Home Destinasi Wisata Plosokuning, Desa Wisata Yang Penuh Petualangan di Sleman

Plosokuning, Desa Wisata Yang Penuh Petualangan di Sleman

7 min read
0
0
76

Banyak sekali alasan mengulang liburan ke Jogja. Awalnya kamu hanya pergi sendiri atau berdua, kemudian kamu akan diminta untuk menemani rombongan yang lebih besar. Bisa jadi rombongan keluarga, teman-teman sekelas, sekantor atau bahkan satu RW! Wuah, ini artinya kamu bukan hanya harus menyiapkan tempat menginap, tetapi juga kegiatan liburan yang bisa dinikmati semua orang.

Tenang, tarik napas dan hembuskan. Mari tengok desa wisata Plosokuning sebagai tujuan liburan rombonganmu kali ini. Desa wisata Plosokuning ada di jalan Agrowisata, Plosokuning Raya km.3, Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Plosokuning, Desa Wisata Yang Penuh Petualangan di Sleman
Plosokuning, Desa Wisata Yang Penuh Petualangan di Sleman

Untuk mencapai desa wisata ini dari stasiun kereta, terminal bis maupun bandara memang harus melewati daerah perkotaan yang agak padat. Tetapi begitu masuk wilayah kecamatan Turi, udara sejuk dan jalanan yang lengang akan mulai membuat kita nyaman. Pepohonan dan area persawahan yang masih mendominasi juga jadi pemandangan yang membuat pengunjung desa wisata ini langsung betah begitu sampai di sini.

Ada dua macam akomodasi yang ditawarkan desa wisata Plosokuning. Pilihan pertama adalah homestay berupa rumah-rumah warga yang bersih dan asri. Homestay yang ada bisa disesuaikan dengan jumlah rombongan yang kita bawa. Satu rumah biasanya diisi oleh 3-4 orang.

Pilihan ini cocok untuk lebih dekat dengan kehidupan warga lokal yang umumnya memiliki rutinitas yang jauh berbeda dengan kita. Mau lebih menantang dan mengenal teman-temanmu? Desa wisata Plosokuning juga menyediakan area berkemah atau camping ground lengkap dengan persewaan tenda. Jadi, kamu tidak perlu berat membawa tenda sendiri.

Bukan hanya pindah tidur dan menginap, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di desa wisata Plosokuning ini. Salah satu yang paling dicari adalah susur sungai sejauh 1-2 km. Setelah sarapan makanan rumah yang dimasak ibu-ibu setempat, anak-anak muda desa ini akan menemanimu menuju sungai.

Kalau bertemu masyarakat sekitar, coba sapa atau minimal beri senyuman yang manis. Mereka tidak akan segan tersenyum tak kalah manis dari kamu. Sebelum masuk ke sungai, relakan pakaianmu basah sejak awal dan titip gadget canggihmu kepada pemandu. Sampaikan juga ke rombonganmu untuk membawa baju ganti cadangan agar solidaritas makin terjaga. Satu basah, semua juga dong!

Sungai yang ada di desa wisata Plosokuning ini jernih dan tidak berbau lumpur. Di sisi-sisinya terdapat tebing dengan gradasi warna coklat dan kuning yang di dapat secara alami dari batuan dan mineral yang terkandung dari mata air yang berasal langsung dari Gunung Merapi.

Sepanjang track, terdapat beberapa halang rintang sekaligus titik foto yang apik untuk diabadikan sebagai momen kebersamaan. Tenang, sungai tetap jadi atraksi utama keseruan rombonganmu. Hampir semua spot foto di sini ramah dipandang dan bagi lingkungan. Selain itu, aliran sungai Plosokuning juga menyimpan beberapa situs budaya yang dijaga dan dirawat keasliannya oleh warga desa.

Setelah berjalan di aliran sungai yang tingginya tidak sepenuh merendam tubuh, di ujung perjalanan akan ada Kedung Kuning. Kedung ini merupakan kolam dari sungai yang terbendung dan bisa digunakan untuk berenang. Bagi pengunjung anak-anak atau yang takut tenggelam, di sini disediakan ban-ban besar agar semua orang tak ketinggalan bersenang-senang.

Plosokuning, Desa Wisata Yang Penuh Petualangan di Sleman
Plosokuning, Desa Wisata Yang Penuh Petualangan di Sleman

Setelah puas bermain air, rombongan bisa langsung membersihkan diri di rumah warga atau kamar mandi yang ada di depan pendopo utama. Tenang, meski kamar mandi umum, fasilitas yang diberikan tidak main-main. Selain bersih, masing-masing kamar mandi dilengkapi dengan kantung plastik untuk menaruh baju basah, shampo dan sabun bila kemungkinan ada yang lupa membawa. Tetapi jika tidak yakin, tentu persiapkan dan bawa sendiri, ya? Hati-hati, usahakan sebelum gelap sudah selesai bermain air dan mandi karena air dan udara di desa wisata Plosokuning terus bertambah dingin saat malam tiba.

Liburan tanpa oleh-oleh sepertinya belum lengkap. Selain petualangan raga dan jiwa, desa wisata Plosokuning juga menyiapkan buah tangan yang akan membuat lidahmu bertualang. Komoditas salak yang ada di desa ini dimanfaatkan menjadi banyak hal. Ada buah salak segar yang berukuran besar, dodol salak, manisan salak, gudeg salak dan masih banyak lainnya.

Kamu dan rombongan juga bisa memetik salak sendiri langsung di kebun warga sebagai bagian dari pengalaman liburan. Desa ini juga menawarkan kegiatan lain seperti membatik dan seni tari kubro yang langsung diajarkan oleh para pegiat di desa wisata Plosokuning.

Tertarik mencoba? Hubungi saja melalui instagram desa wisata Plosokuning dan hubungi nomor narahubung yang tertera di sana untuk informasi lebih lengkap. Selamat menikmati alam dengan banyak kawan!

Load More Related Articles
Load More By rizkaita
Load More In Destinasi Wisata