompi, Dera, dan Tulus turut menyumbangkan suara emasnya.

Sementara pada hari kedua, TheEverydayBand, Nadin Amizah, Andmesh Kamaleng, Pamungkas, Ardhito Pramono, dan Yura Yunita ikut terhanyut dalam syahdunya suasana.

Prambanan Jazz 2020 Ardhito Pramono 1

Dihantam Pandemi, Alam Semesta Tak Berpihak

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 berbeda dengan gelaran tahun-tahun sebelumnya. Sebab pandemi Covid-19 melanda dunia, tak terkecuali Indonesia.

Konsep acara Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 disusun ulang sedemikian rupa, hingga akhirnya berhasil terselenggara. Apabila sebelumnya konser bisa dinikmati langsung di Candi Prambanan Yogyakarta, lain halnya dengan tahun ini. Para penikmat musik Prambanan Jazz Festival hanya bisa mengikuti secara virtual saja.

Anas Syahrul Alimi menuturkan, pihaknya sempat terpikirkan ide agar Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 dapat disaksikan secara langsung penonton di Candi Prambanan Yogyakarta. Namun, ide itu tampaknya tak bisa direalisasikan lantaran kondisi masih berbahaya.

Tak menyerah dan terus memutar otak, Anas akhirnya bisa melangsungkan gelaran Prambanan Jazz Festival secara virtual pertama. Meskipun penonton tidak bisa secara langsung bersua dengan idolanya, para musisi tetap diboyong ke Candi Prambanan Yogyakarta.

Prambanan Jazz 2020 Hari Pertama

Pasalnya, bukan Prambanan Jazz Festival namanya apabila tidak dilangsungkan di candi Hindu terbesar di Indonesia.

“Ini lho asli di venue-nya langsung. Gak pakai green screen karena sudah pasti kurang greget,” tukas Anas.

Rintangan penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival tak berhenti pada permasalahan pandemi Covid-19 saja. Sebab, kendala teknis pun sesekali terjadi, terkhususnya cuaca.

Hujan yang turun begitu deras di Candi Prambanan Yogyakarta membuat pelaksanaan konser ini sempat tertunda beberapa saat. Bukan tanpa sebab, semua demi keamanan alat musik para musisi yang tak murah harganya.

Akibatnya, penampilan sejumlah artis pun terganggu. Pamungkas dan Ardhito Pramono misalnya, keduanya hanya bisa menampilkan tak lebih dari setengah daftar lagu saja. Bahkan, Ardhito Pramono terekam kamera sempat terpeleset di panggung saat bernyanyi sesuai gilirannya.

Prambanan Jazz 2020 Isyana Sarasvati 3

Anas mewakili pihak penyelenggara memintaa maaf sebesar-besarnya. Menurutnya, menjadi hal yang tidak terelakan lagi, cuaca memang menjadi penghalang besar bagi penyelenggaraan Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 yang dihelat outdoor ini.

“Kami dari pihak penyelenggara  meminta maaf untuk semua kendala di dua hari ini. Tadi ada beberapa yang disekip karena cuaca hujan, tapi kami tetap berusaha berimprovisasi. Ardhito tidak bisa melanjutkan. Pamungkas juga. Yura sebagai penutup lancar dan selesai walupun improvisasi pakai tenda biru. Kebetulan pakaiannya juga sama ya,” ujar Anas.

Sampai Jumpa di Prambanan Jazz Festival 2021

Founder Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi memberi bocoran pelaksanaan festival tahunan ini untuk tahun depan.

Prambanan Jazz 2020 Pamungkas 1

“Tahun ini harusnya ada 6 artis internasional yang pentas, tapi semuanya dioper ke tahun 2021. Ada Joey Alexander, dan lain-lain,” ucap dia.

Lebih lanjut lagi, Anas mengatakan Prambanan Jazz Festival 2021 akan dilangsungkan pada pertengahan tahun, tepatnya Juli mendatang.

“Besok di tanggal 2, 3, 4 Juli 2021. Ditunggu ya!” tandas Anas.

Prambanan Jazz 2020 Nadin Amizah 5

Load More Related Articles
Load More By Hernawan
Load More In Event